Kamus Istilah Properti

Virtual Account 

istilah properti

Virtual Account 

Virtual account adalah nomor identifikasi pelanggan atau akun pembayaran yang dibuat khusus untuk setiap penggunanya. Akun ini memiliki nomor ID pelanggan yang dibuat oleh bank.

Manfaat

(Shutterstock)

Virtual account adalah metode pembayaran otomatis lewat akun yang dibuat khusus untuk setiap transaksi pelanggan. Nomor ID ini unik dan berbeda agar dapat diidentifikasi secara otomatis.

Keunggulannya adalah lebih praktis dan cepat tanpa perlu melakukan konfirmasi pembayaran melalui pengiriman bukti transfer.  Ada pula manfaat virtual account lainnya adalah sebagai berikut :

Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran

Keunggulan dari virtual account adalah tidak perlu menyimpan bukti atau melakukan konfirmasi pembayaran. Ketika sudah dilakukan pembayaran melalui virtual account maka otomatis dideteksi oleh bank tanpa menunjukkan bukti pembayaran.

Melayani Berbagai Transaksi

Fasilitas pembayaran otomatis ini juga mampu melayani berbagai jenis transaksi. Tidak hanya pembelian produk namun juga pembayaran tagihan. Virtual account kini tersedia di berbagai aplikasi dan marketplace.

Dapat Dilakukan Dimanapun & Kapanpun

Virtual account (VA) menawarkan fleksibilitas transaksi. Adanya VA mendukung transaksi dimanapun dan kapanpun bahkan 24 jam non stop. Metode pembayarannya bisa melalui m-banking atau via ATM.

Birokrasi Lebih Singkat

Birokrasinya lebih singkat dan tidak memerlukan waktu lama. Pengguna VA tidak perlu mengantri sebelum bisa bertransaksi. 

Lebih Aman

Selain lebih praktis, VA juga lebih aman dibandingkan transaksi manual. Nomor unik VA cenderung diatur kadaluarsa agar transaksi lebih cepat diselesaikan. Hal ini dapat mencegah penyalahgunaan nomor VA oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Jenis Virtual Account

Secara umum jenis VA dibagi menjadi dua. Jenis virtual account yang dimaksud adalah fixed virtual account dan non-fixed virtual account. Fixed virtual account ditentukan oleh pelanggan.

Contohnya saja aplikasi e-wallet yang memakai nomor ponsel sebagai nomor ID. Nomor e-wallet lebih mudah dihafal dan pengguna dapat melakukan pembayaran secara berulang tanpa harus memasukan nomor ID setiap transaksi.

Non-fixed virtual account ditentukan secara acak dan hanya bisa digunakan pada satu kali transaksi saja. Misalnya ingin melakukan pembayaran lewat VA pada e-commerce. Nomor ID ini tidak dapat digunakan kembali untuk transaksi lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Gym Center?

Fitur Akun Virtual

(Pexels)

Peran virtual account adalah memberikan metode pembayaran praktis, aman dan mudah. Fitur akun virtual sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :

Fixed VS Non-Fixed

Fixed VA dikaitkan pada entitas yakni pembeli akhir. Sementara non-fixed VA terkait suatu invoice.

Open VS Closed

Open VA mampu menerima dalam jumlah nominal tanpa batas. Sedangkan closed VA hanya menerima jumlah pembayaran dalam nominal yang spesifik.

Single VS Multiple Use

Single use VA dipakai hanya untuk satu kali transaksi. Multiple use account digunakan untuk beberapa kali transaksi selama akun masih berlaku. Fitur ini sendiri hanya ada pada fixed VA. Single use hanya memakai jenis non-fixed VA.

Masa Berlaku

Ada masa berlaku atau tanggal kadaluarsa pada VA. apabila sudah kadaluarsa maka VA tidak dapat melakukan pembayaran memakai akun tersebut lagi. Durasi kadaluarsa ada dalam hitungan jam maupun hari.

Cara Kerja

Cara kerja virtual account adalah penjual memberikan nomor ID sebagai nomor tujuan transfer bagi pelanggan. Nomor virtual account ini terkait langsung dengan pelanggan.

Metode pembayaran VA dapat dilakukan melalui aplikasi m-banking. Jenis pembayaran VA biasanya berada di menu non-transfer atau pembayaran lain. Kode pembayaran dapat disalin dan dimasukan dalam proses pembayaran via VA.

Setelah pembayaran diterima maka informasi akan dikirim ke penjual. Penjual dapat langsung mengidentifikasi / verifikasi pembayaran pembeli. Berbeda dengan pembayaran memakai transfer bank secara manual yang perlu konfirmasi bukti transfer dulu.

Metode Pembayaran

Tiap provider VA memiliki alur pembayaran yang berbeda-beda. Apabila menggunakan pembayaran via ATM maka bisa langsung memilih menu virtual account.

Masukan nomor VA dan jumlah tagihan yang dibayarkan. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran akan muncul rincian tagihan beserta nama dan nomor VA. Usai pembayaran mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti transfer.

Jika melakukan pembayaran transaksi melalui internet banking melalui VA umumnya melalui menu pembayaran tagihan lain. Langkah-langkahnya tak jauh berbeda dengan ATM.

Bila melakukan pembayaran VA melalui e-commerce atau marketplace dapat disesuaikan dengan jenis bank yang dipakai. Setiap VA berbeda kodenya sesuai jenis bank yang dipilih.

Perbedaan Virtual Account & Rekening Biasa

Virtual account memiliki kombinasi angka atau angka dan huruf yang unik. Sementara rekening biasa hanya terdiri dari angka saja. Selain itu ada perbedaan yang mencolok dari kedua akun ini.

Pelayanan

Untuk VA umumnya dilakukan secara self service berbeda dengan rekening biasa yang dilayani oleh teller. Cara kerja VA ialah membuat kode unik secara otomatis. Sementara ketika membuat akun bank umumnya harus ke bank untuk menyelesaikan transaksi.

Penggunaan Internet

Bila memakai VA bisa mengandalkan internet sehingga penggunanya tidak perlu keluar rumah / kantor. Sementara rekening bank mengandalkan dua cara yakni terima/ setor tunai via teller atau ATM.

Pencatatan Transaksi

Bila melakukan pembayaran melalui VA bisa langsung otomatis tahu siapa pengirimnya karena didukung kode unik. Berbeda dengan rekening bisnis yang perlu konfirmasi terlebih dulu.

Alur Transaksi

Informasi alur transaksi VA disediakan lengkap dan jelas. Hal ini memudahkan pembayaran walau ditangani sendiri.

Virtual account adalah salah satu metode pembayaran yang praktis dan mudah. Selain itu aman dilakukan dan tidak perlu konfirmasi pembayaran.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.