Kamus Istilah Properti

Nota Kredit

istilah properti

Nota Kredit

Nota kredit adalah dokumen yang menjadi tanda bukti sahnya transaksi atas pengurangan cicilan atau piutang dari sebuah usaha.

Apa Itu Nota Kredit?

 nota kredit
(KibrisPDR)

Istilah nota Kredit disebut sebagai credit note, credit advice atau credit ticket. Nota kredit adalah dokumen yang menjadi tanda bukti sahnya transaksi atas pengurangan cicilan atau piutang dari sebuah usaha.

Menurut media BPR, nota kredit juga memiliki pengertian yaitu nota dari bank kepada nasabah mereka yang memberitahukan bahwa sejumlah dana telah dikreditkan ke dalam rekening nasabah yang bersangkutan; memo pembukuan untuk suatu transaksi kredit. Misalnya setoran giro atau tabungan. 

Namun, credit note lebih umum digunakan sebagai tanda bukti sah transaksi antara pembeli dan penjual, yang digunakan khusus saat terjadi ketidaksesuaian barang baik itu cacat atau kekurangan lain. 

Sebab, barang harus diretur seluruh atau sebagian. Pihak yang membuat nota kredit adalah penjual dengan bukti tanda tangan berkas resmi dan diberikan kepada pihak pembeli. 

Sebelum berkas dibuat, pembeli akan mengeluarkan nota debet terlebih dahulu. Dalam transaksi jual beli, nota debet sangatlah penting sehingga sering dibuat minimal rangkap dua untuk digunakan sebagai dokumentasi.

Syarat Pembuatan Nota Kredit

(Rumah Mesin)

Ketika dalam transaksi jual beli akan menerbitkan nota kredit, maka harus ada kesepakatan antara pihak penjual dan juga pemberian.  Tujuannya tak lain untuk menghindari kesalahpahaman di masa mendatang. 

Pihak penjual dapat membuat credit note dengan memperhatikan beberapa komponen sebagai berikut: 

  • Kolom informasi data produk, yang mencakup jumlah barang yang dikembalikan dan harganya yang sebelumnya sudah disepakati.
  • Mencantumkan Nomor Pesanan yang digunakan untuk pelacakan jika jumlahnya banyak.
  • Memuat tanggal, faktur tagihan, dan alamat pengiriman. Sebaiknya, Pins memastikan kalau seluruh informasi ditulis dengan jelas agar ketika proses retur menjadi lebih mudah.
  • Tanggal nota diterbitkan
  • Ketentuan pembayaran pada nota yang dapat digunakan untuk menindaklanjuti permasalahan yang mungkin terjadi.
  • Pihak-pihak yang bertanggung jawab atas diterbitkannya credit note

Dalam pembuatannya, sebenarnya tidak ada aturan baku. Pins bisa menyesuaikan dengan standar perusahaan masing-masing. Hal penting yang harus diingat dalam pembuatannya, haruslah jelas.  

Jadi, ketika proses pengecekan oleh pemilik usaha maupun staf yang terkait menjadi lebih mudah.  

Tujuan Pembuatan Nota Kredit

(Fresh Books)

Pembuatan credit note ebagai salah satu dokumen bisnis atau usaha, sangatlah penting. Pembuatannya harus spesifik, jelas, dan tepat karena berhubungan dengan koreksi atau retur barang, baik secara jumlah maupun harganya. 

Untuk itulah, pihak penjual maupun pembeli harus mencapai kata sepakat sebelum menerbitkan nota satu ini. 

Adapun beberapa tujuan pembuatan nota kredit adalah sebagai berikut:

Dokumentasi Kesalahan

Setiap bisnis, apapun bidangnya, tak luput dari kesalahan. Nota kredit sangatlah penting untuk tujuan dokumentasi kesalahan ini agar kedepannya pemilik usaha tidak mengalami kejadian serupa.

Pencatatan kesalahan dalam bisnis ini, akan membuat pelaku bisnis dapat dengan mudah melakukan evaluasi.  

Bukti Sah Utang-Piutang

Tujuan berikutnya dari credit note yang tidak kalah yaitu untuk sebagai bukti yang sah untuk melacak adanya utang-pituang. Jadi, Pins bisa menggunakan dokumen ini jika di masa depan, terdapat masalah dengan utang-piutang.

Bahkan, lantara kesalahan sudah terdokumentasi dengan baik di dalam nota ini, maka Pins bisa melampirkannya untuk menunjang revisi sehingga pembukuan menjadi lebih bersih. 

Jaminan Terhadap Klien atau Pembeli

Nota ini dapat digunakan oleh penjual sebagai bukti tanggung jawabnya kepada klien atau pembeli atas kesepakatan yang sudah dibuat. Dengan adanya credit note, pembeli bisa memperoleh jaminan keamanan dalam bertransaksi.

Penjual bisa mendapatkan kepercayaan karena pembeli dapat mempercayakan transaksi dengan rasa lebih aman. Sebab, ketika sesuatu hal pada produk, maka penjual bersedia untuk mengurangi piutangnya. 

Meminimalisir Adanya Kesalahan dalam Laporan Keuangan  

Dalam dunia usaha, tentu harus ada laporan yang jelas yang harus diperiksa setidaknya satu tahun sekali. Pemilik bisnis mungkin sesekali akan menemukan perhitungan yang tidak masuk akal atau ketidakjelasan sumbernya. 

Jika ada catatan nota dan bukti transaksi, maka sumber menjadi lebih jelas. Nota kredit ini akan sangat membantu pemilik bisnis dalam meminimalisir kesalahan dalam pencatatan laporan keuangan. 

Manfaat Nota Kredit

nota kredit
(Jojonomic)

Jika Pins pemilik usaha, akan sangat terbantu dengan adanya nota kredit ini. Pelaku bisnis dapat lebih tertib secara administrasi, apalagi credit note memang sudah sesuai standar akuntansi Indonesia.  

Adapun manfaat lain dengan pembuatan nota kredit adalah: 

  • Mempermudah jika akan melacak berbagai kesalahan penjualan yang mungkin saja terjadi. Sehingga pelaku bisnis tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.  
  • Pelaku bisnis akan diuntungkan dalam jangka panjang karena akan membuat hubungan dengan klien selalu tetap terjaga dengan baik. Bahkan, klien akan selalu berlangganan untuk membeli di perusahaan milikmu karena sudah saling percaya. 
  • Membantu pengusaha untuk mencatat setiap kesalahan yang terjadi dalam proses transaksi pengiriman barang. 
  • Kinerja operasional bisnis dapat meningkat. Hal ini karena credit note dapat digunakan sebagai bahan evaluasi perusahaan.
  • Bisnis akan terselamatkan dari kemungkinan konflik, termasuk antara pelaku usaha dengan klien. Sebab, kedua pihak sudah memahami kesepakatan yang ada sesuai yang tercantum dalam nota. 
  • Dapat digunakan sebagai bukti yang kuat secara hukum saat terjadi perselisihan terkait transaksi jual-beli yang Pins lakukan.
  • Sebagai bahan untuk melakukan koreksi terhadap setiap kesalahan yang ada pada faktur asli, catatan transaksi maupun kesalahan lainnya.

Cukup banyak, ya, Pins, manfaat dari nota kredit dalam transaksi keuangan. Untuk itulah sebaiknya jangan menyepelekan untuk membuat nota satu ini, ya!

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.