BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Membuat Kolam Renang di Lantai 2 Anti Rembes
0
0

Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2 Anti Rembes

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Des 13, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2top-right-banner

Kolam renang di lantai atas umumnya diaplikasikan pada bangunan berlantai banyak seperti hotel, mall, atau apartemen. Namun, kamu yang punya rumah 2 lantai atau lebih juga bisa membuat kolam di atas. Berikut cara membuat kolam renang di lantai 2 dengan benar dan anti rembes. 

Pemandangan kolam renang di lantai atas biasanya menginspirasi serangkaian emosi yang memadukan eksklusivitas, relaksasi, dan kesenangan. Namun pembuatan kolam renang ini tentu tidak bisa sembarangan dan kalau salah maka airnya bisa rembes ke bawah. 

Sebelum lanjut, kamu bisa membeli rumah eksklusif seperti New Abaya Village atau perumahan di BSD di Pinhome. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur PinValue dari Pinhome untuk membantu mengetahui estimasi harga rumah impian, termasuk harga rumah second di Jakarta Timur.

Baca juga: 10 Ide Desain Kolam Renang Indoor di Rumah

Kolam Renang di Lantai 2

Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2
Source : iStock Photo

Lantai 2 dalam pembahasan artikel ini tidak melulu sebagai rooftop, Pins. bisa saja lantai 2 berfungsi sebagai bagian dari ruangan rumah namun terdapat kolam renang di salah satu sisinya. 

Adanya kolam renang di lantai 2 baik sebagai rooftop maupun bagian rumah pada umumnya bisa membuat lantai atas bangunan rumah semakin menyenangkan. Kamu jadi punya pilihan lain untuk berkumpul bersama keluarga selain di ruang keluarga

Namun, kolam di atas bangunan memiliki beberapa kekhasan yang harus diperhatikan dalam hal desain dan konstruksi. Ada tantangan yang harus diperhatikan saat proses pembangunan kolam renang di lantai 2 sebuah rumah. 

Kolam renang di lantai atas memerlukan persyaratan struktural dan pemasangan tertentu. Selain itu, arsitek dan kontraktor harus memilih bahan dan bentuk kolam yang tepat untuk menjamin sistem yang aman dan efisien baik selama konstruksi dan setelah jadi.

Untuk menghindari masalah terkait struktur atap dan kebocoran pada instalasi tersebut, arsitek dan kontraktor harus mempertimbangkan tiga kondisi utama berikut agar berhasil membangun kolam renang di lantai 2:

Pertama, kolam renang harus dirancang sesuai dengan kapasitas bangunan untuk menopang struktur tersebut. Pasalnya, instalasi ini kokoh dan mengandung banyak air, dua hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keseimbangan stabilitas dan ukuran bangunan.

Kedua, arsitek dan kontraktor harus bisa mencegah kebocoran air. Hal ini bisa dilakukan dengan desain kolam dan pemilihan bahan bangunan yang tepat. Ketiga, desain harus memfasilitasi keperluan untuk maintenance agar proses perbaikan bisa dilakukan dengan mudah saat terjadi kerusakan.

Baca juga: 8 Desain Taman dan Kolam Renang yang Sejuk

Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2

Cara Membuat Kolam Renang di Lantai 2
Source : iStock Photo

Meskipun kolam renang di lantai 2 membawa tantangan yang unik, potensinya untuk meningkatkan daya tarik dan branding rumah bisa menjadi pilihan banyak peminat. Kolam renang di atas akan menjadi nilai tambah investasi yang meningkatkan harga properti.

Untungnya, perkembangan teknologi di bidang konstruksi dan arsitektur modern bisa memberikan opsi yang lebih mudah untuk membuat kolam renang di lantai 2. Memang tetap memerlukan ketelitian, tapi prosesnya jauh lebih mudah dibanding dahulu.

Berikut adalah solusi paling efisien sebagai cara membuat kolam renang di lantai 2 yang bisa dijadikan referensi. Semuanya menyediakan struktur ringan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan instalasi ini sekaligus menghasilkan proses konstruksi yang bebas masalah dan cepat karena struktur panelnya.

1. Teknologi Panel Skypool

Membuat Kolam Renang di Lantai 2
Source : Fluidra

Kolam renang di lantai 2 gedung menambah daya tarik visual yang mencolok dan membedakan dengan rumah lain. Namun, secara teknis mereka sulit dipasang pada ketinggian yang tertentu. 

Solusi Skypool menghadirkan struktur ringan, keserbagunaan, dan kemudahan pemasangan, sehingga memungkinkan pembuatan kolam atap dengan presisi, andal, dan cepat. Dengan teknologi panelnya yang ringan dan tahan lama, kolam ini menawarkan pemandangan spektakuler serta suasana yang unik dan eksklusif.

2. Kolam Bluespring

Membuat Kolam Renang di Lantai 2
Source : Fluidra

Kolam Bluespring adalah solusi pemasangan yang mudah berdasarkan panel prefabrikasi yang menjadikannya sempurna untuk kolam di lantai atas. Proses pembangunannya hampir sama seperti rumah modular. Dengan sistem ini akan ada keseimbangan antara daya tarik visual dan kemudahan pemasangan.

Kolam-kolam ini juga menyediakan berbagai macam saluran luapan dan pilihan desain, sehingga menghasilkan kolam yang dapat beradaptasi dengan kebutuhan setiap proyek. Selain itu juga menghadirkan estetika yang benar-benar unik, sehingga menambah karakter eksklusif bangunan.

Baca juga: 15 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

3. Infinity Effect

Membuat Kolam Renang di Lantai 2
Source : Fluidra

Daya tarik kolam rooftop dengan pemandangan dapat ditingkatkan secara signifikan dengan memasang kolam infinity effect. Fitur desain ini telah menjadi tren populer di sektor rekreasi, dan bisa meningkatkan citra serta nilai investasi dari rumah.

Berdasarkan desain dan rekayasa arsitektur yang canggih, kolam rooftop jenis ini dilengkapi saluran luapan dengan efek tak terhingga, menghasilkan trik visual yang membuat air menyatu dengan cakrawala dan meluas hingga tak terhingga.

4. Sistem Konstruksi EPS

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan EPS Construction System atau Sistem Konstruksi EPS. Sistem ini memberikan pilihan bangunan lain yang memuaskan untuk kolam di lantai 2. 

EPS ini merupakan modul prefabrikasi, modular, ekologis, dan dapat didaur ulang yang terbuat dari plastik Expanded Polystyrene (EPS) yang disintesis. Pemilihan material ini memberikan sejumlah manfaat luar biasa untuk kolam yang dipasang di ruang yang sulit diakses seperti rooftop.

Itulah beberapa teknologi terkini yang bisa digunakan sebagai cara membuat kolam renang di lantai 2 dengan mudah dan aman. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download