Kamus Istilah Properti

Koefisien Lantai Bangunan (KLB)

istilah properti

Koefisien Lantai Bangunan (KLB)

Apa itu KLB?

KLB adalah singkatan dari Koefisien Lantai Bangunan. KLB punya arti sebagai persentase perbandingan antara jumlah seluruh luas lantai bangunan yang bisa dibangun dengan luas lahan yang ada. Nilai dari KLB nantinya yang menentukan seberapa luas lantai dalam bangunan yang boleh untuk dibangun. Dengan kata lain KLB adalah nilai aman untuk lantai sebuah bangun yang boleh untuk dibangun.

Fungsi dari KLB

Koefisien Lantai Bangunan atau KLB ini berguna untuk mengontrol tata ruang kota, sehingga akan tercipta bangunan atau ruang yang nyaman untuk ditempati. Lalu, aturan KLB ini juga merupakan usaha dalam mengendalikan tata ruang yang dilakukan pemerintah dalam rangka mengatur kepadatan penduduk serta meminimalisir kemacetan.

Hal Lain yang Diperhitungkan dalam KLB

KLB itu melulu menghitung mengenai luas lantai atau jumlah lantai pada suatu bangunan. Namun, ada hal-hal lain menarik lainnya lho yang diperhitungkan dalam KLB:

  • Overstek akses balkon.
  • Overstek (tritisan) yang memiliki lebar lebih dari 1,5 meter.
  • Luas lantai parkiran serta sirkulasi udaranya, jika luasnya lebih dari 50%.

Cara Menghitung dengan KLB

Rumus dasar menghitung KLB adalah luas seluruh lantai dibagi dengan luas lahan.

Saat Pins mempunyai lahan dengan luas 200 m2 dan lahan tersebut ada di daerah dengan zona yang punya nilai KLB 1,2. Maka artinya luas seluruh lantai yang boleh untuk dibangun adalah

Luas lantai = Luas lahan x KLB

Luas lantai = 200 m2 x 1,2 = 240 m

Sehingga luas lantai seluruhnya adalah 240 m2.

Pins dapat membaginya menjadi 2 lantai yang masing-masing luas maksimalnya adalah 120 m2.

Jadi jika suatu daerah nilai KLB-nya 0. Maka artinya daerah tersebut tidak untuk dibangun oleh suatu bangunan, melainkan khusus untuk taman atau ruang terbuka hijau.

Sanksi Terkait KLB

Terkadang tidak semua orang mematuhi aturan terkait KLB ini. Jika peraturan tersebut dilanggar, maka ada lho sanksi yang menjerat oknum tersebut. Sanksi yang didapatkan dapat berupa surat penarikan izin bangunan hingga pembongkaran bangunan jika pelanggarannya bersifat berat.

Itulah beberapa informasi mengenai KLB atau Koefisien Lantai Bangunan yang harus Pins ketahui. Semoga berguna ya!