Kamus Istilah Properti

Plafon

istilah properti

Plafon

Plafon adalah bagian ruangan yang berada tepat di batas dinding dan atap dan berasal dari bahasa Belanda yaitu plafond yang artinya langit-langit. Kerap kali bagian ini juga disebut sebagai langit-langit, pagu, palas-palas, panggar, atau para-para.

Apa Itu Plafon? 

(armstrongceilings.com)

Bagian ini terdapat di dalam ruangan berupa permukaan interior yang menutupi lantai struktur atap di atas. 

Langit-langit memiliki beragam desain yang selain menjadi batas juga bisa mempercantik ruangan. 

Bahkan, pada bangunan bersejarah, langit-langit sering menjadi ciri khas sebuah bangunan. Langit-langit memiliki dekorasi unik seperti lukisan fresko, ubin mosaik dan lainnya. Salah satu bangunan yang terkenal karena plafonnya adalah Kapel Sistina karya Michelangelo.

Fungsi Langit-langit dalam Suatu Ruangan 

(9wood.com)

Dalam sebuah rumah, langit-langit menjadi salah satu elemen yang cukup penting. Ada beberapa fungsi langit-langit pada sebuah ruangan, berikut ini diantaranya:

  • Menjadi pembatas antara ruang atap dan ruang aktivitas di bawahnya.
  • Menahan kotoran dari bidang atap melalui celah-celah genteng. 
  • Mengurangi panas dari sinar matahari melalui bidang atap. 
  • Menjadikan ruangan lebih rapi sehingga sisa-sia konstruksi dan penutup atap, kabel-kabel, pipa mechanical, hingga kelistrikan tidak terlihat. 

Selain fungsi umum di atas, beberapa jenis langit-langit juga memiliki fungsi khusus. Misalnya pada ruangan rapat dan auditorium biasanya menggunakan plafon akustik. Fungsinya, langit-langit akustik mampu meredam suara secara maksimal.

Jenis Plafon

(taxexport.com)

Tak hanya sebagai penutup atap bagian dalam rumah, pemilihan jenis langit-langit dapat memperindah suasana interior rumah.

Saat ini ada berbagai jenis langit-langit rumah yang dapat dipilih. Berikut ini diantaranya: 

Menggunakan Bahan Gypsum

Bagi Pins yang mengusung hunian berkonsep minimalis, langit-langit jenis gypsum bisa dipilih. Terdiri dari berbagai macam model, seperti kubah atau bertingkat. 

Kelebihannya plafon gypsum yaitu harganya yang lebih murah dan mudah ditemukan. Sayangnya, langit-langit jenis ini memiliki daya serapnya yang tinggi terhadap air sehingga lebih mudah roboh jika sering terjadi kebocoran pada atap.

Eternit 

Plafon eternit dibuat menggunakan campuran bahan dasar semen dan bahan kain perca. Kelebihan langit-langit ini tahan terhadap api, tidak mudah lapuk meskipun terkena tetesan air, serta dapat memberikan kesan dingin pada ruangan di bawahnya. 

Namun, pemasangan langit-langit rumah eternit harus ekstra hati-hati sebab materialnya sangat ringkih dan mudah retak. Untuk tidak mengurangi nilai estetika, kamu bisa memasang lampu dengan nuansa dingin pada langit-langit rumah tersebut.

Menggunakan Triplek Berkualitas Baik

Jenis plafon selanjutnya yaitu plafon triplek. Umumnya, plafon triplek dijual dalam bentuk lembaran dengan berbagai macam ketebalan.

Model plafon triplek ini dapat diinstalasi menggunakan rangka kayu. Bobotnya yang ringan memudahkan dalam proses pemasangan. 

Sementara itu, kekurangan dari plafon rumah triplek ini tidak tahan terhadap api dan mudah mengalami kerusakan jika sering terkena air. 

Glass Fiber Reinforced Cement Board (GRC) 

Bahan Glass Fiber Reinforced Cement Board (GRC) tengah populer digunakan karena selain harganya cukup ekonomis, material ini pun tahan terhadap api maupun air.

Tak hanya itu, GRC juga cenderung lebih kuat daripada plafon rumah triplek. Untuk pemasangannya, plafon rumah GRC dapat diaplikasikan pada rangka besi maupun kayu.

Adapun kekurangan plafon rumah GRC ada pada proses instalasinya yang tergolong rumit sehingga memerlukan jasa tukang yang ahli agar hasilnya rapi.

