Kamus Istilah Properti

Tata Kota

istilah properti

Tata Kota

Tata kota adalah pola penataan perencanaan yang terorganisir untuk sebuah kota dalam membangun sarana dan prasarananya. 

Apa Itu Tata Kota?

Tata Kota
(PxHere)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tata kota adalah pola penataan atau perencanaan yang terorganisasi untuk sebuah kota dalam membangun sarana dan prasarannya. Misalnya saja seperti jalan, taman, tempat usaha, dan tempat tinggal. 

Dengan adanya penataan kota yang jelas, harapannya kota tersebut akan tampak apik, nyaman, indah, berlingkungan sehat, serta dapat terarah perluasannya di masa depan. 

Istilah penataan kota ini juga disebut dengan tata ruang kota. Jika dibandingkan dengan ruang pedesaan, ruang kota jauh lebih kompleks karena perlu direncanakan dengan baik. 

Pembagian Kawasan dalam Bidang Pengelolaan Kota 

Tata Kota
(Pixabay)

Dalam perencanaan dan penataan sebuah kota, umumnya diberlakukan zona atau pembagian kawasan agar daerah tersebut lebih rapi. 

Berikut ini ada beberapa kawasan atau zona di wilayah perkotaan. 

  • Perumahan dan permukiman warga 
  • Kawasan perdagangan dan jasa
  • Kawasan industri
  • Kawasan atau area pendidikan
  • Daerah perkantoran dan jasa 
  • Terminal atau stasiun kota
  • Area wisata dan taman rekreasi 
  • Daerah pertanian dan perkebunan
  • Tempat pemakaman umum 
  • Tempat pembuangan sampah atau limbah 

Hal-hal yang Dimuat dalam Penataan Kota

Tata Kota
(Pixabay)

Tata kota mengatur segala perencaan pembangunan di suatu kota atau kabupaten. Dalam perencanaan tersebut umumnya terdapat beberapa muatan yang wajib dimasukkan. 

Berdasarkan Peraturan Mendi atau PERMEN Pekerjaan Umum Nomor 17 Tahun 2009, muatan rencana tata kota harus meliputi tujuan, kebijakan, dan strategi penataan ruang wilayah kota atau penataan kota. Selanjutnya, adalah rencana struktur ruang wilayah kota dan rencana pola ruang wilayah kota. 

Lalu, ada pula penetapan kawasan strategis kota serta arahan pemanfaat ruang wilayah kota. Terakhir, yakni ketentuan pengendalian dan pemanfaat ruang wilayah kota. 

Semua aspek tersebut harus masuk di perencanaan tata kota yang sedang dibuat. Dengan begitu, semuanya akan jelas dan tergambar dengan baik. 

Fungsi dan Manfaat Penataan Kota

Tata Kota
(Pixabay)

Tata kota tak dibuat tanpa alasan. Justru, hal ini sengaja dibuat untuk memenuhi fungsi dan tujuan khusus. Salah satunya yakni mengurangi kesemrawutan kawasan akibat kawasan kumuh yang tak tertata. Sebab, meski tak berdampak langsung namun hal tersebut bisa mempengaruhi sistem transportasi atau layanan lainnya. 

Berikut ini ialah fungsi dari tata kelola itu sendiri:

  • Acuan dalam pemanfaat ruang atau pengembangan wilayah di kota maupun kabupaten. 
  • Acuan untuk mewujudkan keseimbangan pembangunan di dalam wilayah kota atau kabupaten. 
  • Acuan penyusunan rencana pembangunan jangka panjang serta jangka menengah di kota atau kabupaten. 
  • Acuan lokasi investasi di wilayah kota dan kabupaten yang dilakukan oleh pemerintaj, masyarakat, lembaga, atau pihak swasta. 
  • Pedoman untuk menyusun rencana rinci tata ruang di wilayah kota atau kabupaten.  
  • Terakhit, aduan dalam pengaturan administrasi pertahanan.

Dari fungsi tersebut, tata kota diharapkan mampu mendatangkan beberapa manfaat berikut:

  • Mewujudkan keterpaduan pembangunan di dalam wilayah kota atau kabupaten. 
  • Mewujudkan keserasian pembangunan di wilayah kota dan kabupaten, serta kawasan di sekitarnya.
  • Menjamin terwujudnya tata ruang wilayah di kota atau kabupaten agar makin berkualitas. 

Manfaat Penataan Kota bagi Pencari atau Investor Properti 

(Piixabay)

Bagi Pins sedang berencana mencari atau membangun properti, rencana tata kota juga bermanfaat untukmu. Kamu dapat mengetahui penataan dan pengelolaan di daerah yang ditaksir. Misalnya saja, kawasan permukiman yang sedang dibangun untuk menjadi area smart city yang makin kekinian. 

Dengan mengetahui rencana tata kota, maka bisa dibilang area yang kamu taksir akan jauh lebih menguntungkan. Baik untuk tempat tinggal maupun investasi. Namun perlu diingat bahwa pembangunan permukiman juga harus disesuaikan dengan tata bangunan. Jadi, lebih baik pelajari lalu terapkan tata bangunan dengan tepat agar terlihat serasi dengan lingkungan sekitar. 

Cara Mengetahui Perencanaan Sebuah Kota di Suatu Wilayah 

(Pixabay)

Seorang investor properti agaknya perlu mengetahui perencanaan tata letak sebuah kota supaya mendatangkan manfaat. Lantas, bagaimana cara mengetahui perencaan tersebut?

Dalam laman resti Kementrian PUPR, mengenai Pedoman Penyusunan Rencana Penataan Ruang Wilayah Kota, proses penyusunan tata kota umumnya melalui beberapa proses. Mulai dari persiapan penyusunan, pengumpulan data, pengolahan, dan analisis data. 

Selanjutnya, dari data tersebut akan ditarik suatu rumusan konsep untuk menyusun rancangan peraturan daerah mengenai Rencana Penataan Ruang Wilayah Kota. 

Nah, informasi tersebut bisa Pins dapatkan dan akses melalui laman SIFATARU atau Sistem Informasi Tata Ruang Nasinal. Dalam laman tersebut, kamu dapat menemukan rencana tata ruang di setiap kota maupun provinsi di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, tak menutup kemungkinan juga untuk mengetahui rencana pembangunan di RT atau RW tertentu. 

Umumnya, penataan kota di daerah juga berhubungan erat dengan Rencana Detail Tata Ruang atau RDTR. RDTR sendiri ialah rencana rinci mengenai penataan ruang wilayah kota atau kabupaten yang dilengkapi dengan zonasi. 

Nanti RDTR ini dapat kamu manfaatkan untuk mengetahui keterkaitan kegiatan-kegiatan di kawasan tertentu supaya tercipta situasi yang nyaman. 

Bagaimana, sudah ada gambaran bukan? Walau terkesan kurang penting, nyatanya penataan kota juga mendatangkan manfaat bagi investor properti. Bahkan, kamu yang bukan investor properti pun akan merasakan manfaatnya.

Sebab, adanya rencana penataan kota, bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengetahui  gambaran lingkungan dan masa depan di wilayah yang kamu incar. Untuk itu, yuk coba cek-cek rencana tata kota di laman di atas sebelum memutuskan untuk membeli bangunan. Semoga hasilnya sesuai harapan, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko