Pinhome

Uncategorized

Cara menghemat biaya listrik di rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

“Hemat listrik pangkal kaya” begitulah pepatah singkat yang hasilnya sungguh luar biasa bermanfaat apabila kita aplikasikan kedalam kehidupan sehari-hari, bayangkan kita bisa menabungkan sebagian besar uang yang seharusnya untuk tagihan listrik setiap bulan, atau bisa menggunakan uang tersebut untuk beramal, negara juga diuntungkan karena dapat mengurangi biaya operasional pengadaan listrik, o.k disini kita uraikan tentang macam-macam cara menghemat biaya listrik di rumah yang bisa kita lakukan, beginilah tipsnya 🙂

Cara menghemat biaya listrik di rumah

  1. Optimasi pencahayaan alami, caranya yaitu dengan memperbanyak jendela sebagai ventilasi, jadi pada siang hari cahaya matahari bisa menyinari ruangan dan pada malam hari bisa terbantu peneranganya dengan sinar rembulan.
  2. Menggunakan tanki penampuangan air, hal ini untuk menghemat listrik akibat pemakaian pompa air, jika perlu kita kondisikan sedemikian rupa agar tidak perlu memakai pompa.
  3. Menggunakan lampu hemat energi, kita bisa menggunakan lampu LED, perbandinganya hingga 10 kali lebih hemat dari lampu pijar atau CFL, kita bisa menghemat watt hingga 90%.
  4. Memperbanyak tamanan disekitar rumah, ini akan membuat udara ruangan menjadi sejuk sehingga kita tidak perlu menggunakan alat pendingin ruangan air conditioner (AC).
  5. Mencabut stop kontak yang tidak dipakai, setelah memakai alat elektronik hendaknya kita mencabut stop kontaknya, karena ada jenis alat elektronik tertentu yang tetap menyedot energi listrik meskipun dalam keadaan mati.
  6. Mematikan alat elektronik yang tidak diperlukan, misalnya mematikan kipas angin saat tidak dipakai.
  7. Beralih ke alternatif pengganti alat elektronik, contohnya jika kita biasa minum air putih dingin bisa beralih menggunakan Kendi.
  8. Menggunakan setrika dengan pengatur suhu otomatis, jadi setrika tidak perlu menyerap watt listrik secara terus menerus, saat suhu mencapai derajat sekian maka setrika bisa mati secara otomatis.
  9. Bijak dalam menggunakan alat elektronik, misalnya ketika menyetrika usahakan sekali tapi jumlah baju yang disetrika banyak, menghindari sering menyetrika hanya selembar baju saja.
  10. Desain instalasi listrik yang hemat, contohnya menggunakan lampu dengan watt sesuai dengan kebutuhan cahaya.
hemat listrik

Jadi mari berhemat listrik, dan jangan lupa gunakan uang hasil penghematan untuk beramal atau kegiatan yang bermanfaat 🙂

Tags :

Bagikan Artikel