Kamus Istilah Properti

Kabin

istilah properti

Kabin

Kabin adalah sebuah rumah berukuran kecil yang umumnya terbuat dari kayu. Rumah ini punya kaitan erat dengan budaya Eropa dan Amerika Utara.

Apa itu kabin?

(@My Self Reliance)

Kayu merupakan salah satu material yang sering kali digunakan sebagai bahan pembuatan rumah. Bahkan, beberapa jenis rumah ada yang menggunakan material kayu untuk hampir seluruh bagian konstruksinya. Salah satu jenis rumah yang dimaksud adalah rumah kabin.

Rumah kabin atau kabin adalah sebuah rumah berukuran kecil yang umumnya terbuat dari kayu. Rumah ini punya kaitan erat dengan budaya Eropa dan Amerika Utara. Maka dari itu, kita mungkin sering melihatnya sebagai setting latar tempat dari adegan-adegan film buatan Hollywood.

Dalam istilah tradisionalnya, sebuah bangunan disebut sebagai kabin jika dibangun menggunakan kayu-kayu model gelondongan. Di Amerika maupun di Eropa, bangunan ini biasanya didirikan di area hutan. Baik di bagian dalam hutan, maupun di bagian pinggirannya. Tidak jarang bangunan tersebut tidak dialiri listrik umum.

Dilansir dari Wikipedia, kabin dikatakan sebagai salah satu produk konstruksi rumah generasi pertama yang dibangun di area Eropa dan Amerika Utara. Akan tetapi, penerapannya di era modern mengalami beberapa perubahan serta kombinasi yang mengubah definisi tradisionalnya.

Kita dapat menemukan kabin yang terbuat dari bahan kayu namun bukan jenis gelondongan. Ada juga rumah kabin yang berukuran besar atau memakai material-material seperti kaca ketimbang material kayu.

Saat ini, bangunan kabin banyak diaplikasikan sebagai bangunan-bangunan akomodasi. Baik dari guest house, villa, cottage, dan jenis-jenis ruangan akomodasi lainya.

Ketika difungsikan sebagai ruang akomodasi berbayar, maka biasanya bangunan tersebut dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan. Namun, tentu semua fasilitas yang ada dalam kabin disesuaikan dengan konsep yang diusung oleh pihak penyedia.

Tahap persiapan pembuatan rumah kabin

(Evox Television)

Bagi Pins yang tertarik untuk memiliki rumah dengan model kabin, maka ada beberapa poin yang perlu dipersiapkan dengan baik. Pada bagian ini, kami akan membagikan beberapa tahapan persiapan untuk pembuatannya. Selengkapnya, simak penjelasan berikut.

Mencari tanah untuk pembangunan

Jika ingin membangun sebuah bangunan kabin yang hampir mirip dengan bangunan di tempat asalnya, maka carilah tanah di area yang ditumbuhi banyak pepohonan. Lokasinya juga tidak melulu harus di tengah hutan, namun ada baiknya lokasi yang dipilih adalah area dengan suhu dingin.

Mendapatkan tanah yang memiliki pemandangan bagus adalah sebuah keberuntungan yang terbaik. Jadi, ketika rumah kabin telah berdiri, Pins dapat menikmati pemandangan yang mempesona dari area rumah.

Menentukan perhitungan anggaran pembangunan

Anggaran merupakan satu aspek kunci ketika Pins hendak membangun rumah kabin. Terlebih untuk bangunan yang nantinya akan didirikan di sekitar hutan. Hal-hal yang perlu dikalkulasi antara lain:

  • Anggaran untuk pembuatan rancangan rumah.
  • Pembelian material yang akan digunakan.
  • Pengangkutan material ke lokasi.
  • Upah pekerja konstruksi.
  • Pembuatan fasilitas vital untuk bangunan. Fasilitas-fasilitas yang dimaksud seperti septictank dan sanitasi, penggalian untuk beberapa keperluan, pembuatan saluran pipa air, saluran energi listrik (opsional) dan lain-lain.
  • Dana untuk menangani dampak dan isu-isu yang akan ditimbulkan atas berdirinya bangunan.

Tipe-tipe konstruksi rumah kabin

Pada bagian ini, kami akan menjelaskan beberapa tipe konstruksi rumah kabin yang ada. Beberapa tipe yang dimaksud antara lain adalah log sliding, milled log, wood siding, stick built, serta timber cabin.

Log sliding

(Log Cabin)

Kayu gelondongan (log) merupakan bahan utama pembuatan kabin tradisional. Nantinya, kayu gelondongan tersebut akan dipotong di dua bagian ujungnya. Potongan tersebut nantinya menjadi tumpuan untuk menyusun gelondongan kayu.

Meskipun terlihat sederhana, pembuatan bangunan ini membutuhkan biaya yang mahal. Hal tersebut dikarenakan harga kayu gelondongan tidaklah murah, mengingat kayu gelondongan yang dipakai adalah kayu gelondongan besar. Apalagi kayu yang dipakai termasuk jenis kayu solid.

Milled log

(Loghome)

Konstruksi jenis ini masih menggunakan kayu gelondongan sebagai material utamanya. Namun pengolahan kayu gelondongan sedikit berbeda dengan tipe log sliding.

Kayu-kayu gelondongan yang akan menjadi bahan bangunan akan dipotong presisi dengan bentuk dan ukuran yang serupa. Dengan potongan-potongan yang lebih kecil, bangunan ini akan memakan dana yang lebih sedikit ketimbang jenis log sliding. Selain itu, penyusunan kayu-kayu gelondong berukuran kecil tersebut bisa menjadi fitur insulasi untuk dinding rumah yang dibangun.

Wood siding

(Buffalo Lumber)

Wood siding menjadi konsep konstruksi rumah kabin yang terbilang ekonomis. Hal ini dikarenakan kayu yang dipakai adalah kayu-kayu panjang non gelondongan. Selain bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat bangunan baru, kayu-kayu untuk pembangunan wood siding bisa digunakan sebagai material renovasi rumah berbahan kayu gelondongan.

Stick built

(Zook Cabin)

Bahan yang dipakai untuk membangun rumah kabin jenis ini adalah kayu-kayu panjang. Kabin jenis ini biasanya merupakan jenis yang cocok untuk memenuhi kebutuhan banyak jenis gaya hidup. Dari rumah pertanian, rumah di area pesisir, hingga rumah-rumah untuk di daerah pegunungan.

Timber cabin

(Cabin Life)

Konstruksi jenis ini mempunyai struktur rangka berupa tiang-tiang besar dan balok-balok yang terkunci oleh pasak. Dengan sistem struktur semacam ini, timber cabin merupakan salah satu struktur yang mempunyai ketahanan baik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.