Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Finansial

Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 15 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Tagihan listrik yang naik kadang bikin stres. Situasi ini akan mengarahkan Anda ke pertanyaan bagaimana cara menghemat listrik. Kondisi ini akan menyebabkan Anda harus mengeluarkan budget lebih dalam rangka membayar listrik. Bisa saja yang tadinya Anda telah mengalokasikan budget untuk keperluan pribadi, namun karena tagihan listrik membengkak, sehingga Anda harus rela membayar lebih tagihan listrik dan menunda keperluan pribadi Anda.

Pinhome – Menghemat pengeluaran listrik tentu menjadi keinginan setiap orang. Bagaimana tidak, pasalnya ini bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran bulanan. Tagihan listrik yang tidak dikontrol dapat memicu boros dan akhirnya akan merepotkan Anda dan keluarga.

Pada dasarnya menghemat pengeluaran listrik dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu memahami asupan daya yang dimiliki oleh setiap alat rumah tangga. Setelah itu upayakan untuk menggunakan setiap alat rumah tangga dengan bijak. Hal ini bisa membantu Anda untuk menghemat listrik.

Baca Juga: Cara Memakai Alat Dapur Dengan Listrik Yang Hemat

Berikut ini adalah beberapa tips lengkap lainnya tentang bagaimana menghemat listrik di rumah yang bisa Anda lakukan. Yuk dicek bersama!

Cabut Penggunaan Listrik saat Tidak Digunakan

bagaimana cara menghemat listrik
(Bogor.net)

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik adalah mencabut kabel dari colokan listrik saat selesai dan tidak digunakan. Misalnya saja Anda telah selesai mengisi ulang daya batre smartphone, laptop atau hair dryer, maka upayakan untuk mencabut colokannya setelah selesai dipakai.

Mencabut colokan listrik ini juga bisa berfungsi untuk menghindari kebakaran. Intinya, dengan mencabut colokan listrik setelah digunakan akan memberikan keamanan sendiri bagi Anda dan seisi rumah. Apalagi saat Anda akan keluar rumah, usahakan untuk mencabut semua alat elektronik yang masih terhubung dengan soket listrik. Yuk coba dilakukan mulai sekarang.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Listrik Pascabayardan Prabayar, Jangan Salah Pilih!

Matikan Lampu yang Tidak Digunakan

bagaimana cara menghemat listrik
(Republika)

Ini biasanya menjadi hal yang sering kita lupakan. Mematikan lampu apabila tidak digunakan juga bisa menghemat listrik. Seringkali setelah kita memasak atau makan di dapur, Anda lupa mematikan lampu. Hal ini bisa meningkatkan tagihan listrik apalagi jika Anda tidak menggunakan lampu hemat energi.

Pernah ikut kampanye earth hour? Nah kampanye ini adalah sebuah gerakan untuk menyelamatkan bumi. Langkah yang dilakukan adalah dengan mematikan lampu yang tidak digunakan dalam rumah selama satu jam saja. Ini membuktikan bahwa dengan mematikan lampu bisa menyelamatkan bumi juga lho, Pins!

Kurangi Pemakaian AC di Siang Hari

bagaimana cara menghemat listrik
(Kompas)

Apa yang Anda lakukan ketika siang hari panas? Menyalakan AC? Nah, aktivitas ini sebenarnya kurang baik ya Pins. Penggunaan AC yang berlebih bisa menimbulkan pembengkakan pada penggunaan listrik. Memang benar bahwa angin dingin sepoi-sepoi yang keluar dari AC membuat Anda nyaman dan segar, namun perlu diperhatikan ya pemakaian listrik untuk AC.

Siasat jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kegerahan di rumah adalah mandi. Anda mungkin bisa mencoba untuk mandi saat gerah menggunakan air dingin yang segar. Kedua mungkin Anda bisa coba untuk berenang saat siang hari. Ketiga, pastikan ventilasi udara di rumah cukup dan rumah Anda mempunyai aliran udara yang bagus.

Jadwalkan Menyetrika dan Mencuci dengan Mesin 1 kali seminggu

bagaimana cara menghemat listrik
(Lifestyle Kompas)

Lalu bagaimana cara menghemat listrik selanjutnya? Nah, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadwalkan sesi menyetrika dan mencuci dengan mesin. Ini bisa menjadi upaya yang berdampak terhadap pemakaian listrik.

Anda bisa melakukan agenda setrika baju dan mencuci baju selama 1 minggu sekali di hari Jumat malam setelah selesai bekerja, atau Sabtu saat akhir pekan. Nah ini tentu bisa menghemat penggunaan listrik. Daripada menyetrika setiap hari, lebih baik Anda jadikan satu agenda menyetrikanya.

Ganti penggunaan Komputer dengan Laptop

(Blog Pendidikan)

Beberapa dari Anda mungkin merasa nyaman menggunakan komputer, namun siapa sangka penggunaan komputer yang selalu membutuhkan aliran listrik bisa membuat asupan listrik makin boros.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa melakukan pergantian dari komputer ke laptop. Menggunakan laptop selain lebih hemat secara listrik, tentu juga sangat fleksibel karena bisa dibawa ke mana saja. 

Nah Pins, itulah pembahasan tentang bagaimana cara menghemat listrik. Hal ini bisa Anda lakukan di rumah dengan mudah dan tentunya akan menyelamatkan Anda dari pengeluaran yang boros. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menata ulang pengeluaran setiap bulan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel