Pinhome

Tips Rumah Anti Banjir Solusi Tinggal di Kawasan Banjir!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 9 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah anti banjir merupakan rumah impian semua orang. Terutama, jika kamu tinggal di perkotaan. Kepadatan penduduk yang ada, membuat lahan dan harga tanah semakin tidak kompromi.

Hal ini membuat seseorang terpaksa untuk tinggal di kawasan banjir. Dengan harapan, mendapatkan harga rumah murah. Tapi tentunya, tinggal di kawasan banjir akan sangat beresiko.

Jika musim hujan tiba, kamu harus melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi banjir, mulai dari mengamankan perabotan dan berbagai aksesori rumah, mengemas dokumen-dokumen penting, mengamankan instalasi listrik dan air, serta senantiasa berjaga-jaga untuk memastikan keselamatan seluruh penghuni rumah.

Seseorang yang tinggal di kawasan banjir harus siap kehilangan harta bendanya atau mengalami kerusakan sejumlah fasilitas yang dimiliki. Tidak hanya itu, banjir bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa.

Hanya saja keterbatasan lahan dan harga tanah membuat seseorang tidak memilki pilihan lain, dan dengan terpaksa mereka harus tinggal di kawasan banjir. 

Baca juga: Tips Rumah Terendam Banjir Air Laut Pasang

Tips Rumah Anti Banjir

Siapa sih yang ingin rumahnya terkena banjir? Banjir membawa lebih banyak bahaya dan dampak negatif. Berikut ini informasi penting mengenai tips membangun rumah anti banjir. Yuk kita cek bersama-sama, Pins!

1. Membangun Rumah Anti Banjir

tips rumah anti banjir
(Pinterest)

Bagi kamu yang hendak membangun rumah baru di kawasan banjir, sebaiknya pikirkan dulu desain rumah terbaik agar bisa terhindar dari banjir. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan untuk membangun rumah anti banjir.

Bangun Pondasi yang Tinggi

Salah satu penyebab terjadinya banjir di Indonesia adalah banyaknya daerah yang dibangung di dataran rendah. Tentunya, ini akan menjadi penampung air jika hujan tiba. Terlebih lagi, jika dataran rendah tersebut tidak memiliki saluran air yang cukup untuk mengalirkan air hujan.

Dikutip dari aneka literatur tentang konstruksi dan arsitektur, salah satu prasyarat pengembangan rumah untuk kawasan yang biasa didera banjir adalah meninggikan pondasi. Ketinggian yang ideal sebuah rumah untuk kawasan banjir adalah antara 40-50 cm. Pastikan untuk memperhatikan hal ini agar kelak rumah bisa bebas banjir, meski berada dibangun dikawasan langganan banjir.

Pastikan Halaman Rumah Lebih Tinggi dari Permukaan Jalan

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membangun rumah anti banjir adalah menguruk tanah dengan ketinggian minimal 50 cm di atas permukaan jalan. Dalam hal ini, pastikan halaman rumah dan carport lebih tinggi dari permukaan jalan.

Sifat dasar air adalah mengalir dari permukaan yang tinggi ke bagian yang lebih rendah. Ini adalah salah satu hal yang harus diperhatikan saat membangun rumah di lingkungan langganan banjir. Pastikan untuk memperhatikan tinggi badan jalan, lakukan ini untuk memastikan ketinggian pondasi rumah berada diatas atau minimal setara dengan badan jalan, perhatikan juga ada tidaknya saluran air disekitar lingkungan rumah. Ini dimaksudkan agar air tidak mengenangi bagian dalam saat banjir menjelang.

Pahami Ketinggian Banjir yang Pernah Terjadi

Selain membuat pondasi dan permukaan yang lebih tinggi, kamu juga harus memahami ketinggian maksimal banjir yang pernah terjadi.

Pastikan ketinggian bagian inti rumah sudah berada di atas ketinggian maksimal banjir tersebut. Minimal lebih tinggi daripada permukaan jalan, sungai, ataupun saluran air lainnya.

Gunakan Sistem Drainase One Way

Tips rumah anti banjir selanjutnya adalah dengan memperhatikan sistem drainase atau saluan pembuangan air di rumah kamu.

Pastikan kamu menggunakan katup one way pada sistem drainase untuk mencegah arus balik pembuangan air ke rumahmu. Selain itu, pastikan drainase, septictank dan instalasi listrik dirancang pada area yang bebas banjir.

Itu dia tips membangun rumah di kawasan banjir. Lalu, bagaimana tips rumah anti banjir untuk rumah yang sudah dibangun? Jangan khawatir, kamu bisa merenovasinya dengan cara berikut ini!

2. Renovasi Rumah Anti Banjir

tips rumah anti banjir
(Pinterest)

Bagi kamu yang hendak merenovasi rumah. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk membuat rumah anti banjir:

Menaikkan Tinggi Lantai

Tips rumah anti banjir pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menaikan tinggi lantai rumah. Pastikan jarak antara lantai dan plafond tidak terlalu dekat. yakni tinggi plafond tidak terlalu dekat dengan kepala laki-laki dewasa.

Membuat Blokade di Sekitar Teras

Membuat blokade di sekitar teras rumah merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan sebagai upaya mencegah banjir. Desain rumah ini terbilang lebih simpel dan mudah.

Sayangnya, tips renovasi rumah anti banjir ini beresiko akan mengurangi nilai estetika rumah. Jika kamu merupakan pecinta rumah estetik, mungkin kamu perlu mempertimbangkan cara ini, atau mencari referensi desain rumah anti banjir yang tepat agar tidak merusak desain rumah estetik kamu.

Membuat Kolam di Halaman Rumah

Jika kamu tinggal di kawasan banjir yang ringan, mungkin cara ini bisa menjadi pilihan tepat untukmu. 

Keberadaan kolam di halaman rumah mampu menahan banjir ringan. Namun, cara ini terbilang kurang efektif, karena tidak bisa menahan banjir besar. 

Membuat Daerah Resapan Air

Tips rumah anti banjir selanjutnya adalah dengan membuat daerah resapan air. Daerah ini disediakan untuk masuknya air kepermukaan tanah sehingga membentuk suatu aliran air di dalam tanah.

Daerah resapan air sangat berperan penting sebagai penampung air hujan, serta pengendali banjir dan kekeringan di musim kemarau. Untuk membuat daerah resapan air ini, kamu bisa memulainya dengan membuat lubang – lubang biopori di halaman rumah.

Lakukanlah Pengurukan

Bisa saja posisi rumah sudah memang lebih rendah dari badan jalan, dengan pondasi tanam yang sudah barang tentu memang menjadikan konstruksi banggunan lebih rendah. Ini tentu sangat memungkinkan air masuk kala banjir datang. Untuk itu, cara yang paling efektif lagi efisien adalah dengan melakukan pengurukan, setidaknya untuk memastikan posisi halaman, serta carport lebih tinggi dari badan jalan.

Nah itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk wujudkan hunian sehat bebas banjir di kawasan banjir. Semoga tips ini bermanfaat!

Baca juga: Tips Mencegah Jamur dan Lumut Muncul di Rumah


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya Rembulan

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Edukasi
Edukasi 5 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, Lengkap!

Sebagai karyawan, kamu tentu harus membuat surat izin jika berhalangan untuk masuk kerja. Entah kar

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Motor dan Mobil

Surat-menyurat tak cuma digunakan di perkantoran, tapi administrasi publik juga, seperti halnya den

Kecantikan
Kecantikan 13 Trend Model Rambut Mullet Wanita Edgy

Model rambut mullet wanita, kini mulai wara-wiri menjadi salah satu tren yang digemari, khusunya un

Edukasi
Edukasi Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja & Cara Membuatnya

Berkas administrasi yang diperlukan sebelum bisa mulai bekerja di sebuah perusahaan itu berbeda sat

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia