Kamus Istilah Properti

Sunroom

istilah properti

Sunroom

Sunroom adalah ruang semi indoor dengan sinar matahari melimpah dan pemandangan lanskap.

Apa Itu Sunroom?

sunroom
(The Spruce)

Saat ini sunroom menjadi salah satu ruangan yang dihadirkan pada rumah-rumah modern. Kerap kali, ruangan ini menjadi daya tarik utama di dalam sebuah hunian. Arti sunroom adalah ruang berjemur, tetapi bukan mengartikan menjadi ruangan untuk menjemur pakaian, ya, Pins! 

Sunroom merujuk pada ruang semi indoor dengan sinar matahari melimpah dan pemandangan lanskap dari luar rumah. Pemilik rumah bisa menghadirkan sunrooms di berbagai ruangan, seperti di depan, bagian samping, bahkan di area belakang rumah. 

Kesan semi indoor yang dihadirkan dari sunroom karena adanya atap transparan disertai dengan dinding pembatas yang dapat melindungi penghuni dari cuaca. Struktur ruangan ini dikelilingi oleh kaca dengan bukaan yang dapat dibuka atau ditutup tergantung pada pilihan penghuni. 

Jika diletakan di teras, sunroom biasanya dibiarkan setengah terbuka dengan dilengkapi jendela berukuran besar di sekitarnya. Lantaran terbuat dari material transparan, membuat cahaya alami dari sinar matahari bisa masuk. 

Ruangan ini bisa membuat rumah menjadi lebih terang, hangat, dan memberikan dampak positif secara psikologis. Sunrooms adalah solusi sempurna untuk menikmati pemandangan luar ruangan sambil merasakan kenyamanan di dalam.

Mengenal Ragam Jenis Sunrooms

Sunrooms terdiri dari berbagai pilihan desain yang bisa disesuaikan untuk memenuhi fungsinya. Berikut jenis sunroom yang biasa digunakan di seluruh dunia:

Four Seasons Sunrooms 

(Better Living by Clarke)

Sesuai namanya, sunrooms empat musim bisa dinikmati sepanjang tahun. Jenis ini dibangun dengan menyesuaikan cuaca sepanjang tahun. Bagian atap, dinding, dan pintu di sunrooms empat musim memiliki insulasi dan perlindungan yang cukup. 

Pemakaian atap terbuat dari material kokoh bukan panel kaca dengan menghadirkan beberapa skylight di dalamnya. Kemudian, sunrooms empat musim juga memiliki panas buatan yang dimanfaatkan saat musim dingin.  

Three Season Sunrooms 

(Pinterest)

Jenis sunrooms tiga musim dirancang dan dibangun untuk ditempati selama musim semi, musim panas, dan musim gugur. Biasanya menggunakan bahan yang lebih murah dan ringan yang berfungsi untuk membiarkan cahaya masuk dan mencegah angin dan hujan. 

Sunrooms tiga musim juga dirancang untuk memberikan keteduhan dari sinar matahari langsung dan menawarkan kesejukan selama hari-hari musim panas. Berbeda dengan sunrooms empat musim, jenis ini tidak diisolasi atau dilengkapi dengan sumber panas tambahan. 

Biasanya, hanya memiliki kipas untuk mengedarkan udara dan memberikan sedikit kelegaan dari suhu tinggi. Ruangan ini juga dapat menggunakan pemanas ruangan sementara untuk musim gugur.

Greenhouse Sunrooms 

(Sunshielder)

Tipe greenhouse memiliki ciri khas dengan banyaknya tanaman dan unsur hijau di dalamnya. Struktur dasar dan konstruksi cangkang yang sama dengan sunrooms atau ruang empat musim dilengkapi struktur rumah kaca terpasang.

Alhasil, selain memberikan pencahayaan yang melimpah, tipe greenhouse juga harus memberikan kesegaran yang lebih baik. 

Conservatory Sunrooms

(Wandering Mist)

Sama seperti tipe greenhouse, jenis konservatori bisa jadi ruangan hijau yang ditumbuhi berbagai tanaman. Tetapi jenis ini secara khusus memiliki ciri khas berupa atap berbentuk bulat seperti kubah layaknya sebuah conservatory.

Untuk itu, jika Pins ingin membuat sunrooms tipe konservatori, maka pastikan suhu di dalamnya sesuai dan ideal untuk tumbuhan, ya! 

Kelebihan dan Kekurangan Sunroom

sunroom
(Wayfair)

Jika Pins ingin menambahkan ruang ini ke rumah, pastikan sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, ya! Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Kelebihan Sunroom

Berikut ini beberapa kelebihan menambah sunrooms di dalam hunian:

  • Penghuni dapat menikmati pemandangan alam bebas tanpa harus berinteraksi dengan cuaca, serangga, atau elemen lainnya. 
  • Memperoleh pencahayaan alami dan sirkulasi udara yang baik karena memiliki banyak jendela dan bukaan. 
  • Kehadiran ruangan ini mampu menaikkan mood seseorang dan dampak baik secara psikologis. 
  • Mampu menghemat energi dan listrik.
  • Menambah keindahan hunian secara keseluruhan. 

