BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Membuat Rumah dengan Konsep Hemat Energi
0
0

7 Cara Membuat Rumah dengan Konsep Hemat Energi

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Nov 11, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Membuat Rumah dengan Konsep Hemat Energitop-right-banner

Bagaimanakah cara membuat rumah yang hemat energi? Rumah simple, kecil dan unik sekarang menjadi pilihan praktis bagi tiap orang yang menyukai kemudahan, keindahan dan keunikan. Tak perlu memakan waktu lama untuk membersihkan rumah karena luasnya pun terbatas. Namun, artikel ini tidak membahas tentang luas atau sempitnya sebuah rumah, Rumah dengan konsep efisien energi yang bisa diterapkan di dalam rumah.

Tentunya, setelah tahu bagaimana cara membuat rumah dengan konsep hemat energi. Akan membantu kamu untuk memiliki rumah yang nyaman. Senyaman rumah yang ada di perumahan The Agathis, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca Juga:

Cara Membuat Rumah Hemat Energi

Source : Grid.id

Beberapa langkah yang bisa dilakukan terangkum dalam dua garis besar cara buat rumah hemat energi adalah Energy Dependance dan Energy Independence.

1. Pembenahan pada Jendela dan Pintu

cara membuat rumah hemat energi

Perbaikan pada jendela dan pintu memiliki peranan yang sangat penting yang tidak boleh diabaikan. Tindakan ini akan berdampak besar pada kenyamanan termal di dalam ruangan. Melakukan pembaruan pada elemen-elemen ini memungkinkan penciptaan lingkungan yang lebih nyaman dan efisien dalam pengaturan suhu ruangan. 

Ketika jendela dan pintu mengalami kerusakan atau kebocoran, ruangan akan kesulitan dalam menjaga suhu yang diinginkan. Oleh karena itu, memperhatikan kualitas dan kondisi jendela serta pintu adalah tindakan yang bijak untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan efisien. 

Dengan begitu, suasana di dalam ruangan akan selalu sesuai dengan preferensi suhu yang diinginkan. Tanpa terlalu banyak usaha atau konsumsi energi yang tidak perlu.

Baca Juga:

2. Lantai, Tembok dan Atap yang Memiliki System Insulasi yang Baik

cara membuat rumah hemat energi
Source : masterrumah

Penting untuk memastikan bahwa lantai, tembok, dan atap rumah memiliki sistem insulasi yang baik. Dalam upaya untuk menghemat konsumsi energi listrik dan menjadikan rumah lebih ramah lingkungan. Ada pilihan yang lebih bijak daripada mengandalkan AC sepanjang waktu. 

Salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan adalah memanfaatkan sistem insulasi yang sesuai pada beberapa komponen utama rumah. Penggunaan sistem insulasi yang efektif pada lantai, tembok, dan atap adalah langkah yang cerdas dalam menciptakan lingkungan rumah yang lebih nyaman. 

Dengan cara ini, Pins dapat mengurangi ketergantungan pada perangkat pendingin udara yang memerlukan konsumsi listrik yang tinggi. 

3. Peralatan yang Memiliki Symbol Energy Star

cara membuat rumah hemat energi
Source : sahitya

Penggunaan perangkat dengan label Energy Star dapat membantu Pins mengurangi konsumsi energi listrik dan secara efektif mengurangi tagihan listrik bulanan. Ini menunjukkan bahwa dengan memilih peralatan yang telah disertifikasi oleh program Energy Star. 

Pins dapat mengurangi penggunaan energi yang berlebihan, sehingga membantu melindungi lingkungan dan menghemat uang Pins. Selain manfaat penghematan energi, perangkat dengan label Energy Star juga dikenal lebih ramah lingkungan.

Baca Juga:

4. Penggunaan Lampu yang Hemat Energy

cara membuat rumah hemat energi
Source : Unsplash

Penggunaan lampu hemat energi semakin populer saat ini. Di pasar, kini tersedia beragam pilihan lampu yang dirancang untuk mengurangi konsumsi energi. Meskipun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan lampu konvensional, investasi ini sebanding dengan manfaat jangka panjangnya. 

Penggunaan lampu hemat energi tidak hanya akan menghemat biaya listrik Pins, tetapi juga membantu menjaga lingkungan dengan mengurangi jejak karbon.

5. Struktur Rumah yang Tepat

Source : Unsplash

Penting untuk memastikan bahwa dalam proses perancangan rumah, Pins mengutamakan struktur bangunan yang tepat. Dengan memperhatikan rancangan kerangka rumah yang cermat, Pins dapat mengurangi rasa panas yang dirasakan di dalam ruangan. Bahkan saat cuaca panas sedang melanda. 

Dengan kata lain, rumah yang dirancang dengan kerangka yang benar akan memberikan kenyamanan ekstra dalam menghadapi suhu yang sangat tinggi. Dalam iklim tropis seperti di Indonesia. Ini adalah faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan agar ruangan tetap nyaman, tanpa perlu mengandalkan pendingin udara yang berlebihan.

6. Rumah Kecil Berenergi Sedikit

Source : Unsplash

Rumah dengan ukuran yang kompak memiliki potensi besar untuk mengurangi konsumsi energi listrik mereka. Menciptakan peluang yang nyata untuk mencapai efisiensi energi yang lebih tinggi. 

Dengan perencanaan yang tepat, rumah kecil dapat disesuaikan agar tetap nyaman dan memadai bagi penghuninya, menciptakan lingkungan yang santai dan berkelanjutan. Selain itu, rumah kecil juga dapat memanfaatkan sumber energi terbarukan, seperti panel surya, untuk meminimalkan ketergantungan pada sumber daya energi konvensional.

7. Menghemat Penggunaan Air

Source : Unsplash

Selain efisiensi penggunaan listrik, penting pula untuk mempertimbangkan penggunaan air agar rumah kita lebih ramah lingkungan. Penting untuk menggunakan air sesuai kebutuhan demi mengurangi limbah yang dihasilkan. 

Memulai dengan tindakan kecil seperti menutup keran saat air masih menetes atau memilih untuk menggunakan shower. Ketimbang bak mandi bisa menjadi langkah awal yang signifikan.

Namun apabila Pins memiliki biaya pendanaan yang tinggi, Pins bisa melakukan beberapa metode yang mana sangat ampuh untuk mengurangi beban biaya listrik. Pembangkit listrik tenaga solar adalah salah satu pilihan yang tepat. Penggunaan pembangkit listrik ini memenuhi konsep efisiensi energy pada sebuah rumah.

Namun sayangnya harga dan instalasi produk ini masih terasa mahal. Namun jika Pins tertarik, manfaat yang diperoleh cukup besar dan membantu mengurangi ketergantungan Pins akan listrik yang disediakan oleh pemerintah. Jadi, sudahkah rumah Pins memenuhi konsep efisiensi energy?

Baca Juga:

Featured Image Source: Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download