Kamus Istilah Properti

Valuta Asing

istilah properti

Valuta Asing

Valuta asing adalah mata uang asing yang dipakai dalam perdagangan internasional. 

Apa Itu Valuta Asing?

Valuta asing atau disingkat valas adalah mata uang yang dipakai dan diterima di dunia perdagangan internasional. Mata uang asing ini tidak dapat dipakai sebagai alat pembayaran yang sah di dalam negeri, melainkan secara internasional. 

Valas yang saat ini digunakan adalah Dollar Amerika atau US Dollar (US$). Valas merupakan bagian dari devisa suatu negara yang menjadi kekayaan oleh suatu negara yang berada di luar negeri, berupa: 

  • Barang
  • Jasa
  • Mata uang

Devisa suatu negara berbentu mata uang ini disebut dengan istilah valuta asing. 

Fungsi Valuta Asing

uang keuangan
(Forbes)

Valuta asing memiliki sejumlah fungsi yang penting dalam sektor ekonomi internasional. Berikut beberapa fungsi valas. 

Alat Pembayaran Internasional

Valuta asing adalah alat pembayaran yang sah dan diakui di semua negara. Selain pada transaksi perdagangan, jenis devisa ini bisa digunakan untuk membayar utang antar satu negara ke negara lainnya. 

Alat Tukar Berskala Internasional 

Selain alat pembayaran, valuta asing bisa dipakai untuk membayar jasa. Artinya, transaksi jasa antar negara bisa dibayarkan dengan valuta asing. 

Pengendali Kurs Mata Uang

Valuta asing bisa dipakai sebagai pengendali kursi mata uang. Maksudnya, valas digunakan sebagai pembanding nilai mata uang antar negara atau kurs yang bisa melemah atau menguat dalam suatu negara. 

Memudahkan Aktivitas Perdagangan Negara

Penggunaan valas memudahkan perdagangan setiap negara tanpa adanya hambatan mata uang. 

Baca Juga:

Jenis Transaksi Valuta Asing

Bila dilihat dari segi transaksi, valas dibagi menjadi empat jenis, yaitu transaksi spot, forward, swap, dan transaksi option. 

Transaksi Spot

Transaksi spot adalah transaksi dalam bentuk pembelian dan penjualan valas atau mata uang dengan cara serah terima atau pembayaran antar bank. Berikut beberapa cara menyerahkan dana dalam transaksi spot: 

  • Value today: penyerahan dana dilakukan pada tanggal atau hari yang sama. 
  • Value tomorrow: penyerahan dana dilakukan pada hari kerja berikut atau hari kerja setelah pembuatan kontrak (one-day settlement). 
  • Value spot: penyerahan dana dilakukan selama dua hari kerja setelah tanggal terjadinya transaksi. 

Transaksi Forward

Transaksi forward merupakan transaksi berbentuk kontrak yang sudah disetujui pada hari yang sama. Namun, pembayaran dan penyerahan akan dilakukan pada tanggal yang sudah disepakati sehingga transaksi ini disebut sebagai transaksi berjangka. 

Transaksi Swap

Transaksi swap adalah transaksi dengan melibatkan kontrak pembelian dan penjualan valas. Hal tersebut dilakukan dengan harga spot yang sudah digabung dengan transaksi pembelian dan penjualan valas yang sama dengan harga forward. 

Alhasil, transaksi ini menjadi gabungan dari transaksi spot dan forward. 

Transaksi Option

Transaksi option merupakan kontrak yang digunakan untuk mendapatkan hak saat membeli atau menjual valuta asing. Penjualan ini dilakukan pada harga, rentang waktu, dan tanggal akhir waktu tertentu. 

Jenis-jenis Valuta Asing

Valuta asing memiliki dua jenis, antara lain: 

Fisik

Valuta asing fisik berbentuk uang asing atau uang negara lain dalam bentuk uang kartal, seperti:

  • Uang kertas bank
  • Uang kertas negara
  • Uang logam

Non-fisik

Valas non fisik memiliki bentuk uang giral atau surat-surat berharga, contohnya: 

  • Cek
  • Wesel
  • International Money Travelers
  • Cheque

Sistem Valas

transaksi adalah

Valuta asing memiliki sistem kurs yang jadi perbandingan antara nilai mata uang dalam negeri dengan luar negeri. Penggunaan istilah ini akan sering dijumpai dalam perdagangan atau transaksi internasional. 

Hal tersebut dibagi menjadi beberapa sistem, yakni:

Sistem Kurs Bebas

Sistem kurs bebas (floating) merupakan sistem pembuatan kursi yang berlau di tempat terjadinya transaksi. Jumlah nilai bisa jadi berbeda tergantung permintaan dan penawaran mata uang di tempat tersebut. 

Bila diterapkan sistem ini, pemerintah negara tidak bisa ikut campur dalam menentukan kurs mata uang yang akan ditukarkan. Alhasil, nilai kurs benar-benar bebas dan mengambang. 

Sistem Kurs Tetap

Sistem kurs tetap (Fixed exchange rate) adalah sistem dengan nilai tukar mata uang yang sifatnya tetap. Artinya, nilai tukar mata uang dibuat berdasarkan aturan bank sentral. 

Jika menerapkan sistem ini, pemerintah berperan cukup besar terhadap pasar valas. Jadi, pemerintah bisa membeli atau menjual valas jika nilai tukar tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Sistem Kurs Terkendali

Sistem kurs terkendali adalah sistem valas yang melibatkan pemerintah dengan bantuan bank sentral. Ini bertujuan menentukan alokasi pemakaian valas yang tersedia di negara tersebut. 

Jenis sistem valas ini merupakan gabungan dari dua sistem sebelumnya sehingga nilai tukar valas bisa naik atau turun secara bebas. Ini bisa terjadi akibat intervensi pemerintah untuk mencegah pergerakan yang terlalu fluktuatif. 

Contoh Perhitungan Valuta Asing

Bila Pins melakukan perjalanan luar negeri dan mendapatkan uang sebesar Rp45 juta, nilai tukar bayaran akan berubah dengan nilai sebagai berikut. 

  • Kurs jual Rp15.000 per US$1
  • Kursi beli Rp14.500 per US$1

Alhasil, pembayaran yang bisa kamu peroleh dalam nilai dolar Amerika Serikat dengan perhitungan sebagai berikut: 

45.000.000 : 15.000 = US$ 3.000

Jadi, Pins akan mendapatkan bayaran dalam bentuk dolar Amerika sebesar US$ 3.000. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.