Pinhome

14 Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis untuk Hunian

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra ∙ 11 May 2021 ∙ 9 menit membaca

Mempunyai kolam renang minimalis di belakang rumah memang hal yang tidak bisa dikatakan mudah. Hal tersebut dikarenakan, perawatan kolam renang memerlukan alat khusus dan memakan biaya yang tidak sedikit. Bila kamu merupakan salah satu penghuni yang beruntung memilikinya, cobalah untuk merawatnya dengan benar dan juga buatlah desain yang menarik.

Pinhome – Desain kolam renang minimalis menjadi tren masyarakat kaum urban yang menyukai rumah bergaya simpel. Kolam renang yang menjadi salah satu hiburan di dalam rumah tersebut memang layak di desain maksimal agar penghuni merasakan momen liburan yang menyenangkan saat berada di rumah.

Inspirasi desain kolam renang minimalis di bawah ini siapa tahu bisa menjadi ide menarik untukmu yang sedang melakukan perancangan desain. Hal yang terpenting adalah buatlah kolam renang kecil di belakang rumah minimalis yang tidak berlebih tapi syarat akan makna.

Baca juga: 5 Pertimbangan Membuat Kolam Renang Di Rumah

Pertimbangan dalam Membuat Kolam Renang Pribadi

Membuat kolam renang
(Unsplash)

Keamanan Keluarga

Sebelum membuat kolam renang pribadi di rumah, pastikan keamanan untuk semua anggota keluarga Pins. Terlebih jika di rumah Pins memiliki anak kecil atau orang tua yang sudah lanjut usia.

Agar kolam renang di rumah tidak membahayakan semua anggota keluarga Pins, sebaiknya lengkapilah dengan pagar di sekitarnya agar anak kecil atau atau orang tua yang sudah lanjut usia tidak akan tercebur ke dalam kolam.

Baca juga : 10 Desain Kolam Renang Mewah

Pertimbangan Jangka Panjang

Rumah yang memiliki kolam renang tentu akan membuat rumah tersebut menjadi lebih menarik. Jika Pins ingin menjual rumah tersebut juga akan memberikan keuntungan yang positif karena adanya kolam renang. Namun sebaiknya jika ingin menjual rumah perimbangkanlah keinginan pembeli. Pastikan terlebih dahulu pembeli rumah Pins menyukai adanya kolam renang di rumah.

Periksa Kualitas Air

Jika ingin membuat kolam renang di rumah, periksa terlebih dahulu kualitas air di rumah Pins. Kualitas air yang baik adalah cukup jernihnya air tersebut, sehingga air di kolam renang Pins tidak perlu disaring lagi.

Namun jika kualitas air di rumah Pins kurang baik, sebaiknya jangan membuat kolam renang. Hal tersebut dilakukan karena kolam renang yang airnya keruh, tentu akan mengurangi keindahan kolam renang rumah Pins.

Baca juga: Inilah 3 Kontraktor Kolam Renang Terbaik di Jakarta

Membuat kolam renang
(Unsplash)

Periksa Keadaan Lingkungan

Jika Pins tinggal di perumahan yang memiliki fasilitas olahraga yang lengkap, seperti jogging track, pusat kebugaran dan kolam renang, sebaiknya Pins perlu berpikir ulang untuk membuat kolam renang di rumah. Selain akan mengurangi biaya perawatan kolam renang pribadi, Pins juga tidak perlu repot untuk membersihkan kolam renang setiap hari.

Baca juga: Detail Biaya Pembuatan Kolam Renang Ukuran Standar

Persiapkan Biaya Perawatan

Membangun kolam renang di rumah sendiri, tentu akan membutuhkan biaya perawatan yang tidak sedikit. Kolam renang membutuhkan klorin agar air di dalam kolam renang tetap jernih dan terhindar dari kuman serta tidak mudah ditumbuhi lumut. Selain itu kolam renang juga dapat menjadi sumber penyakit dan berkembangbiaknya nyamuk DBD.

Rumah yang memiliki kolam renang sendiri tentu akan menjadi dambaan bagi setiap orang. Namun sebelum membangun kolam renang di rumah sebaiknya pertimbangkanlah jangka panjangnya, agar Pins tidak menyesal dikemudian hari.

Baca Juga : Cara Membersihkan Kolam Renang Sendiri Dengan Mudah

Inspirasi Desain Kolam Renang Pribadi

Above-Ground Pool

kolam renang minimalis
(cracks in the pavement)

Model desain kolam renang minimalis above-ground pool cocok untuk keluarga yang ingin menghemat budget penggalian tanah untuk pembuatan kolam renang belakang rumah. Cara ini menjadi efektif karena kamu tidak perlu melakukan penggalian.

Material yang digunakan untuk pembuatan kolam ini dapat berupa alumunium, kayu maupun beton. Mayoritas desain nya portable menyerupai tangki air kosong. Apa Pins tertarik?

Baca juga: Inilah 10 Desain Kolam Renang Mewah Paling Banyak Diminati

Natural Pool

kolam renang minimalis
(hgtv)

Selanjutnya, bagi kamu yang menyukai kolam renang minimalis bergaya natural, kamu bisa membuat kolam jenis natural pool. Mengapa disebut demikian? Kolam renang natural membawa kesan tersendiri dekat dengan alam.

Dipadukan dengan ragam tanaman indah di sekitar kolam, membuat suasana kolam semakin asri. Bila kamu mempunyai lahan yang cukup, kamu bisa menambah dekorasi dengan membangun kolam ikan di sebelahnya.

Baca juga: Desain Kolam Renang Rumah

Garden-Side Pool

kolam renang minimalis
(hgtv)

Berbeda sedikit dengan ide kolam renang bergaya natural, garden-side pool dibuat penghuni yang mempunyai lahan pekarangan cukup luas. Biasanya kolam renang minimalis ini akan bersebelahan dengan taman keluarga yang menjadi tempat untuk anak-anak bermain di luar.

Ide menarik dari kolam renang di sebelah taman ini dapat membuat suasana kekeluargaan di rumah semakin hangat. Kamu dan keluarga bisa pesta barbeque bersama sambil menikmati suasana pinggir kolam.

Lap Pool

kolam renang minimalis
(poolsrus)

Kolam renang kecil di belakang rumah minimalis memang kaya akan manfaat. Selain tempat olahraga yang menarik, kolam satu ini juga berfungsi sebagai dekorasi mempercantik hunian. Desain kolam renang lap pool dapat Pins aplikasikan pada rumah minimalis dengan bentuk mengelilingi rumah maupun memanjang di belakang rumah. Sudah siap merasakan atmosfer perlombaan renang dalam rumah?

Modern Contemporary Pool

(contemporist)

Memiliki hunian yang minimalis dapat didukung pula dengan desain kolam renang minimalis bergaya contemporary. Kamu bisa menaruhnya di tengah-tengah ruangan maupun di ruangan outdoor. Tonjolkan garis-garis yang nyata pada kolam agar terkesan lugas dan apik.

Ini akan membuat kolam renang kecil di belakang rumah minimalis milikmu kian menarik. Jangan lupa pula untuk menambahkan dekorasi tanaman hias simpel di sekitar kolam.

Wooden Pool

(home-designing)

Kolam renang dengan bahan kayu atau wooden pool sering menjadi salah satu ide desain kolam renang minimalis.Tidak menjadi bahan utama dalam pembuatan kolam, tapi menjadi ide dekorasi di sekitarnya. Contohnya seperti kolam renang di atas, kamu dapat menggunakan kayu solid dengan motif gelap dipadukan dengan desain kolam renang kaca minimalis.

Plunge Pool

(plunge pool direct)

Masih bingung untuk memilih desain kolam kecil di belakang rumah? Kamu dapat menggunakan ide desain plunge pool di ruangan outdoor. Inti dari pembuatan kolam yang satu ini hanya untuk kolam santai.

Sengaja tidak dibuat besar dan dalam, kolam ini cocok untuk berendam merilekskan diri. Masukan air hangat dalam kolam dan buatlah kopi. Kamu pun dapat berendam santai sambil menikmati kopi hangat di sore hari.

Kids Pool

(pool n light)

Memiliki buah hati yang mulai suka berenang dan bermain di luar? Kamu bisa menggunakan desain kolam renang kecil di belakang rumah dengan sekat pembatas untuk kolam anak kecil.

