Kamus Istilah Properti

Piutang 

istilah properti

Piutang 

Piutang adalah uang yang dipinjamkan dan dapat ditagih oleh seseorang. Dalam bidang akuntansi piutang disebut dengan istilah account receivable. Pihak yang memberi pinjaman disebut kreditur dan yang menerima pinjaman dikenal dengan debitur.

Definisi Piutang Menurut Para Ahli

(Unsplash)

Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) menyatakan piutang merupakan aset keuangan yang bersifat nondervatif. Sifat pembayarannya tetap dan tidak memiliki kuotasi dalam pasar aktif. Pengertian dari piutang menurut para ahli diantaranya adalah :

Horne ( 2005 : 258)

Piutang meliputi sejumlah uang yang dipinjamkan oleh perusahaan kepada pelanggan yang memakai jasa atau membeli barang secara kredit

Warren Reeve dan Fess (2005:404)

Piutang dapat berupa klaim dalam bentuk uang kepada individu, perusahaan maupun organisasi lainnya

Van Horne Dan Wachowicz (2005)

Piutang merupakan sejumlah uang yang kepemilikannya dialihkan kepada pelanggan yang telah membeli barang atau jasa secara kredit

Smith (2005 : 286)

Piutang didefinisikan sebagai hak terhadap pihak lain atas barang, jasa maupun uang dengan diselesaikan melalui penerimaan kas

Martono dan Harjito (2007 : 95)

Piutang adalah tagihan perusahaan terhadap pembeli atau pihak lain yang membeli produk perusahaan tersebut

Horngren dan Harrison (2007: 436)

Menurut Horngren dan Harrison, piutang adalah klaim moneter kepada pihak lain

Hadri (2008: 198)

Hadri mengungkapkan bahwa piutang adalah hak klaim atau tagihan baik berupa uang maupun bentuk lain kepada perusahaan atau seseorang

Bambang Riyanto (2008: 85)

Piutang ialah elemen modal kerja yang keadaannya berputar secara terus menerus pada rantai perputaran modal kerja

Sri Dwi Ari Ambarwati (2010: 155)

Sejumlah saldo yang akan diterima oleh pelanggan dianggap sebagai Piutang oleh Sri Dwi Ari Ambarwati

Ciri-Cirinya

Dalam neraca perusahaan piutang termasuk dalam aktiva lancar. Piutang mampu meningkatkan kelancaran bisnis karena bisa difungsikan untuk operasional perusahaan.

Tujuan piutang ialah menciptakan hubungan lebih erat dengan pembeli dan membantu perusahaan klien untuk berkembang. Selain itu ada ciri-ciri dari piutang yang bisa dikenali dibawah ini :

Baca Juga:

Ada Tanggal Jatuh Tempo

Piutang memiliki tanggal jatuh tempo yang diketahui dari umur piutang itu sendiri. Umur piutang bisa berupa bulan dan hari. 

Tanggal jatuh tempo akan sama dengan tanggal debitur melakukan kredit, hanya beda bulannya saja. Bila berumur harian maka perlu dilakukan perhitungan kapan tepatnya tanggal jatuh temponya.

Memiliki Nilai Jatuh Tempo

Transaksi piutang akan memiliki nilai jatuh tempo. Nilainya adalah jumlah transaksi utama ditambahkan dengan nilai bunga yang dibayarkan pada tanggal jatuh tempo. 

Debitur tidak hanya membayar sesuai nominal transaksi namun juga bunganya. Timbulnya bunga biasa terjadi bila debitur meminta perpanjangan waktu dalam membayar piutang dengan tempo.

Timbul Bunga yang Berlaku

Umumnya kreditur menerapkan bunga tertentu yang perlu dibayar oleh pembeli. Timbulnya bunga ini apabila waktu pembayaran diminta untuk diperpanjang. 

Bunga ini sebagai keuntungan bagi penjual atau kreditur sembari menunggu pelunasan piutang. Besaran bunga disesuaikan oleh kebijakan kreditur yang memberi pinjaman.

Dasar Hukum

Bila dilihat dari sudut pandang agama islam maka hukum utang piutang adalah mubah. Transaksi ini boleh dilakukan asal dengan cara dan tujuan yang baik.

Dalam bisnis sendiri hukum utang piutang lazim dilakukan antara pihak penjual dan pembeli. Pemberian piutang pada pelanggan bertujuan agar pembeli mudah membeli atau melakukan transaksi.

Dari sisi penjual, ia tetap mendapatkan keuntungan walaupun perlu waktu yang lebih lama. Adanya piutang serta bunganya akan menjadi sumber kas bermanfaat bagi keberlangsungan usaha di masa depan.

Baca Juga: Mengenal Istilah Perjanjian Cessie

Manfaat

(Pexels)

Manfaat dari piutang sendiri mampu mempercepat proses produksi. Pembeli dapat menunggak pembayaran atas pembelian barang untuk kebutuhan produksi. Piutang juga memperlancar arus kas perusahaan.

Piutang masuk dalam aset lancar yang mudah dicairkan. Posisinya sama dengan kas bila dilihat dari sudut pandang akuntansi. Pemberian piutang memberikan kesempatan untuk menambah keuntungan melalui bunga yang timbul.

Jenis Piutang

Menurut Smith dan Skousen piutang dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan. Diantaranya piutang dagang dan bukan dagang. Adapun penjelasannya bisa disimak dibawah ini :

Piutang Usaha

Piutang usaha adalah tunggakan atas pembelian kredit pelanggan baik untuk barang, jasa maupun uang. Umumnya memiliki masa jatuh tempo selama 30-60 hari. Tak sedikit perusahaan yang mempunyai akun piutang usaha yang tinggi dibandingkan jenis piutang lainnya.

Wesel Tagih

Wesel tagih merupakan surat formal dengan jadwal pembayaran / tagih sekitar 2-3 bulan. Dalam wesel tagih ada bunga dan syarat-syarat tertulis. Terdapat pula informasi terkait kapan pelunasan harus dilakukan

Piutang Lain-lain

Sementara piutang lain-lain adalah yang tidak termasuk dalam dua poin diatas. Misalnya saja piutang bunga, piutang gaji ataupun piutang dividen

Cara Mengelola Piutang

Walaupun termasuk dalam aset lancar, piutang perlu dikendalikan. Jika tidak terkontrol dengan baik akan menimbulkan resiko piutang tak tertagih. Cara pengelolaannya bisa mengikuti poin-poin sebagai berikut :

Selektif

Sebaiknya sebelum memberikan fasilitas piutang, lakukan pemeriksaan terhadap riwayat transaksi pelanggan. Pilah siapa saja yang boleh memperoleh piutang. Pertimbangkan kebijakan kredit ketat sehingga pelanggan bisa segera melunasi hutangnya.

Buat Surat Perjanjian Hutang Piutang

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, buat surat perjanjian hutang piutang. Dokumentasikan transaksi ini dalam surat dan diketahui kedua belah pihak.

Lakukan Pembukuan

Buat daftar khusus piutang dan lakukan pembukuan secara rutin. Catatan keuangan ini membantu menganalisa perputaran piutang.

Piutang adalah salah satu bentuk fasilitas yang diberikan perusahaan pada pelanggan. Piutang termasuk dalam aset lancar dan umum dilakukan oleh perusahaan manapun.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.