Polyvinyl Chloride (PVC)

Dikenal sebagai bahan utama pembuatan pipa air, PVC juga turut digunakan sebagai material pembuatan plafon rumah. Plafon PVC memberikan sejumlah kelebihan, seperti bobotnya yang ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan, tahan terhadap api dan air, anti rayap.

Plafon PVC juga mempunyai tampilan yang stylish yang tersedia dalam berbagai macam warna untuk disesuaikan dengan konsep interior rumah. 

Namun, sayangnya harga langit-langit rumah PVC masih tergolong mahal dan tidak bisa dicat secara manual sehingga Pins harus memasang langit-langit baru jika ingin mengganti warna.

Metal

Jenis langit-langit metal memang belum populer dan jarang digunakan karena harga jualnya yang sangat mahal. Terdiri dari berbagai macam motif yang bisa disesuaikan dengan selera dan konsep interior rumah yang diusung. 

Adapun, langit-langit rumah metal memiliki sejumlah kelebihan, seperti tahan air, anti rayap, dan tahan lama.  

Akustik

Jenis plafon terakhir adalah akustik. Biasanya, jenis langit-langit akustik banyak dijumpai pada ruangan rapat, aula, hingga gedung pertunjukan. Fungsi utama plafon ini memang dapat meredam suara secara maksimal. 

Meski begitu, plafon akustik juga bisa digunakan sebagai langit-langit rumah, lho. Pemasangannya dapat dilakukan secara mudah pada rangka logam ataupun kayu karena bobotnya yang cenderung ringan. 

Namun, harga plafon rumah akustik ini cenderung mahal.  

Inspirasi Langit-langit untuk Rumah 

Saat ini, desain langit-langit rumah terdiri dari berbagai macam jenis yang bisa disesuaikan menurut konsep interior agar tampilannya tampak serasi, misalnya desain langit-langit rumah minimalis. 

Nah, sebagai inspirasi, yuk simak desain langit-langit untuk hunian ini. 

Langit-langit Sebagai Sumber Cahaya 

Plafon
(Pinterest)

Rumah minimalis selalu mengusung konsep yang simpel dan multifungsi. Di langit-langit rumah yang didominasi warna putih ini, plafonnya tidak hanya berfungsi sebagai penutup atap tetapi juga sebagai sumber cahaya.   

Kedua model langit-langit rumah ini dibuat dengan konsep hidden lighting di mana pencahayaan dibuat “tersembunyi” sehingga cahaya menyinari ruang dengan lebih lembut dan hangat.   

Polos Tanpa Ornamen 

Plafon
(Line Today)

Bagi Anda yang lebih menyukai tampilan polos tanpa ada ornamen, mungkin bisa mencontoh inspirasi langit-langit rumah yang satu ini. Bisa dibuat dari semen acian atau dari triplek, kemudian langit-langit dicat dengan cat warna putih.  

Untuk kamar anak, mungkin bisa ditambahkan sedikit elemen berupa lampu dan kipas yang menyatu di tengah ruang. Inspirasi ini membuat tampilan ruang terasa lebih tenang dan damai.

Penggunaan Unsur Kayu  

Plafon
(Courtina)

Material langit-langit tak sebatas semen acian saja. Anda bisa tambahkan balok-balok kayu agar langit-langit rumah Anda tampil beda. Seperti inspirasi langit-langit rumah di atas yang menambahkan beberapa balok kayu pada langit-langit untuk menciptakan kesan industrial di hunian. 

Jika ingin total, Anda bisa menggunakan material kayu tak hanya sebagian saja, tetapi ke seluruh langit-langit rumah, seperti contoh inspirasi kedua. Bahkan, tak hanya untuk langit-langit, material kayu juga digunakan di seluruh dindingnya.

Langit-langit dengan Bentuk Unik  

Plafon
(Dekoruma)

Inspirasi model langit-langit di hunian ini tak dikerjakan oleh orang biasa. Arsitek yang memiliki pengetahuan dalam mendesain rumah-lah yang membuat langit-langit dengan bentuk seperti ini. Agar tampil atraktif, langit-langit tak dibuat polos melainkan berupa potongan-potongan segitiga.

Sedangkan inspirasi rumah yang ini, pada plafon-nya ditambahkan lagi satu instalasi yang berguna untuk menerangi ruang. Bentuknya yang bergelombang menambah daya tarik pada langit-langit rumah.