Berapa Standar Ukuran Kolam Renang?

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 11, 2022 ∙ 11 menit membaca

Pins berencana untuk membuat kolam renang di rumah? Sebelum memulainya, Pins harus mengetahui terlebih dahulu standar ukuran kolam renang yang ideal untuk rumah. Pins bisa menentukan panjang kolam renang berdasarkan luas lahan yang tersedia di rumah.

Saat ini ukuran kolam renang dapat dibedakan berdasarkan ukuran standar nasional dan internasional. Setiap panjang kolam renang tentu akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Ukuran kolam renang di rumah tentu akan berbeda dengan kolam renang umum.

Lantas, berapa ukuran kolam renang yang paling ideal untuk rumahmu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Sejarah Olahraga Renang di Dunia

Berapa Standar Ukuran Kolam Renang?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa standar ukuran kolam renang terbagi menjadi dua yaitu standar nasional dan internasional. Sebelum memutuskan untuk membangun kolam renang, berikut ukuran kolam renang standar nasional dan internasional yang harus kamu ketahui:

Standar Ukuran Kolam Renang Nasional

ukuran kolam renang
(MyMove)

Kolam renang standar nasional yang masuk dalam tipe kompetisi memang memiliki ukuran yang harus diikuti. Menurut Permenpora Nomor 0636 Tahun 2014 ukuran panjang dan lebar kolam renang adalah berdasarkan tipe yang diambil tipe A 50 m x 26 m, tipe B dan C 50 x 21 m dengan jumlah lintasan yang beragam.

Tidak hanya itu saja, Permenpora pun sudah membagi jenis kolam renang beserta ukuran yang telah disesuaikan dengan cabang olahraga akuatik yang diambil yang tercantum pada peraturan di atas.

Adapun panjang kolam renang berdasarkan standar nasional adalah sebagai berikut:

  • Panjang kolam: 50 m
  • Lebar kolam renang: 25 m
  • Kedalaman kolam Renang minimum: 2 m
  • Lebar lintasan: 2,5 m
  • Jumlah Lintasan Kolam Renang: 8
  • Temperatur Air: 25°C – 28°C

Baca juga: 19 Inspirasi Desain Rumah Minimalis dengan Kolam Renang

Standar Ukuran Kolam Renang Internasional

ukuran kolam renang
(Wikipedia)

Untuk skala pertandingan internasional, biasanya mengacu kepada FINA (Federation Internationale De Nation). Panjang kolam renang berdasarkan standar internasional adalah 50 meter dan lebar 20 meter, dengan kedalaman kolam minimum 1,35 meter dan temperatur air 25 – 28 derajat celcius. 

Panjang kolam renang berdasarkan standar internasional tentu dibuat lebih spesifik dan akan sama di setiap negara. Ukuran standar dari kolam renang nasional juga biasanya digunakan untuk perlombaan olimpiade lho! Berikut adalah detail ukuran kolam renang berdasarkan standar internasional:

  • Panjang kolam Renang: 50 m
  • Lebar kolam Renang: 25 m
  • Temperatur Air: 25°C sampai 28°C
  • Lebar lintasan: 2,5 m
  • Jumlah lintasan kolam renang: 8

Baca juga: Pilihan Keramik Mozaik Untuk Desain Kolam Renang

Standar Ukuran Kolam Renang Anak

(Freepik)

Selain biaya membuat kolam renang, salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam membuat kolam renang anak adalah mempertimbangkan keamanannya Pins! Fasilitas pembantu tumbuh kembang anak ini memang layak diperhitungkan sebagai bagian dari fasilitas dalam hunian.

Pins bisa membuat jenis kolam renang anak ini dengan ukuran sebagai berikut:

  • 1 x 2m (l x p): Luas kolam renang 2 m2
  • 2 x 3m (l x p): Luas kolam renang 6 m2
  • 2 x 4m (l x p): Luas kolam renang 8 m2

Adapun kedalaman minimum kolam renang untuk anak-anak dan bayi adalah 60 – 80cm.

Standar Ukuran Kolam Renang Pribadi

ukuran kolam renang
(Freepik)

Ukuran kolam renang dalam hunian yang termasuk dalam golongan pribadi dapat Pins sesuaikan dengan lahan yang tersedia. Selain itu, fasilitas yang tergolong mewah dalam hunian ini juga dapat disesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Namun, bila Pins ingin mengacu pada ukuran ideal, kamu dapat membuatnya dengan kedalaman 60 cm pada bagian dangkal dan 2,5 m untuk bagian dalam yang biasa digunakan untuk dewasa. Sedangkan untuk panjangnya dapat disesuaikan dengan luas dari hunian itu sendiri.

