BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Desain Kolam Renang Anak yang Aman
0
0

10 Desain Kolam Renang Anak yang Aman

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti dan Diperbarui oleh Linda Juliawanti

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
desain kolam renang anaktop-right-banner

Memiliki kolam renang di dalam rumah menjadi hal yang menyenangkan, terutama bagi Pins yang punya anak-anak. Desain kolam renang anak yang menarik, tentu akan membuat si Kecil lebih betah di rumah. 

Saat ini, kolam renang untuk anak bisa dalam bentuk inflatable pool atau kolam karet. Kolam ini portable di mana dapat digunakan dengan mengisinya dengan angin agar mengembang.  Lalu, bisa juga membuat model hybrid, yaitu kolam renang anak yang menyatu dengan kolam dewasa. 

Tetapi jika enggan model portabel atau hybrid, ada banyak sekali konsep kolam renang yang memang dibuat khusus anak-anak. Ukuran kolam renang untuk anak-anak juga bisa mulai dari 80 x 120 cm hingga 1,5 x 2 meter. Sementara kedalamannya sekitar 60-80 cm. 

Lantaran ukurannya tidak sebesar kolam renang untuk dewasa, Pins bisa membuat desain kolam renang anak-anak minimalis, di lahan yang tidak terlalu besar, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. 

Tertarik membuatnya? Yuk, cek inspirasi kolam renang anak-anak yang aman berikut ini, Pins!

1. Kolam Renang Anak dengan Perosotan

desain kolam renang anak perosotan
Source : Walmart

Desain kolam renang anak-anak tentu lebih lengkap jika dilengkapi dengan seluncuran. Model kolam renang dengan perosotan cocok untuk rumah dengan halaman belakang yang cukup besar dan anggaran yang sesuai, 

Selain model perosotan yang dipasang di sisi kolam, Pins juga bisa memilih perosotan portable yang bisa dibeli secara terpisah. Perosotan portable lebih ringkas sekaligus lebih hemat dari sisi biaya. 

2. Desain Kolam Renang Persegi Panjang

desain kolam renang anak persegi panjang
Source : Parboaboa

Apabila kamu mencari kolam renang anak-anak yang simple dan dapat diaplikasikan pada rumah berukuran minimalis, maka buatlah berbentuk persegi panjang. Jenis kolam renang satu ini memang terbilang klasik, tetapi dapat diaplikasikan menyesuaikan sisa lahan di belakang rumah. 

Agar lebih aman dan nyaman untuk si Kecil, sisakan sekitar 1-1,5 meter pada pinggirannya untuk ruang bebas. Namun, karena ukurannya yang terbatas, kolam renang ini sulit untuk menambah tangga ataupun seluncuran. 

Baca juga: Macam-macam Kolam Renang Beserta Fungsinya

3. Kolam Renang Berbentuk Oval

desain kolam renang anak oval
Source : Houzz

Kolam renang berbentuk oval adalah opsi menarik untuk indoor maupun outdoor. Biasanya, kolam renang oval banyak diaplikasikan pada rumah modern bergaya Scandinavian dengan ciri khas pemanfaatan ruang serta pencahayaan yang optimal. 

Pins tidak membutuhkan lahan besar, gunakan salah satu ruangan di dalam rumah juga dapat kamu jadikan sebagai lokasi kolam renang oval. Manfaatkan pintu dan jendela kaca berukuran besar agar seolah mendapatkan efek berenang di luar ruangan. 

4. Kolam Renang Indoor yang Minimalis

desain kolam renang anak indoor
Source : Founterior

Keberadaan kolam renang di dalam ruang merupakan cara yang menyenangkan. Desain Sangatlah simpel dengan bentuk kotak menyesuaikan lebar ruangan. Tetapi, kelemahan kolam renang indoor ini membuat ruangan menjadi mudah becek akibat air. 

Untuk menyiasatinya, Pins bisa memasang pintu geser kaca di sekeliling kolam sehingga cipratan air tidak mudah masuk. Saat kolam tidak digunakan, Pins dapat menutup pintu geser tersebut. 

5. Ide Kolam Renang Rooftop yang Estetik

desain kolam renang anak rooftop
Source : Pinterest

Mempunyai kolam renang rooftop saat ini sedang mencari tren karena keestetikannya dan lebih nyaman tanpa adanya gangguan. Kalau Pins memiliki area rooftop yang cukup besar dan panjang, maka tak ada salahnya memasang kolam renang di sini. 

Padukan kolam renang dengan lantai kayu agar terlihat nyaman dan tidak mudah licin. Agar semakin indah dan sejuk, Pins bisa menambahkan tanaman serta kursi untuk bersantai. 

6. Desain Kolam Renang Anak Bertema Mediterania

desain kolam renang anak mediterania
Source : Dave Franklin

Tema mediterania menjadi pilihan desain kolam renang anak selanjutnya yang dapat kamu pilih. Cocok diaplikasikan pada kolam renang berukurannya kecil di area indoor atau outdoor. Ciri khas kolam renang bertema mediterania yaitu bentuknya kotak, simple, dengan ornamen dan perabot warna-warna putih dan alam di sekelilingnya. 

Baca juga: 20 Inspirasi Desain Kolam Renang Minimalis Eye-Catching dan Kekinian!

7. Desain Kolam Renang Anak dengan Dek Kayu

desain kolam renang anak dek kayu
Source : Home My Design

Material kayu pada kolam renang dapat membuat kolam lebih aman dan kokoh. Pins juga dapat mengaplikasikannya pada ukuran dan bentuk yang bervariasi sesuai dengan keinginan dan konsep pada hunian. 

Meski begitu, material kayu memiliki desain yang kaku sehingga mungkin kurang menarik bagi anak-anak. Sebagai gantinya Pins bisa menambahkan ayunan atau tempat bersantai di sisi kolam. 

8. Desain Kolam Renang dengan Mini Playground

desain kolam renang mini playground
Source : Tripadvisor

Menambahkan area bermain menjadi daya tarik lebih untuk memberikan kesenangan bagi anak-anak. sehingga anak-anak dapat bermain di dalamnya bersama dengan orang dewasa. Pins bisa memilih paket mini playgorund yang dibeli secara terpisah. 

Letakan di dekat kolam renang sehingga berenang menjadi semakin menyenangkan. 

9. Kolam Renang Model Plunge Pool

desain kolam renang plunge pool
Source : This Old House

Plunge pool merupakan desain kolam renang kecil yang cocok diaplikasikan di belakang rumah. Pembuatan kolam yang satu ini sebenarnya sebagai kolam santai. Tetapi untuk anak-anak bisa digunakan untuk bermain air. 

Kolam renang model plunge pool sering ditemukan di rumah-rumah minimalis di negara Eropa dan Amerika. Sisakan beberapa luas lahan untuk ditanami rumput untuk mencegah kolam terasa licin.

Baca juga: Berapa Standar Ukuran Kolam Renang?

10. Kolam Renang Anak-anak Kaca yang Elegan

desain kolam renang kaca
Source : Pinterest

Konsep kolam renang untuk anak-anak terakhir memberikan nuansa yang elegan dan estetik. Ukuran kolam renang ini memang tidak terlalu besar tetapi berenang di sini memberikan kesan tersendiri bagi anak-anak maupun orang dewasa. 

Tambahkan pembatas menggunakan material kaca pada sisi rumah dan sisi lain kolam agar memberikan efek transparan seolah berada di dalam aquarium. Terlihat menyenangkan, bukan?

Nah, itulah 10 desain kolam renang yang aman untuk anak-anak yang dapat Pinhome sampaikan. Tak hanya sebagai tempat bermain air dan olahraga, kolam renang di dalam rumah dapat juga digunakan sebagai tempat bersantai dan tempat berkumpul sanak keluarga. 

Anak-anak akan lebih nyaman dan betah berada di rumah. Bahkan, nilai jual rumah di masa mendatang pun akan meningkat berkat adanya kolam renang. 

Semoga artikel ini dapat menginspirasimu dalam membuat kolam renang untuk di Kecil di rumahmu, ya!

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download