BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Desain Rumah Terbaik di Indonesia yang Menginspirasi
0
0

8 Desain Rumah Terbaik di Indonesia yang Menginspirasi

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 21, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Penasaran bagaimana bentuk desain rumah terbaik di Indonesia dan bahkan paling bagus di dunia? Pinhome telah merangkumkan cirinya dalam artikel ini! Banyak sekali kriteria yang kita gunakan dalam menyeleksi berbagai macam model rumah yang ada dari mulai minimalis, klasik, mediterania dan model lainnya sehingga akhirnya diputuskan peringkat pertama desain rumah terbaik.

Kamu juga bisa menemukan deretan Rumah Ekslusif yang direkomendasikan oleh Pinhome. Temukan rumah bekas di Kec Bandung Kidul atau perumahan baru di Kabupaten Bekasi terbaik seperti Panorama Bekasi Residence pada aplikasi Pinhome. Kamu juga bisa menemukan hunian dekat pasar tradisional seperti Pasar Beringharjo.

Ciri Rumah Terbaik di Indonesia

Ada beberapa ciri dari sebuah hunian yang diakui berkualitas khususnya di Indonesia. Selain konstruksinya yang kuat juga mampu memaksimalkan setiap sudut ruangan. Adapun kriteria rumah terbaik di Indonesia antara lain adalah:

  • Bangunan rumah dapat bertahan dalam waktu yang lama. Terlebih jika dilakukan perawatan secara berkala guna memperpanjang usia bangunan layak digunakan
  • Hunian tergolong ramah lingkungan yang mana memiliki sanitasi dan sirkulasi udara yang baik
  • Selain betah dihuni oleh pemilik rumah juga membuat pengunjung atau tamu merasa nyaman dan betah tinggal di rumah tersebut
  • Desain rumah dapat diterima dan tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya. Misalnya atap carport tidak sampai menonjol hingga ke bahu jalan dan menjadi penghalang bagi kendaraan besar berlalu lalang di jalan raya
  • Ketika cuaca panas hunian tetap sejuk dan saat musim hujan tiba rumah tetap aman menahan guyuran air alias anti kebocoran

Baca juga: Desain Rumah Termewah di Indonesia

Contoh Desain Rumah Terbaik

Kamu bisa menemukan desain rumah terbaik di Indonesia pada hunian yang ada di bawah ini. Fasad rumah yang tampak menarik, terlebih bagian interior yang mampu meningkatkan kenyamanan penghuninya.

1. Dra House

(

Hunian ini merupakan karya dari D-Associates yakni konsultan Gregorius Supie Yolodi bersama dengan Maria Rosantina. Villa ini bahkan menyabet penghargaan “Arcasia Awards for Architecture”. Konsep huniannya menyatu dengan lingkungan dengan kolam renang berada di tengah bangunan hunian.

2. Distort House

(

Rumah ini adalah karya TWS & Partners dengan banyak bukaan dan ruang terbuka hijau. Keunggulan dari konsep ini adalah mengesankan hunian yang sejuk dan luas. Terlebih Distort House dekat dengan taman kota yang menambah suasana asrinya. Bagian yang menonjol dari hunian ini adalah pemakaian kayu dan beton untuk dinding dan tepian ventilasi.

3. Denpasar House

(

Desainnya yang mewah dikombinasikan dengan rumah tradisional Jawa sehingga tampak lebih modern. Properti karya Atelier Cosmas Gozali ini mempunyai halaman tengah dengan bukaan yang besar. Fungsinya memaksimalkan pencahayaan dan sirkulasi udara alami.

Bagian hiasan dinding dan dekor menggunakan unsur alami seperti batu alami dan kayu. Rumah ini juga menggunakan cross ventilation dan material lokal sehingga lebih ramah lingkungan.

4. Rumah Botol

(

Ridwan Kamil meninggalkan banyak arsitektur menarik salah satunya rumah botol. Disebut dengan rumah botol karena pemakaian botol sebagai fasad rumah. Desainnya ini bahkan berhasil meraih “BCI Green Award” di tahun 2009 karena masuk dalam kategori rumah ramah lingkungan, nih.

5. Rumah Kotak Kayu

(

Tim Realrich Architecture Workshop (RAW architecture) mendirikan rumah berlantai tiga ini dengan material kayu sebagai lantai, jendela sekaligus taman yang ada di lantai 2. Bagian lantai 1 sebagai garasi dan lantai di atasnya sebagai tempat tinggal.

Dalam pembuatan bangunannya menggunakan lima tipe kayu lokal. Mulai dari pemakaian kayu jati Belanda atau pinus yang terkenal kuat. Ada pula kayu trembesi sebagai bagian dari material lantai rumahnya.

6. Splow House

(

Lahan terbatas tidak mengurangi kreativitas Studio Arsitek yang berbasis di Jakarta, Delution Architect untuk membuat rumah terbaik. Lahannya hanya selebar 6 meter persegi namun menggunakan konsep split agar terlihat memiliki 2 lantai.

Padahal kenyataannya rumah tersebut terdiri atas 3 lantai dan 5 lantai mezanine yang disambungkan tangga tepat berada di void di tengah bangunan. Fungsi void adalah membuat rumah memperoleh cukup pencahayaan baik dari sinar matahari maupun lampu.

7. Dancing Mountain House

Source : Kompas

Rumah karya Budi Pradono ini pernah mendapatkan penghargaan Arcasia Awards for Architecture 2016 sebagai karya residensial terbaik. Lokasinya berada di Desa Tetep Wates Argomulyo, Salatiga yang memanfaatkan material bambu yang mendominasi bangunan.

Dari luar tampak bukaan yang banyak dari dindingnya. Bagian pilar juga menggunakan bambu yang disusun miring di tengah atap.

8. Heavy Rotation House

(

Desain Heavy Rotation House adalah karya studio Parametr Architect. Rumah ini sebenarnya hasil renovasi rumah lama yang diharmonisasikan dengan bangunan baru. Terlihat void dan skylight dalam rumah ini dimaksimalkan dengan baik yang terlihat sangat dinamis dan unik.

Rumahnya tidak langsung menghadap ke arah cahaya matahari. Tujuannya agar mengurangi pemakaian secondary skin yang berguna melindungi bangunan dari temperatur ekstrim.

Desain rumah terbaik di Indonesia di atas ternyata tidak hanya diakui oleh institusi nasional saja melainkan mancanegara. Hunian yang dibangun ternyata memiliki fasad unik dan mempunyai banyak pilihan ventilasi. Unsur alam ikut ditonjolkan begitu pula pemakaian bahan lokal juga dititikberatkan.

Baca juga:

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami New Abaya Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download