Biasanya kedalaman kolam renang mengacu pada ukuran 3 x 7 m, 4 x 10 m hingga 5 x 12 m dengan ketentuan model kolam renang persegi panjang. Namun, Pins sendiri dapat membuat model lainya yang unik seperti lingkaran, letter L, menyerupai awan dan masih banyak lagi. Cocok sekali untuk hunian dengan luas yang tidak terbatas.

Standar Ukuran Kolam Renang Publik

(iStockphoto)

Selanjutnya yaitu kolam renang publik yang biasa digunakan pada tempat-tempat umum. Ukuran kolam renang publik biasanya memang tidak ada model bakunya, semuanya dapat disesuaikan dengan konstruksi yang diinginkan dengan memperhatikan luas lahan itu sendiri.

Mayoritas kolam renang publik berukuran jauh lebih besar dikarenakan fungsinya untuk menampung banyak orang dengan nyaman. Umumnya, kolam renang publik memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari minimal 5 x 25 m hingga tak terbatas dengan kedalaman 1 – 4 m.

Standar Ukuran Kolam Renang Sauna

ukuran kolam renang
(Pinterest)

Selain macam-macam kolam renang di atas, ada juga ukuran kolam renang untuk sauna. Kolam renang yang pada umumnya berada pada tempat spa maupun hotel ini didesain memang hanya untuk keperluan spa semata, tidak diperuntukan untuk olahraga.

Maka dari itu, tidak heran jika bentuknya mungil, terbatas dan memiliki suhu air yang tinggi. Kolam renang sauna ini diifungsikan sebagai kolam untuk berendam, dan mengistirahatkan diri, ukurannya biasanya memiliki diameter 2 m dengan bentuk mayoritas lingkaran dan dapat menampung kapasitas 4 – 5 orang.

Baca juga: Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri dengan Mudah

Standar Kedalaman kolam Renang

Untuk standar kedalaman kolam renang biasanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya tingkat kedalaman airnya berkisar antara 1,2 meter hingga dua meter. Pins dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp (kemiringan) sebagai pemisah kedalamannya. Jika Pins memiliki anak-anak dirumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

Cara Merawat Air dalam Kolam Renang

(Sandywoods.org)

Meski Pins sudah tidak perlu lagi menguras air kolam karena sudah terpasang mesin pengering di dalam sistem pengairan, Pins tetap perlu mengecek kadar pH air setidaknya satu minggu sekali. Kadar PH normal untuk air kolam biasanya adalah 7pH.

Untuk pH yang terlalu tinggi, Pins bisa menambahkan larutan asam HCl. Sedangkan untuk pH yang mungkin terlalu rendah, maka Pins bisa menambahkan soda ash yang bersifat alkali. Kadar klorin juga perlu ditambahkan setiap bulannya karena akan memengaruhi kondisi air, ketahanan material kolam, dan kulit penggunanya Pins.

Untuk kolam renang minimalis umunya berukuran 3 m x 9 m dan memerlukan sekitar 3 kg klorin. Tambahkan juga soda abu untuk mengikat kotoran yang mengambang agar nantinya mengendap di dasar kolam. Sehingga kolam renang dapat lebih mudah untuk dibersihkan.

Cara Menghias dan Mendekorasi Area Kolam Renang

Pins ingin memberikan desain yang lebih cantik pada area kolam renang? Yuk, gunakan beberapa rekomendasi dekorasi dan hiasan kolam renang berikut ini!

Gunakan Struktur Batu Hias

(Pixabay)

Beragam keramik dengan motif yang unik dan elegan memang dapat menambah tampilan kolam renang yang indah. Namun Pins tidak bisa sembarangan memilih batu tersebut. Usahakan untuk memilih material pijakan yang bertekstur kasar, seperti keramik lantai berbutir kasar, kerikil, dan batu hias. Ini bertujuan untuk menghindari licinya kolam renang terutama yang terdapat pada area sekitarnya.

Gunakan Tanaman Hias yang Tidak Mudah Rontok

(Arsitag)

Area kolam renang akan lebih sejuk apabila ditanami tanaman rimbun di sekelilingnya. Namun, tanaman rimbun biasanya mudah merontokkan daun. Daun-daun yang rontok kemudian jatuh ke dalam kolam menjadi sampah.

Jadi mau tidak mau kolam renang Pins harus rutin dibersihkan agar terjamin kebersihannya. Sebagai solusinya, biasanya banyak orang yang memilih tanaman palem-paleman, tanaman, dan kalatela karena jenis tanaman ini jarang rontok daunya.

Tambahkan Pool Deck

ukuran kolam renang
(Lem Kayu)

Setelah mengetahui perkiraan berapa panjang dan lebar kolam renang yang ideal, kini saatnya Pins mulai memikirkan konsep pendukung lainnya yang dapat pula menambah estetika dari kolam renang itu sendiri. Salah satunya adalah pool deck. 

Area ini terkadang sering disebut teras dari kolam renang yang berbahan material beragam. Mulai dari kayu, batu alam, keramik, rumput sintetis, dan masih banyak lagi. Material ini biasanya menjadi material pengaman yang anti licin untuk meminimalisir kecelakaan.

Baca juga: 5 Pertimbangan Membuat Kolam Renang di Rumah

Inspirasi Desain Kolam Renang yang Unik dan Keren

Apakah Pins sudah memutuskan desain untuk membuat kolam renang? Berikut beberapa desain kolam renang yang unik dan keren agar hunian terlihat lebih eye-catching!

Desain Kolam Renang Berbentuk Persegi

(Casaindonesia)

Kolam renang berbentuk persegi ini sangat cocok apabila Pins memiliki sisa lahan belakang yang sedikit. Pins juga bisa menambahkan beberapa jenis pot tanaman agar tercipta suasana yang asri.

Desain Kolam Renang di Dalam Rumah

ukuran kolam renang
(Insinyurbangunan)

Siapa bilang kolam renang tidak dapat dibuat di dalam rumah? Untuk Pins yang ingin memunculkan ide unik, bisa membangun kolam renang di dalam rumah atau area indoor seperti pada gambar di atas.

Desain Kolam Renang Mini di Belakang Rumah

(Kontraktorkolamrenang.com)

Pins hanya mempunyai sedikit lahan tersisa pada rumah? Jangan khawatir, kamu bisa mengubahnya menjadi kolam renang mini dengan desain modern seperti gambar di atas.

Desain Kolam Renang Kayu

(Insinyurbangunan.com)

Selain bentuknya yang unik, kolam renang di atas juga memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak memakan begitu banyak tempat pada area outdoor. Yuk, coba untuk membuat desain kolam renang dengan desain simpel seperti di atas!

Desain Kolam Renang di Rooftop

ukuran kolam renang
(Rumahku.com)

Bagian atas rumah sering kali menjadi area yang tidak terpakai. Pins bisa mensiasatinya dengan membuat kolam renang rooftop seperti pada gambar di atas. Dijamin tampilan bagian rooftop rumah Pins akan semakin terlihat eye-catching.

Desain Kolam Renang Ala Villa

ukuran kolam renang
(Rumahku)

Memiliki suasana rumah layaknya tempat hiburan tentu bisa menjadi opsi yang menarik. Seperti gambar kolam renang di atas yang didesain seperti sebuah kolam renang villa pada area rumah.

Baca juga: Desain Kolam Renang Rumah Unik dan Instagramable

Desain Kolam Renang Berbentuk Lonjong

(Rumahku)

Pins bosan dengan desain kolam renang yang berbentuk persegi panjang? Ya, desain yang satu ini cocok untuk diaplikasikan untuk memunculkan sisi unik pada kolam renang.

Desain Kolam Renang Semi Outdoor

(Tripcanvas)

Saat Pins ingin memiliki privasi pada kolam renang tetapi juga bernuansa alam, bisa mengaplikasikan desain yang satu ini. Dijamin suasana bersantai menjadi lebih nyaman dan menenangkan.

Desain Kolam Renang Berbentuk Setengah Lingkaran

(Wikipedia)

Selain memiliki bentuk yang unik, kolam renang berbentuk setengah lingkaran ini bisa Pins aplikasikan dengan desain yang lebih modern seperti gambar di atas. Penambahan lampu yang unik tentu membuat kolam terlihat lebih elegan.

Desain Kolam Renang Indoor Model Klasik

(Dekoruma)

Jika Pins bosan dengan desain kolam renang yang monoton dan terlalu terkesan modern, bisa menggunakan desain klasik seperti gambar di atas. Selain akan membuat ruangan area kolam terlihat lebih luas, desain yang satu ini juga cukup simpel untuk digunakan.

Baca juga: Inilah 3 Kontraktor Kolam Renang Terbaik di Jakarta

Inspirasi Desain Kolam Renang Low Budget

Selain beragam desain kolam renang di atas, Pins juga bisa memilih desain kolam renang low budget di rumah. Berikut ini inspirasi desain kolam renang low budget yang bisa Pins pilih!

Kolam Renang Tiup Balita

(shopee)

Kolam renang balita memang didesain berbentuk lingkaran dengan pinggiran yang cenderung lebih tebal. Fungsinya untuk menghalau balita keluar dari lingkaran. Ukuran kolam renang untuk anak dan bayi memiliki perbandingan dalam segi diameter, kedalaman dan juga luasnya.

Kolam Renang Outdoor Lingkaran

(Pinterest)

Pembuatan kolam renang outdoor di hunian bisa juga berbentuk lingkaran seperti pada contoh di atas. Kamu bisa membuat dengan diameter lebih besar bila ingin dipakai orang dewasa dan anak. Namun, bila kamu menyediakan hanya untuk anak, diameternya bisa dibuat lebih kecil. Tambahkan unsur bebatuan menarik di pinggir kolam dengan warna natural yang lembut.

Kolam Renang Playground

ukuran kolam renang
(bigw)

Semakin besar umur anak, semakin ingin pula mereka bereksplorasi. Jenis kolam renang playground bisa dijadikan alternatif yang tepat untuk anak Pins yang mulai menginginkan sebuah tantangan. Seperti kolam renang dengan papan seluncuran, air mancur dan masih banyak lagi. Untuk ukuran kolam renang untuk anak satu ini memang tergolong lebih besar dibanding kolam tiup lainnya.

Kolam Renang Tiup Anak dan Dewasa 

(nytimes)

Kolam renang tiup satu ini memang menjadi laris dipasaran. Ukuran kolam renang untuk anak dan dewasa diatas cukup di tempatkan di halaman rumah dan menjadi alternatif yang disukai penghuni dengan lahan rumah terbatas. Kamu dan keluarga dapat berendam santai di sana sambil menikmati hidangan camilan.

Kolam Renang Anak DIY

ukuran kolam renang
(Pinterest)

Tertarik membuat kolam renang anak hasil buatan sendiri? Dengan kolam renang DIY yang terbuat dari drum bekas dengan diameter yang cukup besar, kamu dapat membuat anak-anak senang. Kamu bisa menyesuaikan isi air di dalamnya sesuai dengan tinggi anak mu. Selamat mencoba!

Kolam Renang Anak Mainan Plastik

(amazon)

Kolam renang anak seperti mainan plastik di atas, juga layak untuk kamu adaptasi di rumah. Selain mudah dipindahkan dan dirakit, keamanannya pun terjamin. Ukuran kolam renang anak satu ini biasanya bebentuk persegi dengan panjang dan lebar berukuran sama.

Kolam Renang Outdoor Persegi Panjang 

ukuran kolam renang
(Decoredo)

Kolam renang outdoor dalam hunian memang sangat nyaman untuk tempat bermain buah hati. Selain sirkulasi udara yang nyaman, suasana luar ruangan memang sangat disenangi buah hati untuk bermain secara bebas.

Untuk kamu yang ingin membuat desain menarik kolam renang anak dalam hunian, kamu bisa menggunakan model persegi panjang seperti pada hunian di atas. Padukan dengan rumput sintetis anti slip pada bagian halaman.

Semua ukuran kolam renang untuk anak memang didesain minimalis demi keamanan anak dan kenyamanan orang tua. Selalu pantau terus saat anak-anak bermain di kolam renang ya Pins! Walau sudah di rasa aman, namun tidak ada salahnya untuk selalu waspada.

Itulah penjelasan tentang ukuran kolam renang yang umumnya digunakan saat ini. Selain itu, panjang kolam renang berdasarkan kebutuhannya tentu akan berbeda-beda, bergantung pada standar yang diinginkan oleh Pins. Jika Pins masih bingung desain kolam renang seperti apa yang ingin di buat, rekomendasi desain kolam renang di atas dapat Pins jadikan sebagai referensi terbaik!

Baca juga:

Featured Image Source: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Finansial
Finansial Wajib Tahu! Ini Cara Memulai Investasi di Usia Muda

#WaktunyaBeliRumah - Mengelola keuangan dengan benar penting untuk dilakukan sejak dini. Banyak ora

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia