Kamus Istilah Properti

Pembukuan

istilah properti

Pembukuan

Pembukuan adalah proses dokumentasi terstruktur untuk menghimpun data dan laporan transaksi keuangan. Dokumentasi keuangan disini meliputi beban, modal, kekayaan, anggaran hingga akumulasi penghasilan dan pelimpahan barang atau jasa.

Definisi

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pembukuan adalah pencatatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk setiap transaksi baik pendapatan atau pengeluaran. 

Bila dilihat dari UU No 28 tahun 2007 pasal 28, pengertian pembukuan adalah proses pencatatan terstruktur guna mengumpulkan data serta informasi keuangan mencakup biaya, modal, penghasilan, kewajiban, harta, modal dan jumlah harga perolehan maupun penyerahan jasa atau barang.

Tujuannya adalah untuk menyusun laporan keuangan yang terdiri atas laporan laba rugi, neraca untuk periode pajak tersebut. Tujuan pembukuan adalah memahami jumlah keuntungan dan kerugian pada perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Pembukuan sering disebut pula dengan bookkeeping. Kegiatan bookkeeping ini bisa menggunakan cara manual maupun memanfaatkan teknologi berupa aplikasi pembukuan.

Manfaat

(Shutterstocks)

Dalam membangun sebuah bisnis, keuangan antara usaha dan pribadi harus dipisah. Jangan mencampuradukan keuangan pribadi dengan perusahaan agar tidak terjadi kebingungan finansial.

Adanya pembukuan meminimalisir risiko kehilangan atas aset, uang dan pemasukan. Selain itu bisa diketahui secara mendetail jumlah hutang dan piutang. Pembukuan juga berguna untuk mengontrol biaya karena operasional bisnis.

Pembukuan berguna mengetahui kemajuan bisnis dan menyediakan informasi keuangan untuk kebutuhan perpajakan. Selain itu ada beberapa manfaat dari pembukuan diantaranya adalah sebagai berikut :

Bahan Penilaian Bisnis

Pembukuan menyediakan informasi laba dan rugi yang bisa dijadikan bahan dasar evaluasi bisnis. Dari pembukuan ini bisa dibandingkan laba dari tahun ke tahun yang dihasilkan.

Semakin naik profit yang dihasilkan maka kinerja perusahaan semakin baik. Dari data pembukuan, perusahaan bisa membuat kebijakan strategis untuk meraih visi utama.

Bila ternyata timbul kerugian maka perusahaan dapat menjalankan strategi untuk melakukan perubahan. Perubahan ini bertujuan mencegah kerugian di masa yang akan datang tidak terulang kembali.

Mengetahui Setiap Transaksi

Penting untuk mencatat setiap transaksi yang masuk dan keluar. Pembukuan mencatat seluruh transaksi jual dan beli secara terperinci lengkap dengan waktunya. Setiap transaksi bisa ditelusuri sumber dan aliran dananya terdistribusi.

Bila suatu saat dibutuhkan audit, adanya pembukuan dapat membantu proses auditing. Selain itu pembukuan merupakan salah satu cara mendokumentasikan bukti transaksi jika nantinya dibutuhkan inspeksi dari pihak perpajakan.

Mengetahui Kerugian dan Keuntungan

Setiap transaksi yang masuk dan keluar  pada akhirnya dapat diperhitungkan untuk mengetahui apakah usaha mengalami kerugian atau keuntungan. Bisnis menunjukan hasil yang positif jika saldo bernilai positif.

Besaran keuntungan atau kerugian ini juga dibutuhkan bagi pihak perpajakan dalam menentukan besaran pajak yang harus dibayar ke negara. Laporan keuntungan dan kerugian dibutuhkan pula oleh investor sebagai penanam modal.

Walaupun pembukuan sangat penting namun masih banyak pelaku bisnis khususnya di kelas menengah ke bawah tidak melakukan pembukuan. Alasannya adalah keterbatasan waktu untuk melakukan pencatatan.

Proses yang merepotkan dan sumber daya yang memiliki kemampuan pembukuan juga menjadi beberapa faktor pelaku usaha tidak melakukan pencatatan. Dalam melakukan pembukuan dibutuhkan kemampuan akuntansi untuk penjurnalan.

Metode Umum

(Shutterstocks)

Metode pembukuan terbagi atas dua golongan yakni single entry  dan double entry. Perbedaan keduanya bisa disimak melalui penjelasan dibawah ini :

Single Entry

Metode ini cocok untuk usaha berskala kecil karena jumlah transaksi yang cenderung sedikit. Metode pembukuan single entry dapat dilihat dari print out rekening koran.

Dalam pembukuannya hanya menggunakan satu entri untuk segala bentuk transaksi baik pengeluaran maupun pendapatan. Penerimaan kas akan dicatat sebagai kas masuk sedangkan pembayaran kas dibukukan sebagai kas keluar.

Double Entry

Sistem pembukuan ini menggunakan entri debit dan kredit di masing-masing akun yang berbeda. Double entry dipakai untuk  perusahaan besar yang memiliki banyak transaksi.

Keunggulan metode ini adalah perhitungannya lebih akurat karena menunjukkan semua saldo akun. Apabila terjadi kesalahan dapat dilacak jejaknya sehingga risiko kesalahan perhitungan dapat diminimalisir.

Sayangnya pencatatan double entry lumayan sulit karena harus menyeimbangkan antara debit dan kredit. Waktu pengerjaan cenderung lebih lama  karena perlu verifikasi berulang.

Komponen Utama

Dalam pembukuan ada 4 komponen utama yang harus ada. Diantaranya adalah laporan arus kas, laba rugi, neraca dan perubahan modal.

Arus Kas

Laporan ini mencatat uang kas yang masuk dan keluar dari perusahaan. Laporan arus kas mencakup aktivitas operasional, pendanaan dan investasi. Aktivitas operasional meliputi penjualan, produksi, pembayaran hingga distribusi produk.

Aktivitas pendanaan mencatat peningkatan modal dan pembayaran dividen investor. Sementara aktivitas investasi meliputi pembelian dan penjualan aktivitas tetap ataupun deposit.

Laba Rugi

Laporan laba rugi dikeluarkan setiap tahunnya. Komponen dalam laporan ini adalah pengeluaran, pendapatan, keuntungan dari luar hingga kerugian atas aktivitas operasional usaha.

Neraca

Neraca menunjukkan sumber pendanaan dan distribusi modal dalam suatu periode. Dari neraca dapat diketahui jumlah aset baik berwujud dan tidak berwujud hingga kewajiban maupun ekuitas.

Perubahan Modal

Laporan perubahan modal dipengaruhi oleh laba ditahan maupun kerugian yang dialami selama periode akuntansi. Modal bisa berupa saham ataupun dividen.

Pembukuan adalah pencatatan akan transaksi keuangan baik pengeluaran maupun pemasukan. Metodenya ada dua yakni single entry dan double entry.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.