Kamus Istilah Properti

Floor Drain

istilah properti

Floor Drain

Floor drain adalah sebuah saringan yang ditempatkan di lantai untuk keluarnya air. Biasanya dipasang pada area yang sering tergenang air.

Apa itu floor drain?

(Toto)

Bagian lantai yang terlalu lama tergenang air dapat digunakan sebagai tempat untuk bertelurnya serangga-serangga tertentu. Selain itu, area tersebut juga bisa berpotensi untuk menjadi sumber penyakit. Agar genangan tersebut teratasi, biasanya orang-orang memasang floor drain.

Floor drain adalah sebuah saringan yang ditempatkan di lantai untuk keluarnya air. Biasanya dipasang pada area yang sering tergenang air.

Di Indonesia, benda ini dikenal juga dengan nama avur lantai. Umumnya kita melihatnya terpasang pada lantai kamar mandi, area mencuci pakaian atau tempat wudhu.

Fungsi dari floor drain terbilang sulit tergantikan, terutama untuk bangunan-bangunan yang memerlukan sanitasi. Maka dari itu, kita umum untuk melihatnya ada di rumah, hotel, gedung perkantoran, mall, apartemen, rumah ibadah, dan lain-lain.

Bentuk saringan pada benda ini bukan hanya hiasan saja. Saringan tersebut dapat menjadi penghalang benda-benda selain air untuk masuk ke saluran pipa sanitasi. Karena, apabila ada benda yang masuk selain air atau benda-benda yang memang dibuang untuk sanitasi, maka saluran tersebut bisa mampet.

Fungsi-fungsi floor drain

(Unidrain)

Utamanya, floor drain adalah benda yang digunakan untuk menghilangkan atau menyusutkan air yang tergenang di suatu area. Akan tetapi, ada juga beberapa fungsi lain dari benda ini. Fungsi-fungsi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Saringan pada benda ini akan memisahkan barang-barang yang tidak layak masuk ke dalam pipa sanitasi. Benda-benda yang dimaksud antara lain adalah rambut, sampah, dan lain-lain.
  • Dengan adanya saringan tersebut, mampetnya pipa sanitasi bisa dicegah. Maka dari itu, area pemasangan benda ini tidak akan tergenangi oleh air.

Model-model floor drain

(Baseboard)

Di pasaran, kita dapat menemukan beberapa macam model floor drain. Bentuk yang paling umum kita temukan adalah persegi, baik saringannya berbentuk lingkaran maupun kotak. Selain itu, ada juga model floor drain seperti avid lantai untuk shower dan baseboard. Masing-masing model tersebut akan dipaparkan lebih banyak pada pembahasan di bawah ini.

Persegi

Avid lantai berbentuk persegi merupakan salah satu model yang paling populer dipakai di Indonesia. Ketika diterapkan, saringan untuk avid lantai model ini akan menampung banyak kotoran. Kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk di bagian saringan. Jadi, kamu harus membersihkannya secara berkala.

Kamu bisa menemukan beberapa macam model saringan dari avid lantai ini. Akan tetapi, yang paling standar ditemui adalah saringan berbentuk lingkaran dan saringan berbentuk persegi.

Avid lantai untuk shower

Avid lantai yang satu ini biasanya dapat kamu temui di kamar mandi hotel atau kamar mandi gedung olahraga. Umumnya, avid lantai ini berbentuk persegi panjang.

Dalam setahun, avid lantai ini perlu dibersihkan beberapa kali. Hal ini dikarenakan pada bagian bawah saringannya akan menumpuk rambut-rambut manusia yang menggunakan shower.

Baseboard

Drainase baseboard mungkin cukup jarang ditemui di Indonesia. Secara umum, drainase ini biasanya diterapkan pada area-area eksterior bangunan yang sering tergenang air.

Nantinya, air yang tergenang di area pemasangan drainase ini akan masuk ke dalam pipa baseboard. Pemasangan drainase ini tidak memerlukan pengangkatan lantai. Kita hanya perlu merekatkannya di area lantai dan menyambungkannya dengan saluran drainase.

Cara memilih

(Kohler)

Setiap area yang tergenang air tentu memiliki perbedaan kondisi. Agar tidak salah memilih, kami akan membagikan beberapa tips yang bisa dipakai untuk menentukan mana floor drain yang sesuai dengan keperluanmu.

Ketahui kondisi area

Pertama, kamu harus mengetahui kondisi area pemasangan floor drain. Apakah area ini membutuhkan avid lantai yang estetik, atau mungkin hanya butuh avid lantai standar. Cocokkan pula warna dan bentuk avid lantai yang hendak kamu beli dengan konsep estetika pada area pemasangan.

Memilih berdasarkan model

Seperti yang dipaparkan di bagian sebelumnya, ada tiga model yang dapat kita temui ketika mencari avid lantai di pasaran.

Sesuaikan model avid lantai dengan kebutuhan area. Jika avid lantai tersebut akan diterapkan pada area yang sering tergenang air dengan volume besar, ada baiknya mempertimbangkan floor drain yang mempunyai kapasitas serap yang besar.

Pastikan saringan floor drain mudah dibuka

Di pasaran, ada banyak macam produk avid lantai dengan berbagai bentuk saringan. Ketika sudah mendapatkan model yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan area pemasangan, periksalah sistem buka tutup saringan benda ini.

Saringan yang mudah dibuka dan ditutup akan memudahkan kita nantinya ketika melakukan pembersihan. Avid lantai yang saringannya tidak dapat dibuka kemungkinan besar nantinya akan menyebabkan bau, kotor, atau sumbatan.

Avid lantai stainless atau plastik?

(Homeguru)

Di pasaran, kamu akan menemukan banyak menemukan produk-produk floor drain. Dari semua produk yang ada, avid lantai berbahan stainless dan plastik yang akan mendominasi. Dua bahan tersebut memiliki perbedaan dalam segi ketahanan dan harga.

Jika ingin memiliki avid lantai yang awet, maka jatuhkan pilihanmu ke produk berbahan stainless. Sementara itu, apabila ingin mencari avid lantai yang ekonomis, pilihan yang paling tepat adalah produk dari bahan plastik.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.