Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Desain Rumah Sehat, Indah, dan Hemat Biaya

Properti

Tips Desain Rumah Sehat, Indah, dan Hemat Biaya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 15 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Desain rumah sehat dan indah sering kali identik dengan budget yang berlebih. Bagi kamu yang memiliki budget berlebih, tentu tidak menjadi masalah. Namun, bagi kamu yang budget-nya pas-pasan, sepertinya memiliki rumah tinggal yang sehat dan indah seringkali terdengar mustahil untuk diwujudkan.

Tapi jangan khawatir, desain rumah sehat dan indah bisa diwujudkan dengan budget yang terbatas. Tidak percaya? Jika kamu masih ragu dan penasaran dengan hal itu, tips desain rumah sehat berikut ini akan menjawab keraguanmu.

Baca juga: 

Tips Desain Rumah Sehat

desain rumah sehat

Jasa Arsitek

Pertama, jasa arsitek. Rumah tinggal yang indah dan sehat perlu perencanaan yang matang. Mulai dari konsep rumah, rancang bangun struktur rumah, hingga pemilihan material yang tepat.

Agar kriteria tersebut bisa terpenuhi dengan baik, tentunya kamu membutuhkan tenaga yang ahli dan berpengalaman di bidangnya, dan jasa arsitek mampu mewujudkan hal itu.

Selama ini sebagian masyarakat sering salah kaprah memaknai penggunaan jasa arsitek. Desain rumah yang melibatkan jasa arsitek sering kali dianggap sebagai pemborosan karena harus menyediakan budget khusus.

Padahal saat ini sebenarnya banyak tersedia jasa arsitek yang menawarkan harga bersaing, namun tetap mengedepankan kualitas. Kamu pun bisa mendapatkan sejumlah keuntungan menggunakan jasa arsitek. Di antaranya sebagai berikut.

Keuntungan Jasa Arsitek

desain rumah sehat
(Shutterstock)
  1. Meminimalisasi kesalahan dalam perhitungan, baik ukuran bangunan, penggunaan bahan material, maupun harga.
  2. Menghasilkan desain rumah sesuai dengan konsep yang kamu inginkan karena mereka adalah tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam memvisualkan konsep.
  3. Lebih efektif dan efisien karena segala sesuatunya dikerjakan secara terencana dan sistimatis.

Pemilihan Material

Kedua, pemilihan material. Kamu bisa memilih material bangunan yang harganya miring namun tetap berkualitas. Misalkan atap terbuat dari fiber semen serta dinding dari bambu atau kayu.

Bila lebar rumah tidak melebihi 4 meter, maka struktur kuda-kuda bisa dihilangkan. Bila rumah terdiri dari dua lantai, jarak antara lantai satu dengan lantai dua cukup 2,5 meter saja asalkan ruangannya dilengkapi dengan ventilasi dan jendela yang memiliki bukaan lebar. Jadi, kamu bisa menghemat biaya untuk dinding, struktur kolom, serta tangga.

Nah, sekiranya itu dia beberapa tips desain rumah sehat dan hemat yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir akan biaya untuk mewujudkan desain rumah impian. Jangan lupa untuk membuat rencana anggaran biaya bangun rumah juga ya, Pins! Semoga bermanfaat.

Baca juga: Konsep Rumah Hijau untuk Hunian yang Lebih Sehat dan Menenangkan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel