Kamus Istilah Properti

Walk-in Closet

istilah properti

Walk-in Closet

Walk-in closet adalah ruangan khusus yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan aksesori penunjang penampilan. 

Apa Itu Walk-in Closet

(DesignBest)

Walk-in closet adalah ruangan khusus yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan aksesori penunjang penampilan.

Umumnya, di dalam walk-in closet terdapat beberapa lemari yang ukurannya cukup besar. Lemari tersebut biasanya merupakan customize pemilik rumah, jadi bentuk dan ukurannya tidak sama dengan lemari yang dibeli jadi. 

Manfaat Walk-in Closet

(Closet Factory)

Meski harga walk-in closet lebih mahal daripada lemari biasa, tapi kini beberapa orang mulai mempertimbangkan untuk membuat walk-in closet di rumah. Baik walk-in closet mewah ataupun walk-in closet mini. 

Beberapa beberapa manfaat yang didapat bila Pins memiliki walk-in closet di rumah:

  • Walk-in closet bisa menjadi pilihan bila kamu tinggal seruangan dengan orang lain. Jadi, ketika berganti pakaian kamu tidak perlu mengusir penghuni lain. Dengan begitu, privasi akan lebih terjaga. 
  • Jika di desain dengan baik, walk-in closet dapat menghadirkan lebih banyak ruang penyimpanan. Selain itu, ruangan pun akan tampak lebih luas karena penataannya yang teratur dan rapi.
  • Barang yang ditata di walk-in closet umumnya lebih terorganisir. Jadi, mudah diambil dan tidak sulit dibersihkan atau ditata kembali. 
  • Pembangunan walk-in closet tak melulu harus di satu ruangan. Pins dapat membuat walk-in closet dengan memaksimalkan sisa ruang, misalnya area bawah tangga.

Perbedaan Walk-in Closet dan Ruang Wardrobe

(Ruparupa)

Walk-in closet dan ruang wardrobe sama-sama berfungsi sebagai tempat penyimpanan pakaian. Walau demikian, keduanya memiliki memiliki beberapa perbedaan. 

Bila merujuk pada defisininya, wardrobe adalah lemari dinding yang berfungsi sebagai tempat penyimpan pakaian. Sederhananya, wardober ialah loose furniture atau lemari pakaian yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan. 

Sementara, walk-in closet ialah ruang untuk menyimpan pakaian dan aksesori pendukung penampilan. 

Dari situ, Pins dapat melihat sedikit berbedaan yang cukup mencolok, khususnya pada fungsi dan letak atau bentuknya. 

Secara lebih rinci, wardrobe umumnya memiliki tinggi sekitar dua meter. Selain itu, terdapat pula rak-rak yang digunakan untuk menyimpan lipatan baju. 

Di dalam wardrobe juga tersedia gantungan yang biasa digunakan untuk menggantung pakaian. Ada pula laci yang kerap dimanfaatkan untuk menyimpan aksesori atau barang berharga lainnya. 

Walk-in closet sendiri berukuran cukup besar. Bahkan Pins pun bisa masuk ke dalamnya. Terkadang ada pula walk-in closet yang memungkinkan penggunanya untuk bercermin dan bersolek di sana. 

Sedikit tambahan, wardrobe umumnya tersedia dalam bentuk produk jadi,  sedangkan walk-in closet dibuat berdasarkan pesanan (customized). 

Tips Membangun Walk-in Closet di Rumah

(Easy Track)

Bila Pins sedang mempertimbangkan untuk membuat walk-in closet, di bawah ini ada beberapa tips dan bahan pertimbangan yang mesti diperhatikan.

Yuk, pahami dulu supaya walk-in closet yang dibangun benar-benar sesuai kebutuhan. 

Ukuran walk-in closet 

Ruang yang akan digunakan untuk membuat walk-in closet harus dipertimbangkan matang-matang. Pasalnya, penentuan ruang dapat mengukur seberapa besar walk-in closet yang akan dibangun. 

Penentuan ruangan yang perlu dipertimbangkan mencakup besar dan letaknya. Jika rumah Pins tidak terlalu luas, kamu dapat membuat walk-in closet di area sudut. Atau, bila tidak memungkinkan lebih baik jika membuat wardrobe saja. 

Pertimbangkan barang yang akan disimpan 

Sebelum jauh melangkah, lebih baik bila kamu pertimbangkan terlebih dulu barang-barang yang akan disimpan. 

Dengan mengetahui barang yang akan disimpan, Pins dapat menentukan ukuran, tata letak, serta desain walk-in closet yang diinginkan dan sesuai kebutuhan. 

Tata letak furnitur

Selain ukuran, agaknya tata letak furnitur untuk walk-in closet juga harus dipertimbangkan. Penataan yang keliru dapat membuat walk-in closet terkesan penuh dan sumpek. 

Oleh karena itu, kamu mesti mempertimbangkan barang-barang yang akan disimpan di walk-in closet. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menentukan tata letak furnitur yang sesuai. 

Selain itu, pertimbangkan pula penggunaan meja rias. Khususnya bila kamu ingin membuat walk-in closet berukuran besar atau mewah. Pastikan furnitur ditata serapi mungkin supaya walk-in closet muat banyak dan tidak membuat ruangan terkesan penuh. 

Desain furnitur 

Selain tata letak, desain furnitur untuk mengisi walk-in closet juga harus dipikirkan. Sekalipun kamu hanya ingin membuat walk-in closet mini.

Penentuan desain furnitur dapat disesuikan dengan kebutuhan, tata letak, dan tema ruangan. Sebagai bahan pertimbangkan, kamu dapat membuat desain lemari terbuka agar tampilan walk-in closet terlihat mewah. Pertimbangan pula untuk menggunakan pintu geser agar walk-in closet tidak makan tempat. 

Tambahkan detail dan dekorasi yang menarik 

Pins dapat menambahkan detail kecil dan dekorasi yang menarik agar makin betah saat berada di walk-in closet. Pertimbangkan pemilihan tema walk-in closet yang sesuai dengan seleramu supaya makin nyaman dan menyenangkan saat berada di dalamnya.

Untukmu yang berniat membangun walk-in closet, lebih baik lakukan perencaan yang matang terlebih dulu. Pasalnya, walk-in closet tidak bisa dipindah seperti wardrobe

Bagaimana, apakah ulasan ini cukup membantumu untuk mengetahui bahwa walk-in closet adalah ruangan khusus yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan aksesori penunjang penampilan? Semoga demikian ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Lea Lyliana

Editor: Achlisia