Kamus Istilah Properti

Denah

istilah properti

Denah

Denah adalah gambaran letak sebuah tempat yang dapat membantu seseorang menemukan lokasi tertentu tanpa perlu bertanya ke orang lain.

Apa Itu Denah?

Denah Rumah
(Pinterest)

Denah adalah gambaran letak sebuah tempat yang dapat membantu seseorang menemukan lokasi tertentu tanpa perlu bertanya ke orang lain. Selain itu, dengan membaca gambaran lokasi juga akan membantu orang kalau ada yang bertanya alamat. Gambaran letak ini juga dapat membantu seseorang merancang sebuah bangunan dan juga untuk tahu konstruksi sebuah bangunan.

Jenis-Jenis Denah Yang Umum Digunakan

Ada dua jenis denah, setiap jenisnya punya fungsi yang berbeda-beda. Untuk penjelasan lengkapnya ada di bawah ini, ya!

  • Denah Kompleks

Jenis yang pertama adalah kompleks, jenis ini bisa menjadi panduan untuk melihat sebuah wilayah. Contohnya adalah denah lokasi wisata. Dari melihat gambaran lokasi wisata tersebut, Anda akan tahu apa saja yang ada di lokasi wisata tersebut dan juga tahu tempat-tempat penting di wilayah sekitar lokasi wisata.  

  • Denah Sederhana

Untuk jenis yang kedua adalah sederhana, jenis ini tidak serumit seperti yang kompleks karena wilayah yang digambarkan juga tidak luas. Selain itu, map ini tidak dipublikasikan untuk umum, hanya dipakai untuk kalangan tertentu saja. 

Contoh denah sederhana adalah denah rumah, jadi rumah seluruh bagian rumah akan digambarkan dengan jelas. Dengan adanya gambaran rumah ini akan mempermudah seseorang merenovasi rumah dan juga bisa tahu ruangan mana yang penting.

Fungsi Utama Sebuah Denah

(Pinterest)

Denah fungsinya hampir sama seperti peta, perbedaannya ada pada skala. Skala peta memang lebih besar. Kalau peta bisa mencakup seluruh wilayah dalam sebuah negara, denah hanya satu wilayah saja. Penjelasan lengkap tentang fungsinya bisa dilihat di bawah ini.

  • Menunjukkan Posisi Dalam Bangunan

Denah umumnya digunakan menjadi alat bantu mencari posisi ruangan di dalam bangunan, jadi, kalau ada bangunan yang cukup luas, pasti ada gambaran detail bangunan tersebut. Adanya gambaran ini bisa jadi patokan kalau akan pergi ke ruangan yang belum pernah didatangi.

  • Membantu Menata Ruangan

Sebuah bangunan bisa tertata rapi kalau sudah ada denahnya. Dengan menata ruangan berdasarkan gambaran gedung pasti setiap ruangan berada di posisi yang seharusnya.

  • Mempermudah Membuat Sirkulasi Ruangan

Sebuah gedung harus bagus sirkulasi ruangannya, sebab kalau sirkulasinya jelek akan mempersulit seseorang masuk dan keluar gedung. Jika sudah ada denah, akan mudah bagi Anda untuk menemukan pintu keluar sebuah gedung, toilet, dan lain-lain. Informasi tersebut jelas berguna sekali kalau terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau gempa bumi.

  • Menunjukkan Luas Sebuah Ruangan

Selain berfungsi sebagai penunjuk letak ruangan, gambaran letak ini juga berfungsi sebagai penunjuk luas ruangan atau bangunan. Fungsi ini akan memudahkan pemilik bangunan untuk menentukan berapa ukuran setiap ruangan bangunan. Selain itu, denah dapat mempermudah pengaturan posisi furnitur cocoknya di ruangan yang mana.

  • Memberitahukan Isi Ruangan

Sebuah ruangan pasti ada isinya. Dengan denah, Anda tidak perlu masuk secara fisik ke ruangan tersebut. Jadi, pemilik bangunan tidak akan repot untuk mendaftar semua isi ruangan satu persatu. Beliau tinggal lihat saja semuanya di denah saja.

Unsur-Unsur yang Ada di Denah

Ada beberapa unsur yang harus dimiliki oleh denah untuk informasi yang cukup bagi orang lain. Apa saja? Ini dia bahasannya.

  • Judul

Berfungsi untuk mempermudah pembaca saat mencari lokasi atau bangunan.

  • Gambaran Keseluruhan Sebuah Lokasi

Gambaran keseluruhan harus dibuat secara detail supaya bisa mempermudah orang yang ingin tahu lokasi dalam denah.

  • Tanda Arah Mata Angin

Peta dan denah tidak berbeda jauh karena ada arah mata anginnya, umumnya mata angin yang ada adalah arah utara. Dengan ada petunjuk mata angin, pembaca jadi tidak mudah tersesat kalau pergi ke wilayah baru.

  • Nama Lokasi

Nama lokasi juga harus ada, hal ini guna memudahkan orang menemukan lokasi atau ruangan.

Langkah yang Benar Membaca Sebuah Denah

(Pixabay)

Membaca peta dan juga denah tidaklah sulit. Agar Anda bisa membaca denah dengan mudah, ikuti 3 langkah berikut ini.

  • Bacalah dulu judul yang ada di tengah atas.
  • Perhatikan legenda, dengan tahu semua info di legenda maka akan tahu simbol yang ada di denah.
  • Baca semua jalan atau bentuk bangunan, agar nantinya tahu harus ke mana kalau akan pergi ke lokasi baru atau ruangan baru.

Kalau Anda sudah mengikuti semua langkah tersebut, maka Anda tidak akan kesulitan kalau harus membaca denah wilayah yang cukup luas. Jika Anda masih ragu, lihat lagi arti simbol yang ada di denah saja. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. 

Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen Velishya

Editor: Achlisia