Kamus Istilah Properti

Elevasi

istilah properti

Elevasi

Elevasi sesuai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ketinggian suatu tempat terhadap daerah sekitarnya (di atas permukaan laut); ketinggian atau sudut tinggi suatu benda langit di atas horizon.

Apa Itu Elevasi

Elevasi adalah posisi ketinggian suatu objek dari satu titik tertentu (datum). Datum yang dipakai ini biasanya mengacu kepada permukaan laut maupun permukaan geoid WGS-84 yang digunakan pada GPS (Global Positioning System). Maka dari itu, tidak heran banyak yang menyatakan elevasi sebagai daerah permukaan laut (dpl).

Dalam pembangunan sebuah bangunan contohnya hunian, menentukan level-level lantai pada rumah juga memerlukan perhitungan elevasi terhadap jalan di depan rumah. Ada baiknya sebelum membangun rumah, anda memperhatikan untuk mengukur elevasi jalan terhadap kavling/ lahan tempat hunian akan dibangun. Hal ini akan menentukan level utama bangunan terhadap jalan (nol rumah).

Cara Menentukan Elevasi Hunian Terhadap Permukaan Jalan

(infoperumahanbandung.com)

Sebelum kita menentukan ketinggian rumah (elevasi) terhadap permukaan jalan di depan, Pins harus mengetahui jenis dari permukaan jalan itu sendiri. Apakah termasuk dalam jalanan sebuah provinsi, kabupaten maupun hanya jalan lingkungan perumahan. Hal tersebut dikarenakan perubahan perkembangan ketinggian akan mempengaruhi lahan tempat tinggal anda. 

Dimulai dari jalan depan rumah lingkungan, biasanya perubahan ketinggian jalannya tidak signifikan. Kurang lebih antara 5 cm sampai 15 cm dalam kurun waktu setidaknya 15 tahun. Berbeda dengan jalan kabupaten maupun provinsi yang sering dilewati kendaraan dengan beban yang cukup berat setiap harinya. Perubahan ketinggian pada jalan ini bisa mencapai 30 cm hingga 40 cm dalam kurun waktu 15 tahun. Inilah yang dapat anda lihat dari beberapa rumah yang pada akhirnya memiliki ketinggian lebih tinggi dari jalan maupun lebih rendah jauh dari jalanan utama.

Cara menentukan elevasinya adalah mengambil titik ketinggian jalan dari AS jalan atau biasa disebut dengan titik 0. Kemudian titik 0 tersebut ditarik garis lurus menuju titik teras yang akan dibangun. Usahakan untuk menaikkan titik 0 sesuai yang dikehendaki dengan patokan jenis jalan yang telah disebutkan di atas. Seperti jalan lingkungan memiliki ketinggian teras terhadap jalan sebesar 40 cm, jalan kabupaten 60 cm dan jalan provinsi minimal 80cm.

Jenis Alat Ukur Elevasi Pada Bangunan

Klinometer

(bukalapak.com)

Klinometer yang dipakai untuk mengukur sudut elevasi antara garis datar dengan garis yang menghubungkan sebuah titik yang terdapat di garis datar dengan titik puncak sebuah objek. Klinometer membantu untuk mengetahui tinggi atau panjang benda secara tidak langsung. 

Penggunaan alat ini biasanya dilakukan oleh dua orang di sisi jalan yang berbeda. Orang pertama memegang alat klinometer untuk membidik objek yang akan diukur dan satu lagi membaca sudut dan hasil pengamatan alat tersebut.

Theodolite

(upj.ac.id)

Apa anda sering melihat alat di jalanan layaknya seperti kamera foto yang diarahkan ke jalan? Sebagian orang pasti mengira alat tersebut adalah kamera SLR, padahal alat tersebut merupakan theodolite. Alat ini termasuk dalam alat ukur yang sudah menggunakan optik di dalamnya agar perhitungan lebih akurat. 

Theodolite dibuat untuk mengukur ketinggian dari tanah pengukuran sudut yang berupa sudut tegak (sudut vertikal) dan sudut mendatar (sudut horizontal). Alat ukur digital ini menentukan elevasi bangunan dan mengukur luas tanah. Alat ukur satu ini memiliki 3 macam sesuai penggunaannya, yaitu:

  • Theodolite Repetisi, plat lingkaran skala horizontal dapat berputar sendiri dengan tabung poros sebagai sumbu putar. Theodolite jenis ini memiliki dua pengunci untuk lingkaran mendatar dan juga sekrup nonius.
  • Theodolit Reiterasi, berbeda dari jenis theodolite sebelumnya. Bagian plat lingkaran skala posisinya mendatar menjadi satu dengan plat lingkaran nonius dan tabung sumbu pada kiap. Hal tersebutlah yang menyebabkan lingkaran mendatar bersifat statis/tetap. Tetapi pada alat ini juga terdapat pengunci plat nonius.
  • Theodolit Elektro Optis, alat ukur tanah elektro optis dilengkapi dengan mikroskop pembaca skala lingkaran serta menggunakan sistem sensor. Prinsip kerja alat ini melakukan pengubahan terhadap sistem analog menjadi sistem digital melalui gelombang elektromagnetis.

Waterpass

(testingindonesia.com)

Masih dalam satuan jenis ukuran optik, waterpass digunakan mengukur beda tinggi dari satu titik atau lebih. Cara penggunaannya menggunakan tripod atau kaki tiga diposisikan pada titik koordinat yang sudah ditentukan dan usahakan untuk stabil dan tidak bergerak. Waterpass digunakan biasanya dalam mengukur elevasi balok, kolom, maupun plat lantai dan sebagai pengukur tingkat ketebalan pada pengecoran sehingga posisi lantai bisa datar.

Cara Membuat Dimensi Elevasi Bangunan dengan Autocad

(ilmutekniksipilindonesia.com)

Sebuah program komputer yang digunakan untuk menggambar ruang maupun bidang dimensi adalah AutoCAD. Salah satu aplikasi komputer yang terkenal di dunia apalagi di kalangan teknik sipil ini dapat membuat gambar bangunan 2 dimensi maupun 3 dimensi. System operasinya pun mudah. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang dapat membuat elevasi dalam sebuah bangunan. Di bawah ini akan diinformasikan tata cara pembuatan elevasi ketinggian bangunan dengan cara mudah dan cepat. 

  • Pertama jalankan perintah DIMSTYLE kemudian klik enter untuk memulai membuat layer baru, dan klik new.
  • Berilah nama dimensi baru tersebut dengan projek elevasi yang akan anda buat.
  • Setelahnya masuk ke dalam tab LINE, dan isi nilai 2 (tidak terlalu jauh) pada bagian extend beyond dim line (ini merupakan jarak tulisan dengan garis dim). Untuk bagian offset from origin (jarak dari titik awal pengambilan) isi di angka 5, dibuat sedikit berjauhan.
  • Klik tab TEXT, dan pada bagian text replacement ada pilihan dropdown horizontal klik dan pilihlah Over Ext Line 1 agar tulisannya berada pada garis akhir pengambilan dimensi.
  • Setelahnya klik Ok. Langkah-langkah di atas dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anda dalam pembuatan elevasi bangunan.
  • Setelah anda keluar dari pengaturan dimensi. Blok semua dimensi yang sudah anda buat sebelumnya klik kanan kemudian pilih properties.
  • Pada bagian text, pilihlah ext override dan tulis +<> untuk membuat notasi plus ke semua bagian teks dimensi. Ini akan menjadikan tanda plus otomatis masuk ke dalam teks dimensi yang telah anda buat sebelumnya. Ini akan mempercepat proses anda dan menghindari kesalahan input secara manual.

Kontributor: Salsa

Editor: Iko