BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Bangun Rumah di Jakarta
0
0

Tips Bangun Rumah di Jakarta

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 4, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips bangun rumah di jakartatop-right-banner

Bangun rumah di Jakarta merupakan suatu kepuasan tersendiri karena kawasan ibu kota Indonesia yang sangat berkembang pesat ini sangat cocok untuk area investasi dibidang properti khususnya pembangunan rumah tinggal. Karena Jakarta merupakan kota besar yang memiliki banyak peraturan, baik tertulis maupun peraturan budaya.

Meskipun begitu, biaya yang diperlukan dalam membangun rumah di Jakarta juga terbilang lebih mahal dibandingkan daerah lainnya. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membangun rumah di Jakarta. Nah, di sini kami akan menguraikan beberapa tips bangun rumah di Jakarta.

Tips Bangun Rumah di Jakarta

tips bangun rumah di jakarta
Source : Shutterstock

Antisipasi Banjir

Pernah lihat di televisi bahwa banyak kawasan banjir di jakarta? Ada baiknya dalam membangun rumah buat upaya untuk mengantisipasi agar tetap aman ketika banjir melanda. Misalnya, dengan peninggian lantai atau membangun rumah panggung.

Baca juga: Tips Rumah Anti Banjir | Solusi Tinggal di Kawasan Banjir!

Mengurus Perizinan

Mengurus IMB izin mendirikan bangunan sebelum proses pembangunan berlangsung, tentunya kita tidak berharap kedatangan tamu satpol pp yang siap menyegel dan menghentikan proses pembangunan karena kita belum mengantongi IMB.

Baca Juga: Tips Membuat Rumah Hemat Energi Sebelum Membangun Rumah

Perhatikan Peraturan

Memperhatikan peraturan jam lalu lintas, serta pada jalan mana boleh dilalui kendaraan bermuatan material bangunan. jika melanggar maka siap-siap saja terkena tilang dan barang kita tersita untuk sementara waktu sehingga proses pembangunan menjadi terhambat.

Perhatikan Perkembangan Wilayah

Memperkirakan perkembangan wilayah kedepan, contohnya jika suatu daerah akan dibangun fasilitas umum oleh pemerintah daerah maka ada kemungkinan tanah dan bangunan kita kena gusur dan mendapat ganti rugi. Jadi perencanaan rumah sebaiknya memperhatikan hal ini.

Buat Ruang Kosong

Memberikan ruang kosong untuk taman, menghabiskan semua lahan untuk bangunan merupakan sesuatu yang berlebihan, karena ada air hujan yang berhak masuk kedalam bumi untuk menjadi air bawah tanah. Jika sebagian besar permukaan bumi tertutup bangunan, maka besar kemungkinan terjadi banjir karena air tidak dapat meresap ke bumi.

Pahami Kondisi Lingkungan

Membangun rumah berarti menerima kondisi lingkungan setempat, jadi perlu dilihat bagaimana kondisi lingkungan masyarakat sekitar apakah udaranya bersih, airnya segar dan cocok untuk mendidik dan membersarkan anak tercinta.

Baca Juga: Tips Memilih Arsitek Berkualitas Untuk Bangun Rumah

Pertimbangkan Biaya

Biaya material bangunan di Jakarta cukup mahal, oleh karena itu bisa mencari alternatif untuk mendatangkan bahan bangunan dari kota sekitar seperti Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor dan kota lainya.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Material Bangunan Rumah

Sekiranya, itu dia beberapa tips bangun rumah di Jakarta yang harus kamu lakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat ya, Pins!

Baca Juga: Cara Menghitung RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download