Pinhome

Finansial

Efisiensi dalam Biaya Desain Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Desain rumah adalah hal utama yang paling dipikirkan ketika seseorang berkeinginan untuk membangun rumah. Rumah dengan desain yang sesuai dan fungsional tentu saja sangat menyenangkan untuk ditinggali dan sangat nyaman.Selain itu ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan terkait desain rumah, salah satunya adalah anggaran biaya desain rumah. Bagaimana merencanakan anggaran biaya desain rumah?

Agar Anda memiliki rencana biaya desain rumah yang efisien sekaligus hemat, ada beberapa hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan, seperti berikut ini.

Membuat daftar skala prioritas dan kebutuhan

Faktor yang seringkali membuat biaya desain rumah semakin mahal dan membengkak adalah faktor keinginan. Keinginan adalah godaan yang paling besar paling banyak dimiliki oleh pemilik rumah, padahal mungkin saja keinginan ini tidaklah fungsional dan praktis.

Sebelum Anda memulai untuk meminta bantuan kepada arsitek untuk mendesain rumah Anda ataupun membuat desain renovasi perlu sekali Anda pikirkan kebutuhan ruang dan keinginan Anda yang paling utama. Anda harus dapat memprioritaskan kebutuhan dan keinginan paling dasar ini sebagai wujud kepedulian Anda untuk menghasilkan biaya desain rumah yang hemat dan murah. Ada hal yang dapat membantu Anda untuk mengaplikasikan apa yang menjadi kebutuhan utama dan keinginan terbesar Anda.

  • Pertimbangkan kebutuhan yang paling mendesak, jika kebutuhan itu menyangkut fungsionalitas ruang maka hal ini bisa diprioritaskan.
  • Singkirkan jauh-jauh kebutuhan yang hanya berdasarkan keinginan saja, misalnya mengganti dinding cat dengan keramik, sementara renovasi lainnya masih membutuhkan biaya lebih.
  • Buatlah perkiraan biaya desain rumah, dengan mempertimbangkan budget yang telah Anda siapakan. Anda perlu melebihkan budget yang ada hingga 20% karena harga bahan bangunan biasanya mengalami kenaikan yang signifikan.

Menggunakan material bekas yang masih bisa dipergunakan dan dalam keadaan yang baik

Hal lain yang dapat membantu Anda dalam menghemmat biaya desain rumah adalah dengan menggunakan material lama yang masih bisa dipakai dan dalam kondisi yang bagus. Misalnya Anda membutuhkan keramik untuk melapisi dinding dapur Anda, coba gunakan pecahan keramik dari bongkaran ruangan yang telah terbuang. Keramik sisa tersebut dapat Anda gunakan sebagai mozaik di dinding dapur dan semakin mempercantik dapur Anda.

Berpikir untuk investasi

Mendesain ulang rumah adalah investasi jangka panjang. Sebaiknya Anda memprioritaskan material yang mudah dirawat dan dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama, karena hal ini akan mempermudah Anda dalam merawat dan menghemat pengeluaran untuk biaya desain rumah lagi.

Memanfaatkan alam dalam desain rumah

Tren hidup kembali ke alam banyak mengilhami seseorang untuk berusaha kembali ke alam. Misalnya, Anda dapat melakukan penghematan dengan memanfaatkan solar panel untuk mengurangi ketergantungan Anda kepada listrik. Memang hal ini sangat mahal di awal, namun ini merupakan investasi yang nantinya malah membantu Anda dalam menghemat anggaran. Selamat mendesain rumah dengan biaya desain rumah murah!

Bagikan Artikel