Pinhome

Tips Menghemat Listrik agar Tidak Naik

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 19 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Listrik merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Adanya listrik selain memberikan cahaya lampu juga dapat membantu semua kebutuhan sehari-hari, seperti memasak, mencuci, belajar dan sebagainya.

Hal tersebut membuktikan bahwa listrik merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat. Pemilihan listrik sendiri setiap rumah berbeda-beda, salah satunya yaitu pemakaian listrik yang bergolongan 900 VA.

Namun sekarang pemakai listrik yang bergolongan 900 VA sudah tidak lagi mendapatkan subsidi bantuan dari pemerintah, sehingga pembayaran listriknya akan dihitung seberapa banyak pemakaian listriknya.

Agar pembayaran listrik tidak membengkak, perlu adanya strategi khusus yang harus dilakukan agar tagihan listrik dapat berjalan normal dan tidak mengganggu kondisi keuangan. Berikut tips yang tepat untuk menghemat listrik agar tidak naik.

Baca Juga: Tips Menghemat Air Di Rumah

Kurangi Pemakaian AC

Jika ingin menghemat listrik, sebaiknya belajar untuk mengurangi pemakaian peralatan elektronik di rumah. Peralatan elektronik tersebut seperti AC. AC atau pendingin ruangan merupakan peralatan elektronik yang membutuhkan daya listrik yang lebih banyak dibandingkan dengan peralatan lainnya.

Sebagai gantinya, gunakanlah kipas angin atau dengan memperbaiki sirkulasi udara di rumah, dengan begitu udara di luar akan dapat masuk dan dapat mengurangi penggunaan AC.

Baca Juga: Tips Memilih AC yang Tepat Untuk Rumah

Gunakan Lampu LED

Setiap rumah tentu membutuhkan lampu untuk penerangan. Namun jika ingin menghemat listrik, gunakanlah lampu LED (Light Emitting Diode). Lampu LED memiliki kelebihan yaitu watt yang digunakan sangat rendah, sehingga akan menghemat listrik. Selain itu lampu LED juga sangat terang dan tahan lama.

Mencabut Kabel dari Saklar

Hindarilah untuk meninggalkan barang elektronik dengan kabel yang masih menancap di saklar. Cabutlah kabel dari barang elektronik tersebut dari saklar jika memang sudah tidak digunakan, karena membiarkan kabel masih di saklar akan membuat listrik tetap akan mengakhirinya sehingga hal tersebut membuat tagihan listrik menjadi meningkat.

Mengatur Penggunaan Lampu

Menghemat listrik
(Pixabay)

Penggunaan lampu di rumah juga sangat membutuhkan banyak energi listrik. Sebaiknya gunakanlah lampu pada saat membutuhkannya, seperti untuk penerangan pada waktu malam hari. Agar menghemat listrik, manfaatkanlah cahaya dari sinar matahari pada saat pagi hingga sore hari.

Baca juga: Cara Menghemat Listrik Rumah Tangga

Mematikan Perangkat Elektronik Sebelum Tidur

Hindarilah kebiasaan buruk membiarkan perangkat elektronik tetap menyala seperti televisi, radio dan sebagainya pada saat tidur. Membiarkan perangkat elektronik tetap menyala akan membuat tagihan listrik semakin meningkat.

Cobalah untuk mengecek semua peralatan elektronik dalam keadaan mati sebelum tidur. Akan lebih baik jika lampu juga dibiarkan mati pada saat tidur. Hal tersebut tentu akan lebih menghemat listrik.

Sebenarnya menghemat listrik merupakan hal yang mudah. Bangunlah kebiasaan berhemat dengan listrik di dalam rumah, seperti mematikan lampu saat tidak digunakan, melepas kabel microwave setelah nasi jadi dan sebagainya. Kebiasaan berhemat tersebut tentu akan sangat berpengaruh dengan tagihan listrik di rumah.

Baca Juga: Daftar Kulkas Mini untuk Pasangan Rumah

—————————————

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel