Kamus Istilah Properti

Sinking Fund

istilah properti

Sinking Fund

Sinking fund adalah dana yang dikumpulkan untuk kebutuhan masa depan.

Apa itu Sinking Fund?

Sinking fund adalah dana yang dikumpulkan untuk kebutuhan masa depan. Dana ini dikumpulkan secara rutin setiap bulannya supaya jika terjadi suatu pengeluaran di luar dugaan, Pins tidak keberatan mengeluarkan uang untuk kebutuhan tersebut. Dana ini

dapat digunakan untuk mendanai kebutuhan apapun, mulai dari melakukan perbaikan rumah, membeli ponsel baru, membayar biaya perawatan di rumah sakit dan masih banyak lagi.

Tujuan dari dana simpanan adalah untuk mengurangi risiko terhadap finansial Pins. Dengan adanya sinking fund, Pins jadi tidak mengusik dana darurat, dana untuk keperluan sehari-hari atau dana untuk keperluan lainnya.

Namun dalam dunia properti, istilah “sinking fund” juga banyak digunakan, lho! Biasanya istilah dana simpanan ini digunakan dalam sewa menyewa apartemen. Sinking fund ini merupakan simpanan jangka panjang yang dibayarkan oleh penyewa sebagai tabungan khusus untuk dana pengelolaan gedung karena pemakaian rutin.

Apa Bedanya Sinking Fund dengan Emergency Fund?

sumber: Unsplash

Meski sekilas sinking fund sangat mirip dengan emergency fund atau dana darurat, namun sinking fund berbeda dengan emergency fund.

Emergency fund adalah dana yang Pins dapat gunakan hanya dalam keadaan darurat saja, seperti saat sakit atau saat Pins kehilangan pekerjaan. Pins tidak diperkenankan mengambil uang dari dana darurat jika kondisinya tidak benar-benar darurat.

Sedangkan sinkingfund adalah dana yang memang Pins sengaja dikumpulkan untuk digunakan pada situasi apapun. Misalnya membeli kendaraan baru, membeli rumah, berlibur, atau kondisi-kondisi lainnya yang sifatnya bersenang-senang.

Pentingnya Memiliki Sinking Fund

sumber: Unsplash

Sinking fund memiliki peranan yang sangat penting, sama seperti emergency fund. Meski Pins telah merencanakan keuangan Pins dengan sangat matang, mulai dari biaya kebutuhan harian, menabung, hingga investasi, hal-hal tidak terduga yang mengancam finansial Pins tetap bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.

Selain itu dengan dana simpanan, Pins juga bisa membantu mewujudkan hal-hal besar yang ingin Pins lakukan. Misalnya membeli kendaraan baru, membeli rumah, pergi berlibur ke luar negeri, dan masih banyak lagi. Dana simpanan memang sangat berguna dalam membiayai kebutuhan di luar anggaran bulanan. 

Keuntungan Memiliki Sinking Fund

Terdapat beberapa keuntungan yang akan Pins peroleh jika memiliki dana simpanan. Keuntungan tersebut antara lain :

1. Memenuhi Kebutuhan Apa Saja di Luar Anggaran Bulanan dengan Mudah

Dengan memiliki sinking fund, Pins jadi memiliki dana yang dapat Pins gunakan untuk memenuhi kebutuhan apapun di luar anggaran bulanan dengan mudah. Karena jika menggunakan anggaran bulanan, bisa-bisa dana terkuras karena kebutuhan tidak terduga tersebut.

2. Bersenang-senang Tanpa Merasa Bersalah

Pins dapat bersenang-senang tanpa harus merasa bersalah dengan memiliki sinking fund. Saat Pins mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak terduga seperti liburan atau membeli kendaraan baru menggunakan dana simpanan, Pins tidak mengganggu dana untuk kebutuhan lain. Sehingga finansial Pins tidak terganggu.

3. Menghindari Hutang

Selain dapat mencegah rasa bersalah, Pins juga dapat menghindarkan diri dari hutang loh! Dengan sinking fund, Pins tidak perlu berhutang untuk memenuhi keinginan-keinginan Pins. Dana simpanan dapat membantu Pins dan menyelamatkan Pins dari hutang.

Cara Membuat Sinking Fund

sumber: Unsplash

1. Membuat Rekening Khusus

Jika Pins ingin mulai membuat sinking fund, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuka rekening baru yang secara khusus diperuntukkan dana sinking. Dana yang masuk ke dalam rekening dana simpanan tidak boleh dicampur dengan dana lain agar dana digunakan sesuai dengan fungsi dan rencana.

2. Perhitungkan Anggaran Bulanan

Terkadang, berat sekali menyisihkan uang untuk sinking fund karena anggaran bulanan yang cukup besar. Dalam hal ini, Pins perlu cermat dalam menyiasati bagaimana cara menyisihkan tanpa mengganggu anggaran bulanan.

3. Rencanakan Keinginan dan Kebutuhan

Buatlah rencana keinginan dan kebutuhan yang akan Pins lakukan. Hal ini dapat membantu Pins dalam menentukan nominal uang yang perlu disisihkan untuk sinking fund setiap bulannya. Pins dapat menentukan periode pengumpulan dana hingga waktu untuk melakukan rencana keinginan atau kebutuhan tersebut datang.

4. Fitur Transfer Otomatis

Fitur transfer otomatis sangat membantu Pins dalam menyisihkan sinking fund setiap bulannya loh! Dengan fitur ini, Pins dapat lebih disiplin mengumpulkan sinking fund secara rutin.

Itulah informasi mengenai apa itu sinking fund, fungsi, kelebihan, perbedaannya emergency fund, dan cara mengumpulkannya. Semoga berguna ya, Pins!