Kamus Istilah Properti

Rumah Prefab

istilah properti

Rumah Prefab

Rumah prefab adalah rumah yang dibangun dengan metode konstruksi khusus di mana komponennya merupakan rakitan pabrik menjadi panel modular.

Apa Itu Rumah Prefab?

Rumah Prefab
(The Guardian)

Rumah prefab alias pre-fabrication house menjadi alternatif bangunan tempat tinggal saat ini. Rumah prefab adalah rumah yang dibangun dengan metode konstruksi khusus di mana komponennya merupakan rakitan pabrik menjadi panel modular.

Artinya, prefab house ini pembuatan bagian bangunannya, seperti pintu, jendela, atap, pintu, dan sebagainya, tidak dibuat di atas tanah, melainkan dibuat terlebih dahulu di pabrik. 

Kemudian, setelah modul yang dibuat di pabrik itu telah menjadi bentuk setengah jadi, akan dibawa ke lokasi proyek untuk dirakit di atas pondasi yang sebelumnya sudah dibuat. 

Rumah yang juga sering disebut dengan rumah modular ini juga konsepnya bisa digunakan untuk perkantoran, rumah sakit, dan sebagainya. Bangunannya tidak hanya untuk satu lantai, tetapi bisa sampai tiga lantai.  

Sebelum populer di Indonesia, sejumlah negara sudah terlebih dahulu mengaplikasikan rumah prefab. Beberapa negara antara lain Inggris, Jepang, dan Amerika. Di negara ini, mereka membangun rumah prefabrikasi seorang sendiri, atau dengan bantuan beberapa orang saja.

Penerapan rumah prefabrikasi di Indonesia dibuat untuk korban bencana alam, seperti tsunami Aceh tahun 2004 silam.  

Jenis-jenis Rumah Prefab

(New Home Source)

Mirip dengan rumah biasa, prefab house juga memiliki tipe yang disesuaikan dengan ukuran rumahnya. Yuk, simak tipe rumah prefab sebagaimana melansir dari Sanwa Prefab Technology:

Mobile Home 

Struktur pembuatan mobile home, atau disebut juga dengan manufactured house ini menggunakan bahan baja. Pins bisa menemukan tipe mobile home di beberapa negara di Eropa. 

Seluruh bagian rumah yang membentuk rumah prefabrikasi tipe ini dikerjakan di pabrik yang berbeda. Kemudian, barulah setelah jadi barulah dikirim untuk disusun di lokasi. Pins bisa menemukan jenis ini sejumlah negara di Eropa. 

Kit Home

Tipe kedua bernama Kit Home. Perbedaan dengan rumah prefabrikasi berjenis mobile adalah tidak semua bagian dari rumahnya dikerjakan oleh pabrik, melainkan hanya sebagian komponen penting saja. Komponen lainnya dirakit keseluruhan di tempat lokasi. 

Biasanya, Kit Home lebih dipilih oleh mereka yang mengutamakan daya tahan dan keawetan sejumlah bagian rumahnya.  

Modular Home

Jenis modular home merupakan yang paling populer sebagai prefab house di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Komponen pada rumah modular sudah dibuat di pabrik, baru disusun menjadi sebuah panel.

Selanjutnya, model ini akan digabungkan menjadi satu kesatuan sampai menjadi satu rumah. 

Kelebihan Rumah Prefab 

(Triple Pundit)

Kepraktisan menjadi kelebihan utama dari rumah prefabrikasi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini penjelasan mengenai kelebihan rumah prefabrikasi:

Proses Lebih Cepat dan Simple

Dibandingkan membuat rumah biasa yang membutuhkan waktu yang panjang, proses pembuatan rumah prefabrikasi cenderung lebih cepat. Hal ini karena seluruh komponen rumah sudah dibuat terlebih dahulu di pabrik. 

Pins tak perlu khawatir pembangunan rumah akan terhambat oleh cuaca buruk dan sebab-sebab lainnya yang memungkinkan tertundanya proses konstruksi. Untuk model yang sederhana, waktu yang dibutuhkan hanya hitungan hari saja. 

Biaya Pembangunan Lebih Murah 

Dari segi harganya, rumah prefabrikasi juga lebih unggul dibandingkan rumah konvensional. Sebab, rumah prefabrikasi lebih murah. Umumnya, pabrik memproduksi material bangunan dalam jumlah besar sehingga menghasilkan biaya lebih murah. 

