Kamus Istilah Properti

Central Park

istilah properti

Central Park

Central park mempunyai definisi yang beragam, karena jika didefinisikan ke bahasa Indonesia maka artinya adalah taman atau hutan di tengah kota untuk penghijauan. Di sisi lain, Central Park juga berarti nama pusat perbelanjaan di Jakarta atau taman kota di Manhattan, New York. 

Mengenal Central Park

(Detik News)

Di pembahasan kali ini, kita akan mamaparkan secara spesifik mengenai taman atau hutan di tengah kota untuk mendefinisikan central park. Di area urban atau kota besar, umumnya telah dibangun banyak gedung pencakar langit yang berfungsi sebagai apartemen, kantor dan lain-lain. 

Gedung-gedung tersebut memiliki banyak dinding kaca yang mendominasi bangunan. Pada siang hari, pantulan cahaya matahari yang mengarah ke bumi akan dipantulkan oleh dinding kaca tersebut ke sekitar bangunan. Kondisi tersebut membuat suhu lebih panas. Inilah salah satu fenomena dari pemanasan global yang sering kita dengar. Untuk mencegah situasi tersebut biasanya pemerintah kota akan membangun central park atau taman kota untuk meredam suhu tinggi.

Taman kota biasanya dibangun di tengah kota yang lengkap dengan pepohonan rindang serta rumput hijau yang subur. Selain itu, penambahan kolam juga bisa menjadi salah satu alternatif menghias taman kota. 

Fungsi sebuah Central Park

(Jalan Bareng)

Pins, tidak hanya Manhattan yang memiliki central park atau taman kota, di beberapa kota di Jakarta juga terdapat taman kota misalnya Monas. Di sekitar area Monas ada pepohonan rindang yang lengkap dengan fasilitas seperti mushola, toilet, tempat duduk dan juga kursi permanen dari besi. Hal ini berfungsi sebagai pelengkap monas untuk menjadi fasilitas umum masyarakat. 

Taman kota umumnya menjadi public facility yang bisa digunakan untuk bersantai, berkumpul bersama teman dan juga sekadar untuk menikmati suasana yang rindang. Berikut ini ada beberapa fungsi lain taman kota yang perlu kamu ketahui.

Paru-paru sebuah kota

Seperti yang kita ketahui bahwa sebuah kota lebih cenderung mengalami polusi udara. Hal ini dikarenakan asap kendaraan dan limbah bangunan yang bermuara ke udara. Kondisi tersebut memicu tercemarnya udara sehingga memerlukan penyeimbang untuk menteralisir udara tercemar. Salah satu cara masif yang bisa dilakukan adalah dengan membangun central park atau taman kota. Area ini bisa menjadi penghasil oksigen karena ditanami pohon yang rimbun dan rindang.

Lahan penyerapan air

Di kota besar umumnya telah didominasi oleh aspal dan jalan beton. Situasi ini mengakibatkan genangan air hujan tidak bisa terserap dengan mudah. Akibat dari kondisi ini adalah kurangnya media atau lahan untuk menyerap air, ketika hal ini terjadi maka banjir di musim hujan tidak akan terelakkan. Oleh karena itu pembangunan central park bisa membendung terjadinya banjir karena ada lahan tanah yang bisa menyerap air hujan.

Menyeimbangkan ekosistem

Pins, ekosistem alam di sekitar kita tidak hanya manusia dan hewan saja ya. Tumbuh-tumbuhan pun masuk ke dalam lingkup ekosistem tersebut. Selain itu keberadaan taman kota akan memberikan rumah bagi hewan di sekitar seperti burung, serangga dan lain-lain. Bayangkan jika tidak ada serangga di sekitar taman, maka bunga tidak bisa bermekaran, karena serangga berperan dalam penyerbukan bunga. Maka dari itu, pembangunan taman atau hutan kota akan membuat ekosistem di sekitar akan menjadi lebih seimbang.

Keunggulan memiliki Central Park

(Medcom)

Pada dasarnya tidak semua kota memiliki hutan atau taman kota, sebab lokasi ini biasanya diperuntukkan untuk menyediakan lahan penyerap air. Di area kabupaten atau daerah yang kepadatannya lebih rendah, tentu masih banyak lahan kosong dengan jalan tanah sehingga area penyerap air masih tersedia. DI beberapa daerah pun terdapat alun-alun yang berfungsi sebagi area rekreasi murah. Berikut ini keunggulan memiliki central park atau taman kota.

Lokasi untuk olahraga

Central park atau taman kota bisa berfungsi sebagai lokasi olahraga. Di beberapa taman kota bahkan ada yang membangun jogging track untuk berlari. Lokasi ini tentu bisa dimanfaatkan untuk berolahraga.

Tempat bersantai di ruang publik

Apabila kamu sedang mencari tempat untuk bersantai, kamu bisa memanfaatkan taman kota atau central park sebagai area untuk duduk santai atau sekadar rebahan Pins. Kamu bisa melakukan hal ini sendiri atau mengajak rekan untuk menikmati sore hari di akhir pekan.

Area piknik

Keunggulan selanjutnya adalah area ini bisa dilakukan sebagai tempat piknik. Kamu bisa membawa karpet atau alas duduk lengkap dengan peralatan dan makanan untuk piknik. Tentunya ini bisa menjadi alternatif mengisi waktu libur selain berjalan-jalan ke mall.

Hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di Central Park

Seperti pada fasilitas umum lainnya, ada hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk menjaga fasilitas umum agar tetap berfungsi dengan baik. Ingat ya Pins, yang menggunakan fasilitas umum bukan hanya kamu namun semua orang, maka dari itu menjaga central park adalah hal yang harus dilakukan.

Hal yang boleh dilakukan di Central Park

Berikut ini beberapa hal yang boleh kamu lakukan di Central Park di antaranya adalah,

  • Menggunakan taman untuk melakukan kegiatan fisik dan bersantai.
  • Mengambil foto area taman.
  • Memanfaatkan area tersebut untuk kegiatan umum seperti pameran, namun tetap harus mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

Hal yang tidak boleh dilakukan di Central Park

Berikut ini beberap hal yang tidak boleh dilakukan di Central Park adalah sebagai berikut,

  • Membuang sampah sembarangan di area taman
  • Mencoret-coret fasilitas umum seperti kursi, lalu tembok, bahkan pohon di sekitar taman.
  • Buang air sembarangan, karena biasanya sudah disediakan toilet oleh pemerintah setempat.
  • Mengganggu privasi orang lain. 
  • Meludah sembarangan.
  • Melakukan tawuran atau mengadakan kegiatan tanpa izin pemerintah dan polisi setempat.

Nah Pins itulah informasi mengenai Central Park, semoga membantu kamu dalam memahami cara merawat Central Park ya! 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.