BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Ide Desain Kolam Renang Indoor di Rumah
0
0

10 Ide Desain Kolam Renang Indoor di Rumah

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa dan Diperbarui oleh Ramanda Salsa

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Siapa bilang kolam renang harus selalu berada di luar ruangan? Desain kolam renang indoor ternyata justru punya beberapa kelebihan lho. Selain air kolam tidak gampang tercampur air hujan, memiliki desain rumah kolam renang indoor juga memungkinkan kamu bisa menggunakan kolam kapan saja. Kamu akan terhindar dari sengatan sinar matahari maupun cuaca hujan angin yang tidak menentu.

Desain dinding kolam renang pun juga bisa kamu buat tak kalah menarik seperti kolam renang outdoor. Seperti apa saja desain terbaiknya? Berikut beberapa inspirasi desain kolam renang indoor yang bisa kamu tiru.

Desain Kolam Renang Indoor dengan Atap Dak Beton

Source : Trijaya Pool

Sebenarnya tipe ini tidak sepenuhnya indoor, lebih cenderung semi-indoor. Ada sebagian area kolam yang tidak tertutup oleh atap dak beton. Namun ini justru akan memberi transisi yang baik bagi kamu yang terbiasa dengan kolam renang luar ruangan. Untuk membuat tampilan kolam tidak terkesan “gersang”, kamu bisa menambahkan tanaman hijau di sekitar area kolam.

Baca juga: 8 Desain Taman dan Kolam Renang yang Sejuk

Kombinasi Klasik

Source : Pinterest

Gaya klasik tak akan lekang oleh masa, tapi agar tidak terkesan terlalu kuno, kamu bisa mengkombinasikan gaya ini dengan sentuhan lebih modern. Aksen klasik pada kolam renang bisa diaplikasikan dengan penggunaan material kayu serta hiasan pada dinding area kolam renang. Dengan desain yang tetap memaksimalkan cahaya natural, area kolam renangmu akan tampil dalam kesan mewah dan elegan.

Desain Kolam Renang Indoor Memanjang

Source : Pexels/Max Vakhtbovych

Pilih area rumah yang memiliki akses cahaya, misalnya area yang berbatasan dengan jendela. Jika rumah kamu terdiri dari dua lantai, letakkan kolam pada lantai pertama agar tidak memberi kesan sempit. Kamu bisa menghiasi area sekitar kolam dengan dekorasi yang sesuai agar kolam renang indoor kamu terasa nyaman.

Baca juga: 15 Desain Kolam Renang di Lahan Sempit

Penempatan Kolam Renang di Area Kamar Tidur

Source : Pexels/Quark Studio

Kamu bisa mewujudkan inspirasi hunian a la vila impian dengan kolam renang indoor yang berada di kamar tidur. Tidak mustahil, kamu hanya perlu membatasi area ruang tidur kamu dengan tirai panjang untuk memisahkannya dengan area kolam renang indoor impianmu.

Siapa yang tidak ingin begitu bangun pagi bisa langsung bermain air di kolam. Dinding bata ekspos bisa jadi opsi untuk memberikan kesan yang hangat ataupun tipe minimalis modern.

Kolam Renang Indoor dengan Atap Miring

Source : Pexels/Max Vakhtbovych

Kolam renang dalam ruangan tak harus menggunakan atap plafon. Atap miring berbahan kayu yang dilengkapi jendela kaca di bagian tengahnya, bisa jadi inspirasi desain kolam renang indoor yang tak kalah nyaman dan jauh dari kesan sumpek. Ruangan renang akan lebih terang dan terasa segar.

Tipe Mungil yang Menarik

desain kolam renang indoor
Source : Pexels/Max Vakhtbovych

Jika hanya untuk keperluan “bermain” air, tidak perlu juga membuat kolam renang dengan ukuran terlalu besar. Contohnya adalah dek berbahan kayu, kolam mini berair jernih ini sudah bisa mengakomodasi kegiatan berenang sehari-hari. Area kolam juga bisa sekaligus disatukan dengan ruang olahraga di rumah.

Namun, bila kamu ingin tetap menekankan fungsi olahraga di dalamnya, kamu bisa membuat desain kolam renang indoor terlihat elegan. Seperti yang bisa Kamu lihat pada contoh di atas.

Kolam Renang Dinding Kaca

desain kolam renang indoor
Source : Pexels/Jameel Ahmed

Dinding kaca di area kolam renang indoor kamu akan memberi kesan hangat karena memperkenankan cahaya alami masuk secara leluasa, tapi area kolam tetap terlindungi. Agar desain kolam renang indoor-mu makin nyaman, tambahkan tanaman hijau dan dekorasi dinding sebagai pelengkap. Pasti areanya akan menjadi favorit seluruh anggota keluarga.

Ide lainnya adalah membuatnya bergaya semi outdoor. Kolam renang bisa kamu tempatkan pada area rooftop ataupun halaman belakang. Kini desain kolam renang rooftop juga mulai banyak digandrungi, lho!

Baca juga:

Desain Tengah Ruangan Menarik Perhatian

desain kolam renang indoor
Source : Pexels/Taryn Elliott

Desain kolam renang indoor yang berada di tengah ruangan bisa sekaligus berfungsi sebagai penghubung antar-ruangan di rumah. Misalnya menghubungkan area ruang keluarga dengan ruang makan. Cukup sisakan sedikit ruang di sisi kolam untuk membuat jalan setapak sebagai penghubung kedua area. Atap kaca akan menjadikan tampilan kolam renang indoor kamu makin menarik karena mendapatkan cahaya alami dari luar.

Penempatan di Area Basement

desain kolam renang indoor
Source : Pinterest

Dengan beberapa keuntungan yang diberikan dengan memiliki kolam renang indoor, tentunya tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangkan desain kolam renang indoor yang cocok untuk diterapkan pada propertimu. Salah satunya memanfaatkan area basement.

Untuk merealisasikan desain kolam renang ini, kamu harus memiliki properti paling tidak memiliki dua tingkat. Area basement bisa sekaligus difokuskan untuk menampung area kolam renang, garasi, dan halaman. Untuk membuat penggunaan area bisa lebih efektif, kamu bisa menambahkan fungsi lain di area kolam seperti sebagai area kumpul keluarga atau ruang untuk menyambut tamu.

Kolam Renang Indoor Sederhana Beratap Transparan

desain kolam renang indoor
Source : Pinterest

Jika kamu memiliki rumah bertipe minimalis, bukan berarti kamu tidak bisa mengaplikasikan desain kolam renang indoor dalam propertimu. Kamu hanya perlu lebih kreatif mengatur tata letaknya. Misalnya tempatkan kolam renang dengan ukuran yang tidak perlu terlalu luas berbatasan dengan tembok beton. Sematkan atap transparan di bagian atas tembok sehingga kolam tetap terlindung dari paparan air hujan.

Dari berbagai alternatif desain rumah berkolam renang indoor yang ditampilkan, desain manakah yang paling cocok diterapkan pada propertimu? Konsultasikan desain pilihan favoritmu dengan arsitek untuk hasil maksimal sesuai impian kamu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Pixabay

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download