Kamus Istilah Properti

Jatuh Tempo

istilah properti

Jatuh Tempo

Jatuh tempo adalah sebuah tanggal yang ditetapkan sebagai penanda batas akhir pembayaran untuk sebuah transaksi.

Apa itu Jatuh Tempo?

(Gladius Books)

Jatuh tempo adalah sebuah tanggal yang ditetapkan sebagai penanda batas akhir pembayaran untuk sebuah transaksi. Setelah tanggal jatuh tempo dan belum melakukan pembayaran, maka Pins biasanya akan dikenakan denda keterlambatan. Tidak membayar setelah tanggal yang telah ditentukan tersebut menandakan bahwa Pins menunggak.

Tanggal ini penting untuk diingat agar Pins segera membayar tagihan dan terhindar dari biaya denda keterlambatan.

Jenis Pembayaran yang Mempunyai Tanggal Jatuh Tempo

(Turmeric)

Pembayaran yang mempunyai tanggal jatuh tempo diantaranya yaitu:

  1. Pembayaran kartu kredit
  2. Bayar KPR 
  3. Bayar pinjaman online
  4. Pembayaran listrik
  5. Pembayaran internet
  6. Bayar tv kabel dsb.

Contoh jatuh tempo tagihan kartu kredit Pins adalah 15 hari setelah tanggal cetak tagihan. Cetak tagihan adalah tanggal 6 April, maka 15 hari setelah tanggal 6 April adalah payment due date. Maka tanggal untuk tagihan kartu kredit tersebut adalah 21 April.

Usahakan untuk membayarnya sebelum tanggal 21 April ya, agar Pins tidak dikenakan biaya denda.

Tips Terhindar dari Biaya Keterlambatan

(iStock photo)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari biaya keterlambatan dalam membayar sebuah transaksi. Ini dia beberapa cara yang mungkin dapat Pins terapkan, yaitu:

  • Mencatat tanggal

Setiap bank atau perusahaan penyediaan dana mempunyai payment due date yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Pins cata tanggal jatuh temponya, agar tidak lupa ya!

  • Double check nominal yang diserahkan

Saat membayar tagihan, jangan lupa untuk mengeceknya dua kali. Pastikan nominal transaksi sama persis dengan tagihan yang tercetak.Ikuti hingga nominal terkecil sekalipun ya. Lakukan pembayaran dengan tenang tanpa terburu-buru agar semuanya sesuai.

  • Membuat jadwal pembayaran

Rutin melakukan pembayaran di tanggal yang sama membuat diri menjadi terbiasa. Maka dari itu, buatlah jadwal pembayaran di tanggal yang sama setiap bulannya agar Pins secara otomatis ingat dan tidak melampaui payment due date.

  • Set agar Pins menerima tagihan melalui email

Semua sudah serba digital, bahkan tagihan pun kini bisa diatur melalui email. Billing kartu kredit atau tagihan lainnya jadi terekam jejaknya di email dan menjadi reminder bagi Pins.

Itu dia informasi yang harus diketahui. Semoga berguna ya, Pins!