Kamus Istilah Properti

Fasilitas Pendidikan

istilah properti

Fasilitas Pendidikan

Fasilitas pendidikan adalah sarana di dalam komplek perumahan untuk menjangkau akses edukasi supaya memudahkan penghuninya.

Apa Itu Sarana Pendidikan?

Fasilitas Pendidikan
(Pintek)

Fasilitas pendidikan adalah sarana di dalam komplek perumahan untuk menjangkau akses edukasi supaya memudahkan penghuninya.

Artinya, fasilitas edukasi menjadi salah satu sarana penunjang yang cukup penting di kawasan hunian. Masyarakat semakin dipermudah dalam memberikan sarana pendidikan yang terbaik bagi anggota keluarganya. 

Adapun beberapa fasilitas pendidikan yang harus ada di sebuah kawasan perumahan, diantaranya:

  • Taman Kanak-kanak Adalah fasilitas pendidikan yang paling dasar yang diperuntukkan untuk anak- anak usia 5-6 tahun. Biasanya terdiri dari dua kelas masing-masing dapat menampung 35-40 murid dan dilengkapi dengan ruang-ruang lainnya.
  • Sekolah Dasar ditujukan untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Biasanya terdiri dari 6 ruang kelas yang masing-masing dapat menampung 40 murid dilengkapi dengan ruang-ruang lainnya.
  • Sekolah Menengah Pertama untuk menampung lulusan SD. Biasanya terdiri dari 6 ruang kelas yang masing-masing dapat menampung 30 murid dan dipakai pagi dan sore. 
  • Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk menampung lulusan SMP. Biasanya terdiri dari 6 ruang kelas yang masing-masing dapat menampung 30 murid.

Selain sekolah, beberapa perumahan juga berada dekat dengan universitas. 

Manfaat Sarana Edukasi di Area Perumahan 

Fasilitas Pendidikan
(iStock)

Memiliki hunian yang memiliki fasilitas pendidikan punya banyak manfaat. Berikut ini diantaranya:

Memudahkan Penghuni Mendapatkan Akses Pendidikan   

Akses pendidikan yang baik akan membuat orang tua menjadi lebih tenang dan nyaman. Pins tak perlu kesulitan mencari sekolah atau universitas karena bisa memilih yang paling dekat dengan rumah.

Hal ini pun tentu akan memangkas biaya dan menghemat waktu karena lokasinya mudah dijangkau dari perumahan. 

Citra Perumahan Menjadi Lebih Baik 

Hadirnya fasilitas pendidikan di sekitar perumahan akan meningkatkan citra perumahan dan lembaga edukasi itu sendiri.

Nantinya akan banyak para pendatang maupun pelajar atau mahasiswa dari luar kota yang lebih memilih lokasi hunian di perumahan tersebut. Hal ini tentu saja karena lokasinya yang strategis dan dekat dengan fasilitas edukasi dan aksesnya yang mudah dilalui.

Nilai Investasi yang Tinggi  

Mudahnya akses dan fasilitas edukasi di perumahan akan membuat nilai investasi rumah tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Terlebih lagi jika lokasi perumahan tersebut ada di sekitar universitas dan sekolah yang berkualitas. Bahkan, Pins bisa menyewakan rumah yang dimiliki kepada para mahasiswa yang berasal dari luar kota.  

Membantu Meningkatkan Perekonomian  

Manfaat dan pentingnya sarana dan fasilitas pendidikan di dekat hunian juga akan mampu meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. 

Misalnya saja, masyarakat hunian dapat membuka fasilitas lainnya yang mendukung seperti membuka rumah makan atau kafe. 

Contoh Perumahan Pilihan yang Dekat dengan Fasilitas Edukasi

Di Indonesia, ada banyak perumahan yang berada di dekat fasilitas pendidikan. Selain itu, ada juga perumahan yang sengaja menghadirkan fasilitas edukasi di dalam perumahannya.

Adapun sejumlah perumahan yang menghadirkan sarana pendidikan antara lain:

Vida Bekasi 

(vidabekasi.com)

Vida adalah salah satu perumahan yang berada di Narogong Raya Bekasi. Perumahan yang mengusung konsep Urbanisme Tropis ini memiliki fasiliitas pendidikan berkualitas yaitu Binus School. 

Kehadiran Binus School Bekasi bertujuan untuk memberikan pendidikan kelas dunia bagi warga Vida Bekasi dan masyarakat Bekasi pada umumnya. Kompleks sekolah dibangun di atas lahan seluas dua hektar dengan konsep green living. 

Samira Residence 

(99.co)

Perumahan dengan konsep smart-green development Samara Residence, berlokasi di Sentul, Jawa Barat. Samira Residence yang dekat sekolah Pelita Harapan, BPK Penabur, Tarumanagara, Universitas Trisakti.  

Selain itu, konsep hijau yang diusung oleh Samira Residence Sentul terlihat pada desain arsitektur setiap unitnya yang memiliki langit-langit tinggi dan ruang yang lapang. 

Sementara konsep smart diterapkan pada instalasi fitur smart home system di setiap rumah, memudahkan Anda mengatur berbagai perangkat rumah.

Green Baraka Town House 

Fasilitas Pendidikan
(gloopla.com)

Selanjutnya perumahan Green Baraka Town House yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur. Dekat fasilitas edukasi Andalusia, Cikal Amri, Korea School, dan SMA Unggulan MH.Thamrin. 

Perumahan ini juga berada dekat fasilitas kesehatan seperti RS Adhyaksa, Puskesmas Cipayung, RS. Mitra Keluarga, dan RS. Melia. 

Citra Maja Raya 

Fasilitas Pendidikan
(CNBC)

Citra Maja Raya sebagai hunian terbaik dari Ciputra juga memiliki fasilitas pendidikan terbaik yang mudah dijangkau. Salah satunya adalah keberadaan Sekolah Mutiara Bangsa. 

Selain itu, di Citra Maja Raya juga akan dibangun sekolah lainnya, yakni Sekolah Islamic Village. 

Cluster Pine Tree

(Citrarayatangerang.com)

Cluster Pine Tree adalah perumahan buatan Ciputra Group dan Mitsui Fudosan Residential. Beberapa keunggulan yang bisa Pins dapatkan di sini adalah yang pertama adalah konsepnya yang modern dan minimalis. 

Kemudian, rumah yang ada di desain dengan konsep yang ramah lingkungan dan berada di kawasan terpadu. Selain itu, dilihat dari fasilitas pendidikan cluster ini sangat tepat karena sudah terintegrasi dengan fasilitas pendidikan terbaik. Salah satunya dengan adanya Universitas Esa Unggul yang akan membangun kampus baru di sekitar lokasi perumahan ini.