Kamus Istilah Properti

MCK (Mandi, Cuci, Kakus)

istilah properti

MCK (Mandi, Cuci, Kakus)

MCK adalah singkatan dari Mandi, Cuci, dan Kakus sebagai salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan oleh beberapa keluarga.

Apa Itu MCK? 

mck
(Republika)

MCK singkatan dari Mandi, Cuci, Kakus yang merujuk pada sarana fasilitas umum yang digunakan bersama. MCK dimanfaatkan oleh beberapa keluarga di lokasi pemukiman cukup padat dan tingkat kemampuan terbilang ekonomi rendah untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air. 

Sebagai kegiatan yang menjadi kebutuhan manusia setiap harinya, MCK menjadi sarana yang sering dikunjungi. Untuk itu MCK umum harus memenuhi syarat utama yaitu tersedianya air bersih. 

Selain terletak pada pemukiman untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar, MCK juga bisa ditemukan di masjid, terminal dan stasiun. Di tempat wisata terutama yang membutuhkan bilasan air seperti kolam renang dan pantai, juga sering ditemukan MCK. 

Persyaratan Bangunan MCK

persyaratan mck umum
(Kabar Daerah Maluku Utara)

Mengingat fungsi fasilitas MCK yang penting, maka pembangunannya tak bisa dibuat asal. Bahkan, perencanaan pembangunan MCK umum  harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Standar ini perlu dipenuhi agar dapat menghasilkan sarana mandi, cuci, dan kakus yang berguna bagi masyarakat maupun orang yang akan memanfaatkannya. 

Berikut ini beberapa persyaratan dalam rencana pembangunan MCK umum, sebagaimana dikutip dari Buku Pedoman Tata Cara Perencanaan Bangunan MCK Umum dari Cipta Karya Kementerian PUPR:

Syarat Lokasi

Ketika hendak melaksanakan pembuatan fasilitas untuk Mandi, Cuci, dan Kakus, lokasi menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Syarat ini mencakup jarak dan kriteria lokasi agar dapat berfungsi dengan maksimal.

Jarak maksimal antara lokasi MCK umum dengan rumah penduduk yang dilayani adalah 100 meter. Selain itu, diusahakan lokasi daerah yang akan dibangun fasilitas mandi, cuci, dan kakus juga harus bebas banjir.

Kapasitas dan Banyak Ruang

Pada pembangunan MCK umum juga harus memperhatikan kapasitas dan banyaknya ruang. Di pemukiman hal utama yang harus diperhatikan yaitu jumlah warga yang memanfaatkan fasilitas ini. 

Utamakan, masing-masing ruangan harus dapat menampung pelayanan pada waktu sibuk, misalnya pagi dan sore hari di mana warga menggunakannya untuk mandi. Keperluan pria dan wanita juga harus dipisahkan. 

Sumber Air Bersih 

Terkait sumber air bersih sebenarnya tak berbeda jauh dengan toilet pada umumnya. Ketika akan membuat fasilitas MCK, ada beberapa sumber air bersih yang bisa dimanfaatkan yaitu Air PAM atau PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), air tanah yang dapat berupa sumur bor dan sumur gali, air hujan, dan mata air yang dilengkapi dengan bangunan penangkap air.

Sementara itu kuantitas air yang disesuaikan untuk kesatuan MCK adalah:

  • Minimal 20 Liter/orang/hari untuk ma ndi
  • Minimal 15 Liter/orang/hari untuk cuci
  • Minimal 10 Liter/orang/hari untuk kakus

Bahan Bangunan 

Kriteria bahan bangunan yang dapat dipergunakan untuk bangunan MCK umum antara lain:

  • Bahan bangunan setempat
  • Kemudahan penyediaan bahan bangunan
  • Mudah dilaksanakan
  • Dapat diterima oleh masyarakat pemakai

Pada bagian konstruksi, setiap MCK perlu dilengkapi dengan sistem plambing untuk pipa air bersih, pipa air Iimbah, perlengkapan drainase dan ven. 

Sarana dan Fasilitas di dalam MCK

Sarana dan Fasilitas di dalam MCK
(Donasi Online)

Mengingat fungsinya yang sangat penting, MCK harus memiliki sarana dan fasilitas yang mencukupi untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus. Berikut ini penjelasannya:

Syarat Sarana Kamar Mandi

Pada bagian kamar mandi dapat dilengkapi dengan atap, bak air dan pintu. Namun, di beberapa fasilitas MCK ada juga jalan masuk ke kamar mandi yang tidak dilengkapi dengan pintu. Jika demikian, desainnya perlu dibuat sedemikian rupa sehingga orang yang sedang mandi tidak terlihat langsung dari luar.

Adapun kriteria sarana fasilitas kamar mandi pada MCK adalah sebagai berikut: 

  • Luas lantai minimal 1,2 meter persegi dan dibuat tidak licin dengan kemiringan ke arah lubang tempat pembuangan kurang lebih 1 persen.
  • Terdapat dinding sebagai bagian pemisah antara ruang yang satu dengan yang lainnya.
  • Ukuran ukuran pintu memiliki lebar 0,6 – 0,8 meter dan tinggi minimal 1,6 meter.
  • Terdapat bak mandi atau bak penampung air yang digunakan untuk mandi dengan gayung.
  • Ventilasi dan pencahayaan harus mencukupi.
  • Memiliki sistem saluran atau tangki septik yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Syarat Sarana Tempat Cuci

Di bagian tempat cuci dapat dilengkapi dengan, atap dinding dan pintu, dengan persyaratan sebagai berikut:

  • Luas lantai minimal 2,40 meter persegi dan dibuat tidak licin dengan kemiringan ke arah lubang tempat pembuangan kurang lebih 1 persen.
  • Disediakan tempat menggilas pakaian dengan jongkok atau berdiri.  
  • Memiliki jumlah kran yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan.

Syarat Sarana Kakus

Kakus adalah tempat buang air atau jamban yang harus ada di fasilitas MCK. Persyaratan sarana kakus antara lain:

  • Luas lantai minimal 2,0 meter persegi dan dibuat tidak licin dengan kemiringan ke arah floor drain.
  • Jika dilengkapi dengan dinding, pintu, ventilasi dan penerangan maka ketentuan seperti yang tercarturn dalam fasilitas mandi. 
  • Terdapat kloset jongkok atau duduk.
  • Jumlah kran yang digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Ide Desain MCK

Fasilitas Mandi, Cuci, dan Kakus digunakan oleh banyak orang sehingga harus dibuat dengan memperhatikan kebutuhan penggunanya. Berikut ini desain MCK umum yang bisa digunakan:

MCK dengan Area Jemur di Bagian Atas

(Wikimedia)

Terletak di Desa Sheung Pai Tau, Sha Tin, Hong Kong, kamu akan menemukan salah satu fasilitas mandi, cuci, dan kakus yang digunakan oleh warga setempat. Bentuknya terlihat praktis karena memiliki di bagian atas.

Jika Pins tertarik, maka bisa mengadaptasinya sebagai ruang jemur sehingga tidak terlalu memakan tempat. 

Desain MCK Berdinding Bata Merah

(Arch Daily)

Desain satu ini merupakan proyek toilet umum di Sun Village yang terletak di jantung Pegunungan Dabie yang indah, di Kabupaten Huashan, China. Tak hanya memenuhi persyaratan fungsional, desain untuk mandi, cuci, dan kakus warga Sun Villages ini tetap mengedepankan estetika. 

Dinding bangunan terbuat dari bata merah yang merupakan bahan konstruksi paling umum di daerah pedesaan. Atap struktur kayu ditutupi dengan fiberglass, yang memungkinkan sinar matahari melewati ubin fiberglass tembus pandang, memberikan cahaya alami yang melimpah ke toilet. 

MCK Minimalis dan Modern 

(Arsitag)

Siapa bilang desain MCK umum tidak bisa dibuat dengan konsep modern? Ivana Dea Suntoso, sebagaimana dilansir dari Arsitag, berhasil menciptakan MCK untuk warga Desa Sasak, Mauk, Tangerang, dengan konsep minimalis dan modern.

Desain sarana mandi, cuci, dan kakus ini dibuat penuh warna dengan cap tangan pada tembok warna putih. Terlihat unik dan cantik, ya, Pins?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.