Untuk desain sederhana pada rumah satu lantai, Pins hanya membutuhkan biaya sekitar Rp2 jutaan per meter persegi. Jadi, rumah tipe 36 akan membutuhkan biaya sekitar Rp72 juta saja. Bandingkan dengan rumah biasa yang akan memerlukan biaya lebih dari Rp100 juta untuk ukuran yang sama.   

Ramah Lingkungan 

Material dan cara pembuatan rumah prefabrikasi ternyata lebih ramah lingkungan, lho, Pins! Sebab, material utama sebagai strukturnya pada rumah prefab adalah baja ringan yang memang memiliki sifat ramah lingkungan. 

Selain itu, rumah prefab juga lebih minim limbah daripada rumah konvensional. Sebab, komponen rumah prefab dibuat di lokasi pabrik, sehingga kerusakan lingkungan saat membangun hunian dapat berkurang. 

Lebih Fleksibel Saat Dimodifikasi 

Kelebihan ini akan bermanfaat buat Pins yang mudah bosan dengan gaya rumah. Sebab, rumah prefabrikasi ini lebih memungkinkan untuk dimodifikasi setelah rumah sudah tahap jadi. Rumah prefab memang dirakit pada tempat yang berbeda sehingga jika ada model baru, Pins bisa mengaplikasikannya dengan mudah.

Hal ini berbeda dengan rumah konvensional yang memiliki keterbatasan pada ruang dan luas yang tersedia. Bahkan, bukan tak mungkin rumah prefab dibawa berpindah karena bisa merancang ulang di lokasi baru.  

Desainnya yang Unik 

Jika Pins menyukai rumah bergaya industrial, maka rumah prefab bisa jadi pilihan menarik yang unik. Desain rumah prefabrikasi memang sangat unik dan personal yang bisa dioptimalkan.

Memiliki rumah yang berbeda dengan tetangga akan terasa menyenangkan bukan, Pins?

Kekurangan Rumah Prefabrikasi 

(Archinect)

Walaupun terlihat modern dan mengesankan, bukan berarti rumah prefab tidak memiliki kekurangan. Berikut ini sejumlah kekurangan jika Pins memilih rumah prefab:  

Pembuatan dan Pengiriman Dilakukan Secara Khusus

Di Indonesia, rumah prefab memang kurang diminati karena sulit dalam hal pengiriman komponen setengah jadi. Terutama jika mengingat ukuran bagiannya yang memang cukup besar.

Tak hanya pengiriman, ketika perakitan pun menjadi masalah lagi. Sebab, di Indonesia, rumah ini belum familiar sehingga tak banyak tukang bangunan yang mampu membangun rumah prefabrikasi. Perakitannya memang metode baru sehingga Pins harus mencari tukang yang sudah pernah membangun rumah prefabrikasi sebelumnya.

Sulit Kostumisasi 

Meskipun unik, tetapi sebenarnya rumah prefabrikasi lebih sulit untuk kostumisasi. Hal ini karena komponennya dibuat dipabrik sehingga cukup sulit untuk meminta penyesuaian ketika rumah dirakit.

Tetapi sebagai gantinya, Pins bisa memilih warna, aksen dan bahannya. Tetapi untuk ukuran dan bentuknya, biasanya lebih menyesuaikan dari pabrik.  

Terhalang Aturan Zonasi 

Membangun rumah prefabrikasi di Indonesia tidak semudah di negara lain. Pins harus memperhatikan aturan di lokasi tempat tinggal. Pasalnya, sejumlah kawasan menentukan peraturan zonasi yang tidak mengizinkan rumah prefabrikasi. 

Maka dari itulah, pastikan untuk memeriksa aturan dan perjanjian lahan sebelum memutuskan membangun rumah prefabrikasi.  

Harga Jual Lebih Rendah

Kekurangan yang mungkin akan menjadi alasan sejumlah orang untuk tidak memiliki rumah prefabrikasi adalah harga jualnya yang lebih rendah. Penyebabnya karena banyak orang menganggap kalau kualitas rumah prefab tidak baik dan hanya sementara. 

Tetapi, kalau Pins memang tidak berniat menjual rumah ini, tak perlu memikirkan harga jualnya yang rendah.   

Nah, itulah informasi yang bisa disampaikan seputar rumah prefabrikasi. Rumah modular ini bisa menjadi alternatif bagi Pins yang menyukai keunikan sebagai tempat tinggal.

Berkat perkembangan teknologi, saat ini kualitas rumah prefabrikasi tak kalah unggul  dibandingkan rumah konvensional lainnya, lho! Tertarik menjadikan prefab house sebagai rumah impianmu? 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.