Usahakan untuk membuat kolam dewasa berukuran tidak dalam, dan memberitahukan bahwa adanya perbedaan di kedua kolam untuk alasan keamanan. Pakailah ubin kolam dengan warna cerah, agar anak tetap terlihat saat sedang bermain.

Indoor Pool

(star line pool)

Terakhir ada desain kolam renang yang berada di dalam hunian. Ini menjadi salah satu model favorit karena kamu bisa berenang dalam cuaca apapun. Kolam renang indoor dapat kamu buat simetris tegak lurus dengan minim dekor di sekitarnya. Ini akan menghadirkan suasana kolam renang luas yang menyegarkan di dalam rumah.

Kolam Renang Minimalis

desain kolam renang rumah
(Tokopedia.com)

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mendesain kolam renang adalah pemilihan konsep yang tepat. Untuk membantumu dalam membuat konsep, kamu bisa melihat lihat gambar kolam renang dengan berbagai ukuran yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa desainer interior untuk mendapatkan hasil kolam renang rumah yang maksimal, sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kolam Renang Rumah Bergaya Modern

(Shutterstock)

Selain desain minimalis, desain modern juga tak kalah populer dan selalu diminati oleh banyak orang. Mulai dari desain rumah modern hingga desain kolam renang modern.

Konsep desain kolam renang modern bisanya dilengkapi dengan sun lounger atau yang biasa dikenal sebagai kursi santai di pinggi kolam renang. Kursi santai ini bisa digunakan untuk bersantai setelah berenang, maupun untuk melakukan tanning badan.

Baca juga: 10 Desain Kolam Ikan yang Bikin Rumah Keren

Kolam Renang Zigzag

desain kolam renang rumah
(Netproperty.net)

Desain kolam renang unik ini biasanya diterapkan untuk menyesuaikan ruangan di rumah. Selain bisa menyesuaikan kapasitas ruang yang ada, desain kolam renang zigzag ini juga bisa menambah estetika rumah karena konsepnya yang unik.

Desain Kolam Renang Rumah Bohemian

(Kolambali.com)

Pernah berkunjung ke villa di Bali yang memiliki private pool? Konsep desain kolam renang bohemian ini sangat mirip dengan gaya kolam renang villa Bali.

Biasanya gaya kolam renang bohemian ini memiliki unsur tropis dengan pepohonan di sekitanya, dengan sentuhan material kayu sebagai lantai di sekitar kolam. Tak lupa juga fasilitas tambahan seperti ayunan di atas, yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati nuansa kolam renang yang sejuk dan nyama.

Baca juga: Tips Membuat Kolam Ikan di Depan Rumah

Kolam Renang Transparan

(99.co)

Ini dia Pins, desain kolam renang yang paling viral saat ini! Konsep transparan dari kolam renang ini memang terlihat sangat estetik dan keren. Bukan hanya rumah, kolam renang transparan ini juga banyak digunakan oleh tempat wisata maupun hotel.

Tips Membuat Kolam Renang

desain kolam renang rumah
(Casaindonesia)

Setelah menentukan desain kolam renang rumah seperti di atas, hal selanjutnya yan harus kamu lakukan adalah memperkirakan dan menghitung ukuran kolam renang dan kapasitas ruang yang tersedia. Diamkan hingga kolam renang benar –benar kering. Hal berikutnya adalah pengujian terhadap kolam renang.

Pengujian ini dilakukan dengan cara mengisi kolam renang dengan air samapai penuh selama 2 samapi 3 hari, jika selama 3 hari air tersebut berkurang, berarti kolam tersebut bocor. Setalah melakukan pengujian, selanjutnya buatlah sirkulasi udara untuk perputaran air kolam.

Kolam renang harus sering dibersihkan minimal 2 minggu sekali. Gunakan beberapa alat-alat bantu dalam membersihkan kolam. Kamu bisa menambahkan beberapa hiasan seperti pot bunga, rumput hijau, batu batu kecil, dan pepohonan. Untuk menambah arena bersantai juga bisa tambahkan beberapa kursi bersantai.

Itulah ragam inspirasi desain kolam renang untuk hunian yang sayang untuk dilewatkan. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia