Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 10 Desain Cantik Kolam Ikan Minimalis untuk Mempermanis Tampilan Rumah

Hobi

10 Desain Cantik Kolam Ikan Minimalis untuk Mempermanis Tampilan Rumah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 5 May 2021 ∙ 8 menit membaca

Di dalam feng shui, lokasi Anda meletakkan kolam ikan sangat berpengaruh dalam menghadirkan energi yang akan Anda dapatkan. Selain itu ukuran dan desain kolam juga bisa memberikan energi tersendiri. Desain kolam ikan minimalis yang terkonsep dengan apik juga akan memberikan kenyamanan untuk dipandang lama-lama oleh penghuni rumah.

Pinhome – Kolam ikan minimalis merupakan salah satu desain kolam yang sedang trending saat ini. Desain tersebut mengadaptasi gaya hunian minimalis yang mengkombinasikan kesederhanaan dan pemanfaatan ruang. Memiliki kolam ikan bisa menjadi alternatif untuk meredakan stres setelah bekerja seharian. Hal ini karena pergerakan ikan dalam kolam dan gemercik air akan menciptakan suasana damai yang tenang. Seperti halnya ketika Anda mempunyai taman bunga di halaman depan rumah.

Pada dasarnya desain kolam ikan bisa Anda buat simpel dengan memanfaatkan bahan baku yang ada di sekitar. Hal utama yang harus Anda pastikan adalah fungsi kolam ikan tersebut yang harus memenuhi ekspektasi. Ikan pun merupakan makhluk hidup yang membutuhkan perlakuan baik. Salah satu perlakuan yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan ruang gerak yang luas untuk ikan. Artinya ukuran kolam pun harus diperhatikan, jangan terlalu sempit. 

Baca Juga: Ingin Punya Kolam Ikan Dalam Rumah? Jangan Lupa Hal-Hal Berikut Ini!

Untuk memberikan gambaran bagi Anda terkait desain kolam ikan minimalis, berikut ini beberapa tampilan yang sudah Pinhome persiapkan.

Desain Kolam dengan Konsep Sungai

(Sejasa)

Jika Anda melihat dengan saksama, kolam di atas seperti replika atau miniatur dari sebuah sungai. Kolam diletakkan lebih rendah dari tanah di sekitar lalu dipasang jalan setapak yang menyerupai jembatan.

Baca Juga:  Inspirasi Model Kolam Ikan Minimalis Yang Unik Dan Tidak Biasa

Desain tersebut cukup unik mengingat biasanya kolam ikan akan diletakkan di pojok rumah sehingga orang-orang tidak akan kecemplung saat melewatinya. Konsep kolam seperti ini tentu akan menguntungkan bagi si ikan karena area yang memanjang sehingga ruang gerak ikan lebih bebas. Anda pun dapat dengan mudah memberi makan ikan sembari menyiram tanaman. 

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun kolam ikan seperti ini adalah panjang dan kedalaman kolam. Hal ini karena Anda harus menyesuaikan dengan luas halaman rumah. Selain itu pastikan juga ketika hujan kolam tidak langsung menerima aliran air hujan, hal ini agar air kolam tidak meluap sehingga ikan malah keluar. Terakhir, pastikan bahan yang Pins gunakan untuk membuat jembatan kuat dan tidak mudah licin, karena ini sebagai perlindungan bagi siapa saja yang melintas di atas jembatan.

Kolam di bawah Gazebo

(Sejasa)

Ide inspiratif lain dalam membuat kolam adalah seperti di atas. Tampilan desain kolam di bawah gazebo ini seperti menduplikasi konsep restoran gubuk, yang mana di bawah terdapat kolam ikan atau sawah. Anda akan merasa nyaman saat bercengkrama di atas gazebo bersama teman dan keluarga. 

Area gazebo bisa Anda manfaatkan untuk makan siang atau momentum arisan keluarga. Selain itu kolam dengan konsep gazebo seperti ini memudahkan Anda untuk mencari posisi memberi makan ikan. Anda bisa langsung naik ke gazebo sembari memberikan makanan ikan.

Namun, dalam proses pembangunan kolam seperti ini Anda perlu menyiapkan budget yang tidak sedikit, karena Anda perlu membuat fondasi kuat untuk gazebo dan menentukan luas kolam tersebut. Untuk perawatan kolam sebenarnya Anda hanya perlu memastikan tidak ada ruang bagi jentik nyamuk untuk berkembang. Hal ini karena terdapat kolong gelap di bawah gazebo yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Bila tidak diurus dengan baik, bisa-bisa sesi duduk-duduk cantik di gazebo menjadi tidak nyaman.

Kolam dengan Konsep Parit yang Cantik

(Brilio)

Desain kolam ikan minimalis selanjutnya adalah konsep parit. Anda pasti tahu parit ya? Parit merupakan saluran air atau biasa disebut comberan yang terletak di depan rumah. 

Tampilan kolam ikan ini cukup sederhana hanya dengan membentuk persegi panjang, lalu diberikan ornamen pada pinggiran kolam seperti batu-batuan maka jadilah kolam ikan sederhana yang menarik mata.

Anda bisa juga meletakkan beberapa tanaman pada bagian pojok yang dekat dengan dinding. Selain itu peletakkan kolam yang berada di tengah rumput taman dan sintetis menjadikan kolam tersebut bagaikan sumber air di tengah padang rumput.

Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

(Rumah123)

Kolam ikan minimalis batu alam bisa jadi referensi Anda untuk membangun kolam. Desain yang sederhana hanya memerlukan tumpukan batu alam yang bisa Anda rekatkan dengan semen, lalu memastikan dasar kolam telah dialasi dengan semen yang anti bocor.

Anda bisa menyesuaikan ukuran kolam berdasarkan jenis ikan yang akan Anda pelihara. Apabila Anda akan memelihara ikan koi maka Anda bisa menjadikannya kolam ikan koi minimalis, sehingga ukuran kolam pun harus luas untuk memberi ruang gerak ikan. Namun, jika yang akan Anda pelihara adalah ikan-ikan kecil seperti ikan gapi/guppy maka ukuran kolam bisa lebih kecil mengingat ukuran ikan guppy hanya seujung jari.

Anda bisa menambahkan hiasan seperti tanaman di sekeliling kolam. Selain itu untuk menciptakan suasana temaram yang indah di malam hari, penambahan lampu berwarna kuning bisa menjadi ornamen yang cantik.

Kolam Ikan dari Pot Bunga Bekas

(Manda Siregar)

Pot bunga punya fungsi untuk menanam tanaman. Biasanya bahan dasar dari pot bunga adalah plastik, batu atau tanah liat. Nah, apabila Anda mempunyai pot bunga bekas dari batu atau tanah liat jangan langsung dibuang atau dijual ya. Pot tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai kolam ikan. Apalagi jika wadah atau pot bunga dari batuan alam, maka ini akan nampak seperti kolam ikan minimalis batu alam.

Anda juga bisa menambahkan tanaman air seperti teratai atau eceng gondok untuk mempercantik permukaan kolam. Anda bisa meletakkan kolam ikan ini di depan teras rumah supaya dapat terlihat dengan mudah. Agar teras atau taman Anda lebih indah, manfaatkan lebih dari satu pot bunga menjadi kolam ikan. 

Memanfaatkan teras samping sebagai Kolam Ikan

(Arsitag)

Apabila Anda mempunyai teras di sebelah kamar atau pintu samping rumah yang kosong, maka ini bisa difungsikan sebagai kolam ikan. Penempatan kolam ikan yang berada di teras samping bisa menjadi media untuk penyegaran apabila Anda merasa penat. Anda juga bisa mengganti tembok semen dengan tembok kaca, sehingga kolam dapat terlihat dari dalam rumah.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kolam seperti ini adalah luas dan ketinggian kolam. Selain itu perhatikan juga jarak kolam dengan tembok kaca sebagai pembatas rumah dan kolam. Anda juga bisa menempatkan lampu berwarna kuning sebagai sumber cahaya pada malam hari sehingga suasana temaram membuat kolam ikan tampak cantik.

Kolam sebagai transisi menuju ke dalam bangunan rumah

(Arsitag)

Anda yang mempunyai lahan taman luas, cobalah bangun kolam ikan. Untuk membuat tampilan rumah lebih estetik, unik dan indah Anda bisa menempatkan kolam ikan persis di depan pagar rumah. Jadi setiap orang yang masuk ke rumah akan merasakan suasana segar karena mata mereka langsung disambut dengan gemercik air kolam dan ikan-ikan cantik.

Hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat kolam seperti ini adalah luas serta ketinggian kolam. Hal ini agar kolam tetap bisa menjadi ornamen pemanis rumah dan tidak membahayakan orang lain saat melewatinya karena licin. 

Kolam ikan dengan memanfaatkan kaca

(riuh imaji)

Siapa bilang aquarium tidak dapat diletakkan di luar rumah? Nah rekomendasi desain kolam yang satu ini bisa Anda aplikasikan, lho. Bentuk kolam ikan di atas seperti aquarium yang ditanam di tanah lalu diberikan ornamen menarik di pinggiran kolam. Apabila Anda bosan dengan kolam yang dibuat sejajar dengan tanah, maka opsi ini akan menampilkan suasana baru. 

Jangan lupa untuk memberikan atap pada jenis kolam ini. Hal ini agar saat hujan ikan-ikan di dalam tidak akan terkena air hujan yang mungkin sudah terkontaminasi polusi. Berikan juga tanaman air yang menutupi permukaan kolam sebagai tempat berlindung ikan saat cuaca panas dan terik.

Kolam ikan Ikan Koi Melayang

(citra indonesia)

Kolam ikan koi melayang bisa menjadi referensi Anda yang ingin mempunyai kolam ikan unik nan cantik. Ikan yang ada di kolam akan terlihat seperti terbang atau melayang saat masuk ke cerobong kaca berbentuk persegi panjang. Cerobong tersebut sengaja dibuat dari kaca agar dapat dilihat oleh siapapun dari luar. 

Di dalam persiapan membuat kolam melayang tersebut pastinya Anda harus memilih bahan kaca yang kuat. Hal ini supaya kaca dapat menahan tekanan air dan juga tidak mudah roboh. Jangan lupa juga Pins perlu memberikan celah yang lebar di dasar cerobong sehingga ikan koi dapat masuk menuju cerobong. 

Kolam Ikan dengan Bambu

(temonggo)

Ingin mengkreasikan kolam dengan tampilan unik yang lain? Opsi ini bisa Anda gunakan dalam membuat kolam. Desain kolam ikan menggunakan bambu bisa membuat taman terasa lebih asri. Hal ini karena Anda menggunakan material yang menyatu dengan alam. 

Di dalam membangun kolam dengan bambu tersebut, Anda harus memastikan kualitas bambu yang Anda pilih bagus. Pada dasarnya dalam membangun kolam di atas terdapat dua lapisan. Lapisan pertama menggunakan semen untuk kolam, lalu dilapisi lagi dengan bambu yang mempercantik sisi-sisi kolam ikan. Kesan minimalis sangat terpancar dari balutan bambu yang kuning.

Nah, Pins itu saja beberapa desain kolam ikan minimalis untuk mempermanis tampilan rumah. Apabila Anda sudah siap dengan budget yang ada, maka mulailah membuat anggaran untuk membangun salah satu kolam di atas yuk! Selamat mencoba!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Tags :

Bagikan Artikel