Kamus Istilah Properti

Wisma

istilah properti

Wisma

Wisma adalah perumahan atau gedung yang biasa dihuni oleh beberapa orang untuk tinggal.

Apa Itu Wisma? 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian wisma adalah jenis bangunan untuk tempat tinggal, kantor, gerha atau kumpulan rumah, kompleks perumahan, dan permukiman.

Peruntukan Wisma adalah jenis peruntukan lokasi tanah atau lahan yang dapat didirikan bangunan untuk penggunaan rumah atau tempat tinggal.

Ditilik dari sudut arti, wisma juga segolongan dengan pesanggrahan atau guest house. Menurut KBBI, pesanggrahan berarti rumah peristirahatan atau penginapan dan biasanya milik pemerintah.

Kendati demikian, penamaan tak selalu seiring dengan arti dalam kamus, gerak bisnis pariwisata, dan perubahan gaya hidup terkait liburan.

Ada wisma milik perorangan yang berorientasi komersial dan mampu menampung 1.000 peserta kongres sehingga bukan lagi semata-mata tempat peristirahatan atau penginapan.

Di Indonesia, pengertian wisma identik dengan penginapan kepunyaan sebuah instansi atau lembaga yang memang ditujukan sebagai tempat singgah tamu yang berkunjung. 

Di beberapa negara di dunia, guest house difungsikan lebih mirip dengan hotel, dengan para tamu juga akan mendapatkan fasilitas makan.

Guest house juga seringkali diartikan sebagai wisma atau penginapan. Di berbagai lokasi, tak jarang guest house disebut sebagai asrama.

Di Indonesia, umumnya guest house akan banyak dijumpai di kota-kota besar seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, Jogja, dan lain-lain karena kebutuhan akan tempat menginap sementara cukup tinggi. 

Guest House adalah bangunan milik pribadi yang diubah menjadi sebuah tempat penginapan ekslusif lengkap dengan fasilitas yang hampir mirip dengan hotel ataupun homestay.

Dalam sebuah guest house biasanya terdapat beberapa kamar yang disewakan baik secara harian, atau kurun waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan. Jadi dalam satu rumah tersebut terdapat beberapa tamu yang menginap dan menempati kamar yang telah disediakan masing-masing.

Untuk kelas menengah ke bawah, biasanya pemilik rumah akan merangkap sebagai staf yang akan memberikan pelayanan terkait check-in dan check-out, tetapi tetap tinggal terpisah meskipun masih berdekatan.

Sementara untuk guest house menengah ke atas, biasanya ada tempat khusus di bangunan rumah tersebut yang akan ditempati oleh staf.

Hal ini termasuk tempat untuk seorang housekeeper yang akan melayani para tamu untuk mempersiapkan sarapan, menjaga kebersihan dan memastikan kenyamanan para tamu yang menginap.

Fasilitas yang Ada di Wisma

Wisma adalah tempat penginapan yang menawarkan suasana seperti rumah sendiri. Biasanya, wisma sudah lengkap dengan fasilitas yang memadai. Secara umum, sebuah penginapan berjenis wisma dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti:

  • Staff yang selalu siap 24 jam melayani tamu.
  • Ketersediaan beberapa kamar tidur.
  • Ketersediaan ruang sholat.
  • Air Conditioner (AC)
  • Kamar mandi lengkap dengan pemanas air (water heater).
  • Tersedia saluran TV Kabel.
  • Disediakan kitchen set dan dispenser.
  • Konektivitas yang memadai (Wi-fi area).
  • Tersedia laundry room atau tempat mencuci pakaian.
  • Area merokok dan bebas asap rokok.

Karakteristik Wisma 

Guest house menjadi tempat penginapan yang dikenal memiliki karakteristik berbeda dengan jenis penginapan lainnya. Beberapa karakteristik tersebut meliputi:

1. Bernuansa Kekeluargaan

Salah satu hal yang ditawarkan guest house adalah suasana kekeluargaan yang sangat kental. Jadi pemilik guest house akan membuat para tamunya merasa betah dan senyaman mungkin seperti berada di rumah sendiri menginap.

2. Makanan dan Minuman

Guest house memiliki staf paruh waktu yang akan membantu para tamunya untuk menyediakan makanan atau minuman di dapur. Selain itu para staf juga akan membantu memenuhi permintaan tamu selama menginap di sana.

3. Ketenangan

Karena aktivitas tamu yang menginap di guest house sangat terbatas, tentu ini bisa lebih menciptakan suasana tenang saat beristirahat dan suasa kondusif yang akan dirasakan tanpa kebisingan.

4. Check-In / Check-Out

Guest house mempekerjakan staf secara paruh waktu atau lebih tepatnya tidak selalu stand-by 24 jam di tempat. Karakteristik inilah yang membedakan guest house dengan penginapan lain sehingga bagi para tamu yang ingin check-in atau check-out harus melalui janji terlebih dahulu.

Kelebihan dan Kekurangan Wisma 

Sebagai tempat penginapan, guest house tentu juga memiliki beragam kelebihan dan kekurangan. Hal ini dikarenakan target market yang tuju juga berbeda-beda dengan jenis penginapan lainnya.

Kelebihan menginap di guest house

  • Kenyamanan menginap seperti berada di rumah sendiri.
  • Harga sewanya terhitung lebih murah jika dibandingkan dengan hotel atau villa.
  • Tersedia beberapa kamar yang disewakan dalam 1 rumah lengkap dengan fasilitas.
  • Tamu dapat memesan makanan dan minuman kapan saja kepada staf guest house.

Kekurangan menginap di guest house

  • Staff yang tidak selalu stand-by 24 jam.
  • Proses check-in dan check-out harus melalui proses janjian.

Contoh Wisma Milik Pemerintah Indonesia

Wisma Atlet Kemayoran 

(Kompas)

Wisma Atlet Kemayoran adalah sebuah kompleks gedung bertingkat yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jakarta, Indonesia.

Tempat ini pernah digunakan sebagai tempat menginap atlet yang mengikuti Pesta Olahraga Asia 2018 dan Pesta Olahraga Difabel Asia 2018 untuk perlombaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Kompleks ini dibangun di tanah seluas 10 hektare, yang terdiri dari sepuluh bangunan menara dengan jumlah 7.424 kamar.

Total kapasitas akomodasi sebesar 22.272 atlet di perkampungan ini melebihi standar Komite Olimpiade Internasional, yang mengharuskan tuan rumah Olimpiade untuk menyediakan kamar bagi 14.000 atlet.[1][2][3] Setelah kedua pesta olahraga se-Asia tersebut selesai, bangunan ini sempat kosong tanpa penghuni. Karena mewabahnya pandemi COVID-19 di Indonesia, maka pemerintah menjadikan bangunan Wisma Atlet Kemayoran ini menjadi rumah sakit darurat COVID-19.

Sebelum dijadikan rumah sakit darurat atau rumah sakit khusus, bangunan yang terdiri dari beberapa tower ini merupakan tempat penginapan khusus untuk para atlet yang bertanding pada ajang Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Jakarta. Wisma atlet tersebut memiliki fasilitas layaknya apartemen.[5] Pengerjaan gedung bangunan wisma atlet tersebut di mulai pada bulan Maret 2016 di bawah tanggung jawab dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) yang mana pada tahun 2015 lahan dari kawasan wisma atlet tersebut masih dikelola oleh Pemerintah DKI Jakarta.[6] Selanjutnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun gedung bangunan wisma atlet tersebut diatas lahan seluas 10 hektar yang kemudian menjadi aset milik negara atas nama Meteri Sekretaris Negara.

Wisma Makara Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memiliki Wisma Makara,

Wisma Amarilis Institut Pertanian Bogor 

punya Wisma Amarilis, Wisma Landhuis, dan Wisma Internasional. 

Wisma Tani

Wisma Tani adalah akomodasi penginapan milik Kementerian Pertanian Indonesia yang berlokasi di Jalan Manggasari No. 3, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Menurut beberapa review dari tamu yang pernah menginap di tempat ini, Wisma Tani digambarkan sebagai sebuah penginapan yang nyaman dan bersih, serta dekat halte busway sehingga memiliki akses yang mudah ke berbagai tempat di Jakarta.

Jika dilihat, tampilan luar Wisma Tani hadir dengan arsitektur modern, dengan area parkir yang luas dan gedung yang kokoh. Kamar-kamar di penginapan ini terletak berjejer, dengan desain yang sederhana. Tiap kamar memiliki pintu dengan dominasi warna cokelat serta dua jendela berukuran cukup besar. Di teras depan, terdapat dua buah kursi yang terbuat dari kayu dan meja yang bisa dimanfaatkan tamu untuk bersantai.

Untuk fasilitasnya, kamar-kamar di Wisma Tani dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti ranjang double bed, kursi, kipas angin atau AC, dan TV di beberapa kamar. Selain itu, layaknya gedung lembaga lainnya, Wisma Tamu juga didukung dengan gedung serbaguna yang biasa digunakan untuk rapat atau seminar.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Linda

Editor: Annisa Hapsari