Kamus Istilah Properti

Blockboard

istilah properti

Blockboard

Blockboard adalah produk olahan kayu berbentuk papan yang terdiri dari tiga lapisan kayu kemudian digabung dan dipadatkan menggunakan mesin menjadi satu. 

Apa Itu Blockboard?

blockboard
(Toko Plywood)

Ketika memilih material yang akan digunakan dalam menciptakan sebuah produk kayu, Pins bisa mempertimbangkan blockboard atau yang dikenal juga dengan istilah triplek meranti.

Blockboard adalah produk olahan kayu berbentuk papan yang terdiri dari tiga lapisan kayu kemudian digabung dan dipadatkan menggunakan mesin menjadi satu. Supaya menjadi lembaran menyerupai papan, material ini diberikan bahan pelapis dan direkatkan memakai lem khusus.

Selanjutnya, papan ini melalui proses pengeringan dengan tujuan mengurangi kandungan air di dalamnya mencapai 10-12% agar tidak busuk dan lebih awet.  

Karakteristik kayu blockboard adalah kayu yang empuk sehingga lebih mudah diaplikasikan untuk menjadi berbagai bentuk.

Dibandingkan jenis triplek lainnya, blockboard termasuk yang terkuat karena proses pembuatannya memang lebih lama. Lapisan luarnya memiliki ketebalan 0,5-2 mm. 

Maka dari itulah, produk olahan kayu satu ini cukup populer digunakan sebagai bahan baku furniture. 

Pins bisa menemukan blockboard dalam variasi ukuran yang berbeda. Tetapi umumnya antara 15 mm sampai 18 mm. 

Selain itu, ukuran papan juga biasanya sudah dipotong dengan ukuran standar yakni 240 cm x 120 cm. Pins harus memotongnya lagi jika ingin menciptakan sebuah barang memakai papan satu ini.  

Perbedaan Blockboard dan Multiboard

Blockboard
(Kridhalam)

Dari sisi tampilannya, banyak orang menganggap kalau blockboard adalah multiboard. Padahal meskipun keduanya terlihat sama, tetapi ada perbedaan dari sisi fungsi dan karakteristiknya.

Lalu, dari sisi harga pun blackboard lebih murah dari multipleks. 

Biar kamu bisa membedakannya keduanya, yuk, simak beberapa perbedaan blockboard dan multipleks agar jadi pertimbanganmu ketika memilih keduanya:

Material 

Blackboard merupakan papan kayu yang ditempatkan pada ujung ke ujung antara dua lapisan kayu multipleks yang direkatkan di bawah tekanan tinggi.

Sementara multipleks terbuat dari lembaran lapisan kayu yang tipis. Kemudian, lapisan ini ditumpuk berlapis memakai lem perekat secara bersamaan.

Fungsi

Blackboard umum digunakan untuk pembuatan furnitur dari kayu lunak. Jika dilihat kriterianya, papan ini kaku dan tebal sehingga cocok untuk pembuatan meja, rak buku, meja tv tempat tidur.

Adapun multipleks bisa digunakan untuk material interior desain dan area yang lembab seperti dapur dan kamar mandi. Untuk area lembab, Pins bisa memilih multiplek berjenis Marine ply (BWP/BWR).

Daya Tahan

Papan balok dikenal lebih stabil, kokoh, dan tidak mudah retak ketika dipotong. Bobot blockboard juga lebih ringan karena terbuat dari kayu lunak.

Namun, multipleks lebih kuat dan tahan karena bobotnya yang lebih berat. Meskipun multipleks lebih mudah retak dan bengkok di bagian tengahnya saat dipotong.  Bahkan, multiplek dapat tahan sampai 50 tahun di tempat yang kering jika dipelihara dengan baik.

Kelebihan Blockboard  

blockboard
(Deposit Photos)

Di antara produk olahan kayu lainnya, papan satu ini termasuk multifungsi. Terlebih, materialnya yang mudah diaplikasikan di mana saja. Yuk, simak beberapa kelebihan blackboard berikut ini:

Mudah Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, papan satu ini paling sering digunakan sebagai material pembuatan furniture rumah tangga. 

Hal ini karena blockboard memang dikenal mudah dilepas dan dipasang. Selain itu, jika digunakan sebagai furniture, papan ini juga cenderung mudah untuk dipindah dan digeser. 

Pemasangan Mudah

Blockboard memiliki bobotnya yang ringan sehingga membuat pemasangan furnitur menjadi mudah.

Pins bisa memanfaatkannya untuk berbagai furnitur yang ukurannya ringkas dan tidak perlu menahan bobot terlalu berat, seperti meja belajar, meja televisi, dan seabaginya. 

Tampilan Elegan dan Modern

Ketika proses pembuatannya, blockboard dilapisi oleh veneer. Alhasil, memberikan tampilan akhir yang lebih halus dan licin. Tampilan ini memberikan kesan elegan dan modern di dalam ruangan. 

Tak hanya itu, tekstur kayu pada papan ini sangat cocok buat Pins ingin mendambakan hunian dengan konsep alami dan hangat. 

Kualitasnya yang Baik

Jika Pins mencari kayu olahan yang berkualitas baik, maka blockboard adalah salah satu rekomendasi yang tepat. Papan satu ini dikenal karena kualitasnya yang tetap stabil sekalipun digunakan di daerah dengan kelembaban yang tinggi.

Konstruksi papan ini yang padat, membuat proses pemasangan menjadi lebih mudah. Ketika Pins memasukan baut, sekrup, atau rel untuk proses pemasangan, blockboard tidak akan mudah hancur. 

Memiliki Ketahanan yang Tinggi

Kelebihan terakhir terkait dengan daya tahannya. Sama halnya dengan jenis kayu lain yang sudah dikeringkan, blockboard memiliki ketahanan lebih tinggi. Hal ini membuatnya menjadi lebih kecil mengalami pemuaian yang membuat papan ini mengalami bengkok dan patah.

Dengan kualitas yang baik ini, harga blockboard cenderung terjangkau. 

Kekurangan Blockboard

(Qhome Mart)

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tetapi ada beberapa kekurangan blockboard yang harus Pins pertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut ini sederet kekurangan papan olahan kayu ini:

  • Tidak terlalu kuat untuk menahan beban yang berat. Hal ini karena bobotnya yang ringan. 
  • Berpotensi rusak secara perlahan karena akumulasi beban yang ditanggung selama pemakaiannya. 
  • Jika proses pembuatannya tidak dilakukan dengan tepat, maka papan bisa mudah terkelupas dan rusak.
  • Kualitas kayu yang rendah bisa membuatnya habis dimakan serangga rayap. Jadi, pastikan Pins memilih kualitas kayu yang baik untuk papan ini, ya!
  • Hanya cocok untuk furnitur interior. Jika digunakan di luar ruangan, maka papan ini lebih mudah lapuk. 
  • Pemasangan harus hati-hati mengingat materialnya terbuat dari kayu lunak.  
  • Terkadang ada celah di dalam blok yang mungkin tidak diamati dari luar karena adanya veneer kayu.  

Itulah informasi mengenai blockboard yang bisa Pinhome sampaikan. Tertarik menggunakan material ini untuk furnitur di rumahmu? Semoga informasi ini bisa membantu, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.