Kamus Istilah Properti

Winding Stair

istilah properti

Winding Stair

Winding stair merupakan tangga melingkar yang bentuknya menyerupai angin puting beliung. Tangga jenis ini sering kali ditemukan di bangunan dengan lantai lebih dari dua. 

Mengenal Winding Stair

(Spiral UK)

Winding stair atau tangga yang berbentuk angin puting beliung memiliki jalur yang melingkar ke atas. Tangga ini disebut juga tangga spiral karena bentuknya yang memutar ke atas seperti spiral. Umumnya tangga ini akan kamu temui di gedung megah bertingkat seperti hotel atau apartemen mewah. Tangga seperti ini memerlukan proses pembuatan yang teliti dan detail. Anak tangga pada tangga harus presisi sehingga membentuk pijakan yang aman dan nyaman untuk setiap orang yang melewati tangga.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membangun tangga spiral

Di dalam membangun tangga spiral seperti di atas tentu membutuhkan keterampilan khusus. Keterampilan tersebut mencakup beberapa hal di antaranya adalah skill untuk mendesain, kemampuan teknis dalam mengukur ukuran bahan yang digunakan sebagai tangga dan lain-lain. Berikut ini, beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun tangga spiral.

Ketinggian tangga

Hal pertama yang harus dipahami untuk membangun tangga spiral adalah memastikan ketinggian tangga. Artinya kamu atau tim kontraktor harus menyesuaikan ketinggian tangga dengan bangunan. Hal ini agar fungsi tangga bisa lebih optimal saat digunakan.

Desain

Pemilihan desain juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat membangun tangga spiral. Kamu harus lebih melakukan eksplorasi terhadap referensi desain yang ada. Buka perspektif kamu untuk mendapatkan inspirasi desain yang lebih luas.

Bahan tangga 

Perhatikan bahan tangga yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan kayu, marmer, beton dan lainnya. Namun, hal yang perlu kamu tekankan adalah bahan tersebut harus kuat dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Aspek keamanan (safety)

Kamu harus memperhatikan keamanan tangga. Pastikan tangga spiral tidak terlalu curam. Usahakan pijakan kaki menyesuaikan dengan panjang dan lebar kaki orang Indonesia pada umumnya. Pastikan sudut-sudut pada anak tangga tidak terlalu tajam atau runcing agar aman saat diinjak.

Jenis-jenis tangga spiral

Berikut ini jenis-jenis tangga spiral yang bisa menjadi referensi kamu. Yuk kita simak bersama-sama. 

Tangga spiral putih dengan karpet

(Pinterest)

Tangga pertama menggunakan desain warna putih dengan balutan karpet biru. Desain tangga ini cukup manis dan bisa menjadi referensi winding stair di rumah. Apabila rumah kamu memiliki tiga lantai dengan desain eropa, maka contoh desain tangga di atas cocok kamu aplikasikan di rumah. Tambahan aksen list cokelat pada pegangan tangga juga menambah kesan manis pada tangga spiral di atas.

Tangga spiral kayu dengan warna cokelat gelap

(Pinterest)

Selanjutnya adalah tangga spiral dengan bahan kayu berwarna cokelat tua. Perpaduan warna pada tangga dan lantai yang sama-sama menggunakan warna cokelat gelap memberikan aksen elegan. Winding stair di atas sangat cocok bagi kamu yang mempunyai selera rumah dengan desain vintage namun tetap modern. Pemilihan kayu sebagai bahan utama tangga harus dilakukan melalui proses detail. Tujuannya adalah agar siapa pun yang melewati tangga tersebut akan merasa nyaman dan aman. Kayu pun harus diperhalus tidak melukai telapak kaki saat menginjak tangga tersebut. 

Tangga spiral kayu minimalis 

(Pinterest)

Tangga spiral selanjutnya adalah tangga kayu dengan warna cokelat muda. Tangga di atas memberikan kesan minimalis, manis dan juga simpel. Perpaduan anak tangga warna cokelat yang senada dengan kayu, serta ditambah railing kaca menjadikannya semakin cantik. Tangga spiral di atas selain menjadi penghubung lantai bawah dan atas, juga menjadi ornamen rumah yang indah. Perlu diingat dalam memilih tangga kayu kamu harus memilih bahan kayu yang berkualitas agar tetap awet. 

Tangga spiral putih minimalis

(Pinterest)

Tangga spiral minimalis selanjutnya menggunakan bahan besi pada bagian railing. Selain itu penggunaan warna putih pada tangga memperkuat kesan manis dan sederhana pada tangga spiral. Tanaman yang diletakkan di samping tangga pun membuat aksen kuat yang mempercantik ruangan. 

Tangga spiral dari besi

(Pinterest)

Jenis tangga spiral lain adalah tangga besi di atas. Aksen railing yang berbentuk sulur bunga memberikan aksen sederhana namun elegan. Tangga di atas sangat pas diletakkan pada bagian pojok sebuah ruangan. Mengingat bahan yang digunakan menggunakan besi, maka kamu harus memperhatikan kualitas besi dan cat yang digunakan. Besi cenderung mudah berkarat, maka dari itu kamu harus melakukan perawatan yang tepat agar kualitas tangga tetap terjaga.

Tangga spiral manis kombinasi kayu dan besi

(Pinterest)

Tangga dengan railing bergaris di atas bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin membangun tangga di rumah. Selain bentuknya yang sederhana, tangga di atas juga sangat sesuai dengan desain interior rumah. Perpaduan yang pas antara desain tangga dan desain rumah, membuat karakter rumah pada bagian indoor semakin hangat dan nyaman untuk ditinggali.

Memilih desain tangga memang tidak mudah, karena kamu perlu melakukan pertimbangan dan penghitungan yang tepat. Namun, kamu bisa membangun tangga sesuai dengan selera melalui perencanaan yang matang. Nah, bagaimana Pins, apakah kamu sudah mendapatkan referensi dan inspirasi dari beberapa pilihan winding stair di atas? Semoga informasi di atas berguna ya untuk menambah wawasan kamu.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.