Pinhome

Cara Membuat Rumah dengan Konsep Efisiensi Energi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah simple, kecil dan unik sekarang menjadi pilihan praktis bagi tiap orang yang menyukai kemudahan, keindahan dan keunikan. Tak perlu memakan waktu lama untuk membersihkan rumah karena luasnya pun terbatas. Namun, artikel ini tidak membahas tentang luas atau sempitnya sebuah rumah, melainkan efisiensi energy yang bisa diterapkan di dalam rumah. Efisiensi energy adalah faktor penting yang mesti diperhatikan dalam membuat konstruksi bangunan. Dan, ini tidak tergantung pada ukuran rumah. betapa pun ukuran rumah yang anda inginkan. Bagimana cara membuat rumah dengan konsep efisiensi energy? untuk menghemat biaya listrik, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dan diterapkan dalam rumah anda.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan terangkum dalam dua garis besar efisiensi energy: Energy Dependance dan Energy Independence.

Pembenahan pada jendela dan pintu

Agar bisa menciptakan suhu yang nyaman pada ruangan, pembenahan pada pintu dan jendela memang diperlukan untuk membuat ruangan lebih nyaman.

Lantai, tembok dan atap yang memiliki system insulasi yang baik

Daripada menghabiskan energy listrik untuk AC, lebih baik kembali ke Cara yang lebih alami dan tidak membutuhkan listrik sebagaimana penggunaan sistem insulasi yang tepat pada beberapa elemen rumah.

Baca Juga: Download Desain Rumah Hemat Energi

Peralatan yang memiliki symbol energy star

Dengan menggunakan peralatan yang memiliki symbol energy star, anda bisa menghemat lebih banyak energy listrik. Ini berarti beban tagihan listrik pun semakin berkurang.

Penggunaan lampu yang hemat energy

Untuk sekarang, semakin banyak lampu hemat energy yang tersedia di toko-toko terdekat. Memang harganya lumayan mahal namun sebanding dengan kebutuhan anda yang ingin berhemat energy. Penggunaannya pun awet dan tidak terbatas pada waktu singkat. Hemat energy untuk jangka waktu yang lama

Struktur rumah yang tepat

Saat membuat desain rumah, pastikan anda membuat kerangka rumah yang tepat dan mampu mengurang rasa panas dalam ruangan. Kerangka didesain sedemikian rupa agar rumah bisa terasa lebih nyaman meskipun suhu panas begitu menyengat.

Rumah Kecil Berenergi Sedikit

Rumah yang berukuran kecil memiliki potensi untuk mengurangi kebutuhan energy listrik sehingga efisiensi energy bisa tercapai dengan mudah. Rumah mungil pun bisa diatur sedemikian rupa agar tetap terasa nyaman bagi penghuni rumah dan tetap rileks.

Namun apabila anda memiliki biaya pendanaan yang tinggi, anda bisa melakukan beberapa metode yang mana sangat ampuh untuk mengurangi beban biaya listrik. Pembangkit listrik tenaga solar adalah salah satu pilihan yang tepat. Penggunaan pembangkit listrik ini memenuhi konsep efisiensi energy pada sebuah rumah. Namun sayangnya harga dan instalasi produk ini masih terasa mahal. Namun jika anda tertarik, manfaat yang diperoleh cukup besar dan membantu mengurangi ketergantungan anda akan listrik yang disediakan oleh pemerintah. Jadi, sudahkah rumah anda memenuhi konsep efisiensi energy?

Bagikan Artikel