Kamus Istilah Properti

Hunian

istilah properti

Hunian

Hunian adalah tempat tinggal atau kediaman (yang dihuni).

Jenis-Jenis Hunian 

sumber: Unsplash

Hunian tempat tinggal memiliki beberapa jenis. Biasanya jenis-jenis inilah yang membuat konsumen bingung untuk menentukan jenis tempat tinggal apa yang cocok untuk ditempati. Beberapa jenis tempat tinggal yang dimaksud, antara lain :

1. Residence

Residence adalah hunian tempat tinggal minimalis dengan fasilitas yang cukup terbatas. Umumnya pada tempat tinggal residence dijual dengan harga yang rendah sehingga memudahkan orang-orang dengan ekonomi menengah kebawah untuk membeli tempat tinggal. Pada tempat tinggal residence bangunan rumah seragam satu dengan yang lainnya.

2. Townhouse

Townhouse merupakan komplek dengan jumlah unit rumah yang sangat sedikit. Umumnya townhouse hanya memiliki unit rumah berkisar 10-20 unit saja. Fasilitas yang ditawarkan pun tidak banyak.

3. Cluster (Klaster)

Cluster atau klaster adalah komplek dengan jumlah unit rumah yang sangat banyak dalam satu kawasan. Biasanya jenis tempat tinggal ini dibatasi oleh satu pintu keluar masuk. Pada tempat tinggal cluster memiliki jumlah unit rumah hingga ratusan unit. Satu cluster bisa terdapat sub-cluster yang di dalamnya terdapat puluhan rumah. Ukuran dan desain rumah pada jenis tempat tinggal ini pun berbeda-beda. Pada tempat tinggal jenis ini, fasilitas yang ditawarkan cukup banyak mulai dari taman, kolam renang, sarana olahraga, dan masih banyak lagi.

4. Kuldesak

Kuldesak adalah jenis hunian elit dengan luas lahan dan bangunan yang sangat luas. Pada jenis hunian ini, desain rumah dapat dibilang mewah. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup banyak dan dapat digunakan dengan sesukanya. Umumnya tempat tinggal kuldesak memiliki privasi yang cukup tinggi. Namun harga yang perlu Pins bayar untuk tempat tinggal jenis ini cukup mahal.

5. Apartemen

Apartemen kini telah menjadi pilihan banyak orang dalam problematika hunian. Apartement adalah gedung tempat tinggal bertingkat yang jumlah lantainya mencapai puluhan. Satu lantai apartemen terdiri dari banyak unit tempat tinggal. Fasilitas yang ditawarkan oleh tempat tinggal apartemen pun beragam, mulai dari kolam renang, sarana olahraga, hingga taman.

Bagaimana Hunian yang Aman dan Sehat?

hunian
sumber: Unsplash

Terkadang, karena sudah tergiur akan fasilitas dan arsitektur rumah, Pins lupa untuk mempertimbangkan apakah tempat tinggal yang akan Pins beli adalah hunian yang aman dan sehat. Namun seperti apa sih tempat tinggal yang aman dan sehat sehingga baik untuk dihuni? Berikut penjelasannya.

1. Air yang Bersih

Air merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Suatu air yang bersih menunjang kehidupan Pins seperti mencuci, mandi, dan memasak. Sehingga Pins perlu memastikan bahwa air pada calon tempat tinggal bersih dan aman.

2. Area Hijau

Selain air yang bersih, area hijau pada daerah hunian juga menjadi hal yang perlu Pins pertimbangkan sebelum membeli rumah. Ruang Terbuka Hijau (RTH) sangat baik untuk kenyamanan dan memberikan oksigen yang segar.

3. Sistem Pengolahan Limbah yang Baik

Hunian yang sehat tidak hanya dengan area hijau. Namun juga dengan sistem pengolahan limbah yang baik. Pastikan bahwa sistem pengolahan limbah tidak sembarangan dan dibuang atau dimusnahkan sesuai dengan aturan agar tidak membahayakan para penghuni unit.

Tips Mencari Tempat Tinggal Idaman

hunian
sumber: Unsplash

Mencari tempat tinggal idaman tidaklah mudah. Selain fasilitas tempat tinggal yang lengkap, Pins juga perlu menyesuaikan harga hunian dengan kondisi finansial Pins. Ini dia tips mencari hunian idaman dengan mudah :

1. Fasilitas Umum yang Mudah Diakses

Sebelum membeli suatu hunian, penting bagi Pins untuk memastikan bahwa calon tempat tinggal terletak di lokasi yang cukup strategis dengan fasilitas umum yang mudah diakses, seperti angkutan umum, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan. Karena dengan mudahnya akses fasilitas umum akan membuat Pins lebih hemat.

2. Keamanan

Tanyakan pada pihak ketiga (broker atau agen properti) atau pemilik properti mengenai keamanan tempat tinggal yang akan Pins beli. Keamanan adalah hal yang sangat penting untuk Pins pertimbangkan.

3. Bebas Banjir

Periksa apakah hunian yang akan Anda tempati bebas banjir atau tidak. Semakin bebas tempat tinggal terhadap banjir, maka semakin baik tempat tinggal tersebut.

Itulah informasi mengenai jenis-jenis tempat tinggal, ciri tempat tinggal aman dan sehat, serta tips mencari hunian yang tepat. Semoga bermanfaat!


Sedang mencari rumah impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.