Kekurangan Sunrooms

Adapun kekurangan dari sunroom adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada privasi karena seluruh ruangan memang serba terbuka. Tetapi Pins bisa menambahkan tirai atau penutup jendela lainnya sebagai solusinya. 
  • Biaya utilitas ekstra, terutama jika Pins menambahkan jenis empat musim. 
  • Harga pembuatan sunrooms cenderung lebih mahal karena harus mengontrol suhu di seluruh ruangan. 
  • Memungkinkan kenaikan pajak properti dan asuransi.

Tips Membuat Sunroom di dalam Rumah

(Gardening Know How)

Tak ada salahnya menghadirkan sunrooms di dalam hunian, terutama jika Pins memiliki lahan yang cukup. Apalagi, kehadiran ruangan ini bisa menjadi jalur masuknya sinar matahari, udara segar dari jendela yang terbuka, sekaligus bisa lebih dekat dengan alam.

Tetapi, sebelum membuat ruangan ini, simak dulu tipsnya berikut ini!

Tentukan Material Sunroom 

Apapun jenisnya, pastikan Pins hanya memilih material berkualitas. Berikut ini rekomendasi material untuk sunrooms menurut situs Better Homes & Gardens

  • Vinyl adalah bahan yang paling populer digunakan. Biayanya paling sedikit, membutuhkan perawatan minimal, dan menawarkan yang terbaik dalam kekuatan dan insulasi keseluruhan. Pins bisa memilih vinyl berwarna putih dengan penguat internal dari aluminium atau baja galvanis. 
  • Aluminium bisa menjadi struktur atap sunrooms. Walaupun tidak sebagus isolator vinyl dan juga biasanya lebih mahal, tetapi solusinya bisa menambah penyangga vertikal berlapis vinyl sebagai tambahan insulasi. 
  • Kayu adalah pilihan yang paling mahal dari bahan struktural sunrooms tetapi juga merupakan pilihan yang lebih tepat. Perhatikan bahwa kayu membutuhkan perawatan berkala.

Pilih Jenis Atap 

Atap transparan merupakan komponen penting dari sunrooms. Berikut ini rekomendasi jenis atap untuk sunrooms

  • Dinding kaca dengan lapisan silikon ganda. Material ini menawarkan daya tahan, insulasi, dan pengurangan silau.  
  • Kaca berlapis ganda dengan isian argon lapisan emisivitas rendah yang membantu kaca memantulkan panas dan sinar ultraviolet.   
  • Polikarbonat dengan ketebalan 20 milimeter dan 25 milimeter. Jenis ini memrupakan pilihan yang baik untuk menciptakan ruangan empat musim. 

Lokasi Sunroom di Rumah

Bicara mengenai peletakannya di dalam rumah, Pins bisa menyesuaikan dengan fungsi utamanya. Apakah ingin menjadikannya sebagai tempat untuk tanaman atau sebagai ruang berkumpul keluarga. 

Pins bisa menempatkannya di belakang ruangan jika ruangan ini akan menjadi pintu masuk ke dan dari halaman belakang atau kebun.  

Kalau Pins ingin menangkap sinar matahari sebanyak mungkin sepanjang hari, maka buatlah sunrooms di bagian rumah yang menghadap ke selatan. Jika Pins suka melihat matahari terbit maka posisi menghadap ke timur adalah yang terbaik. 

Ukuran dan Penempatan Jendela 

Setelah Pins mengetahui di mana sunrooms diletakkan, selanjutnya dapat memutuskan ukuran jendela yang akan digunakan dan di mana menempatkannya. 

Jika Pins berencana untuk menggunakan ruang ini sebagai ruang tamu semi indoor, maka jendela bisa diletakan dari lantai ke langit-langit yang mengubah ruang menjadi teras. Pilihlah jendela dengan kaca pelindung yang menghalangi sinar UV yang dapat memudarkan furnitur, kain, dan lantai kayu. 

Tempatkan Furnitur dan Dekorasi yang Sesuai

Terakhir, tentukan perabotan, dan dekorasi apa saja yang akan ditempatkan di ruangan ini. Sesuaikan dengan fungsi, ukuran, dan lokasinya. Tambahkan kursi dan meja dari kayu sebagai tempat duduk bersantai.

Jika Pins ingin menjadikan sebagai ruang bekerja, jangan lupa tempatkan furnitur sesuai kebutuhan. Terkait furnitur maupun elemen dekorasinya sebenarnya sangat fleksibel tergantung pada penggunaannya, Pins. 

Nah, itulah informasi seputar sunroom. Tertarik menambahkan ruangan ini dalam hunianmu, Pins?


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.