Kamus Istilah Properti

Theodolit

istilah properti

Theodolit

Theodolit adalah alat ukur yang sering dipakai untuk keperluan survei topografi untuk menentukan kemiringan dan ketinggian permukaan tanah.

Apa itu theodolit?

(Fakultas Geografi UMS)

Kita mungkin pernah secara tidak sengaja melihat orang-orang melakukan proses survei topografi di jalanan. Para penyurvei yang bekerja di lapangan biasanya dibekali dengan sebuah alat yang bernama theodolit. Alat tersebut berbentuk seperti halnya kamera atau teropong, di mana pengguna akan meletakkan mata mereka untuk memantau objek melalui lensanya.

Theodolit adalah alat ukur yang sering dipakai untuk keperluan survei topografi. Dengan alat tersebut, kita dapat menentukan tingkat kemiringan suatu lahan serta ketinggian permukaan tanah dari lahan tersebut.

Bentuk dari theodolit sebenarnya tidak terlalu besar. Ukuran alat ini umumnya hanya sekitar 15 centimeter saja. Namun, ketika di gunakan di lapangan, alat ini ditopang oleh tripod yang tingginya bisa mencapai sekitar 1 meter. Hal tersebut dilakukan agar pengguna dapat dengan mudah menjangkau lensa untuk meneropong obyek. Tripod yang digunakan sebagai penyangga juga berperan penting untuk menjaga kestabilan dari alat ukur ini ketika digunakan.

Sebenarnya, fungsi alat ini hampir mirip dengan waterpass. Namun, waterpass hanya dapat digunakan pada bidang datar saja. Ukuran bidang yang diukur pun tidak begitu luas. Memang theodolit juga membaca tingkat elevasi dan menentukan koordinat suatu titik. Akan tetapi, sudut yang dapat dibaca menggunakan alat ini bisa mencapai pada satuan menit (minute) sampai sekon (detik). Jadi, pengukuran dapat lebih detail.

Cara menggunakan theodolit

Di pasaran, Pins akan menemukan dua jenis theodolit. Yang pertama adalah jenis manual, dan yang kedua adalah jenis digital. Penggunaan dari masing-masing alat akan dipaparkan dalam penjelasan di bawah ini.

Manual

(Indomultimeter)

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pengukuran adalah pengaturan posisi tripod. Kita harus menyesuaikan kaki-kaki tripod dengan posisi permukaan yang menjadi titik pengukuran. Usahakan agar tripod dapat menopang dengan baik alat.

Kedua kita perlu untuk melakukan centering lensa pada titik pemasangan tripod.

Ketiga, lakukan penyetelan niveau tabung (waterpass) dan niveau kotak theodolit. Melalui penyetelan ini, kita akan membuat posisi lensa supaya mendatar sesuai dengan sudut 0 horizontal permukaan tanah. Dalam penyetelan, kita dapat berpedoman pada waterpass. Pastikan agar gelembung waterpass ada di posisi tengah. Sementara itu, posisikan lingkaran kecil pada niveau kotak agar berada di dalam lingkaran besarnya.

Keempat adalah pengaturan ‘o set‘. Arahkan lensa ke bagian depan. Setelah itu, kita putar titik putih (mutiara) ke arah orang yang mengukur. Lakukan penguncian knop ‘utara’, kemudian cari nilai 0 horizontal menggunakan lensa okuler. Apabila nilai yang dicari sudah ditemukan, lakukan penguncian knop ‘horizontal’ dan lepas kunci knop ‘utara’.

Langkah selanjutnya adalah mencari titik utara. Kita dapat menggunakan kompas untuk menentukan arah utara. Setelah lensa sudah sesuai dengan titik utara, kita lepas kunci knop ‘horizontal’ dan lakukan penguncian knop ‘utara’ sekali lagi.

Proses penyetelan sudah selesai, dan kita dapat memulai pengukuran. Ketika mengukurkan, mulailah dengan letakkan bak ukur di posisi yang diinginkan. Kemudian bidik sasaran lensa pada bak ukur. Ketika membidik, arahkan lensa pada batas tengah (BT) yang ukurannya sesuai dengan tinggi dari posisi theodolit. Setelah itu, catat angka batas atas (BA) dan angka batas bawah (BB) dari tembakan yang kita lakukan.

Digital

(Data Survey)

Pertama, pasang tripod di titik yang sudah ditentukan.

Kedua, pasang theodolit di atas tripod. Kemudian atur niveau tabung dan niveau kotak dari theodolit agar bertemu pada satu sumbu vertikal yang sama. Pengaturan ini dilakukan dengan cara memutar tiga sekrup yang ada di bagian bawah theodolit.

Ketiga, kunci sudut lensa okuler agar berada pada titik 90 derajat untuk sudut vertikal. Putar knop penguncian vertikal untuk mengunci posisi tersebut. Kita juga dapat melihat berapa besaran derajat sudut vertikal dan horizontalnya melalui panel digital.

Pastikan lagi pesawat theodolit posisinya sudah berada di tengah-tengah titik atau patok pengukuran. Setelah itu, kita bisa mulai melakukan pembidikan seperti halnya theodolit manual.

Bagian-bagian alat

(Tiger Supplies)

Pada bab ini, Pins akan diajak untuk mempelajari beberapa bagian-bagian penting dari alat ini. Selengkapnya, simak poin-poin yang ada di bawah ini.

  • Lensa atau teropong.
  • Knop lensa dan penggerak (kasar dan halus).
  • Knop pengatur fokus benang.
  • Pengatur fokus lensa.
  • Niveau tabung (waterpass).
  • Tempat baterai.
  • Beberapa knop pengunci.
  • Sekrup penyetel niveau kotak.
  • Sekrup repetisi.
  • Tripod.

Fungsi theodolit

(Dunia Sipil)

Beberapa fungsi dari alat ini antara lain sebagai berikut:

  • Mengukur ketinggian dan kemiringan bidang-bidang tanah.
  • Memetakan kondisi ketinggian dan kemiringan sebuah bidang.
  • Mengamati matahari.
  • Menjadi pesawat penyipat datar.
  • Menentukan sudut siku-siku pada perencanaan konstruksi.

Penjelasan di atas mengakhiri artikel yang membahas secara khusus tentang theodolit, sebuah alat multifungsi yang sering digunakan untuk mengukur ketinggian suatu titik atau kemiringan suatu bidang. Semoga apa yang sudah dijelaskan pada artikel ini bisa membantu kamu ya, Pins! Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome.id selanjutnya ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.