BlogPemilik PropertiDesain HunianSelalu Dikira Sama! Ini Dia 5 Perbedaan Carport dan Garasi Mobil
0
0

Selalu Dikira Sama! Ini Dia 5 Perbedaan Carport dan Garasi Mobil

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Sep 16, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins siapa yang menganggap carport dan garasi mobil adalah satu hal yang sama? Walaupun memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyimpan kendaraan agar tidak parkir sembarangan, tetapi dua hal ini adalah dua hal yang berbeda loh Pins. Perbedaan tersebut dinilai dari sisi definisinya, sisi materialnya, sisi biaya pembangunannya, sisi bentuk dan luasnya, serta sisi keamanan fungsinya. Simak artikel ini ya Pins agar mengetahui perbedaan carport dan garasi mobil, Kamu juga bisa mengetahui mana pilihan yang cocok untuk menyimpan kendaraan di rumah Kamu!

Kamu dapat menemukan rumah dengan carport ataupun garasi mobil di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Kamu juga bisa membangun rumah sendiri di KPR rumah dengan carport atau garasi mobil setelah mengetahui perbedaannya di artikel ini.

5 Perbedaan Carport dan Garasi Mobil

Kebanyakan pemilik rumah pasti ketika mendengar carport dan garasi mobil akan memiliki anggapan bahwa keduanya merupakan hal yang sama, mereka menganggap bahwa carport adalah bahasa inggris dan garasi mobil adalah bahasa indonesianya. Sejatinya, dua hal tersebut adalah dua hal yang berbeda jika memperhatikan beberapa aspek dalam menilai perbedaannya. Walaupun fungsi yang dimanfaatkan adalah sama, untuk menyimpan kendaraan secara teratur di dalam tempat penyimpanan mobil, tetapi Kamu harus tahu perbedaan sebenarnya dari kedua hal tersebut.

Ketika Kamu memiliki kendaraan bermobil tentunya membutuhkan tempat yang dijadikan sebagai penyimpanan mobil Kamu, karena jika Kamu tidak memiliki tempat penyimpanan mobil, di mana kah mobil Kamu akan diparkirkan? Kebanyakan orang-orang menggunakan jalan umum di pinggir jalan untuk memarkirkan kendaraannya. Tentu Kamu sepakat bahwa ini merupakan yang salah kan Pins, karena fungsi jalanan menjadi tidak maksimal jika terdapat mobil yang terparkir. 

Pemilik kendaraan yang bijak akan memikirkan orang lain ketika memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan, mereka pasti akan merasa tidak tepat untuk memarkirkan kendaraannya di tempat yang tidak sesuai fungsinya. Sangat tidak bijak rasanya menggunakan sebagian jalan untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu, Kamu harus membangun carport atau garasi mobil sebagai tempat penyimpanan kendaraan yang tepat sehingga tidak memarkir sembarangan.

Berikut ini beberapa perbedaan carport dan garasi mobil yang perlu Kamu ketahui sebelum membuat penyimpanan kendaraan di rumah Kamu:

1. Perbedaan Ditinjau dari Sisi Definisi

perbedaan carport dan garasi
Source : iStock

Perbedaan yang pertama dari carport dan garasi mobil ditinjau dari sisi definisinya. Menurut definisi yang beredar, carport didefinisikan sebagai tempat menyimpan kendaraan bermobil yang keberadaannya berada di samping terpisah dengan bangunan rumah Kamu dengan sebuah atap sebagai pelindung mobil dari hujan dan matahari, lalu dengan tiang-tiang penyangga yang membuat carport tersebut berdiri kokoh.

Kemudian, menurut definisi yang beredar juga, garasi mobil didefinisikan sebagai bangunan yang menyatu dengan arsitektur rumah untuk menyimpan kendaraan bermobil secara tertutup. Dari definisinya saja sudah berbeda kan Pins! Carport bangunannya terpisah dari rumah Kamu, sedangkan garasi mobil menyatu dengan arsitektur rumah. Biasanya garasi mobil memiliki pintu yang dapat diakses dari dalam rumah.

Baca juga: 10 Model Plesteran Halaman Rumah untuk Carport

2. Perbedaan Ditinjau dari Sisi Penggunaan Material

perbedaan carport dan garasi
Source : iStock

Perbedaan yang kedua dari carport dan garasi mobil ditinjau dari sisi penggunaan materialnya. Penggunaan material carport biasanya menggunakan rangka baja ringan sebagai penopang berdirinya tiang-tiang penyangga. Carport ini adalah halaman rumah yang digunakan sebagai tempat menyimpan kendaraan bermobil. Biasanya untuk mencegah mobil terkena tumpahan air hujan dan panasnya matahari, pemilik rumah akan memasangkan kanopi untuk mencegah mobil dari jamur dan perusakan mobil.

Sedangkan, penggunaan material garasi mobil akan mengikuti konstruksi rumah Kamu yang memiliki dinding dan plafon, karena keberadaannya yang menyatu dengan rumah. Jadi penggunaan materialnya bisa menggunakan batu bata sebagai dindingnya, semen, dan terdapat pintu khusus yang terbuat dari metal atau kayu.

Ketahui juga ide desain rumah dengan garasi!

3. Perbedaan Ditinjau dari Sisi Biaya Pembangunan

perbedaan carport dan garasi
Source : iStock

Perbedaan yang ketiga dari carport dan garasi mobil ditinjau dari sisi biaya pembangunannya. Tentunya carport yang hanya menggunakan kanopi dan tiang-tiang penyangga, tanpa dinding, tanpa pintu khusus, memiliki biaya pembangunan yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Kamu juga akan mendapatkan pembangunan carport secara cepat dan mudah. Ketahui referensi desain garasi mobil yang unik dan beda dari yang lain.

Sedangkan, karena garasi mobil dibuat selalu menyatu dengan bagian rumah, maka konstruksinya akan mengikuti bagaimana rumah tersebut akan dibangun. Jika material pembangunan garasi mobil yang menyatu dengan rumah dibuat berbeda dan lebih murah, tentunya akan membuat rumah dan garasi mobil tidak senada dan dikhawatirkan akan membuat garasi mobil Kamu menjadi kurang bagus kualitasnya.

4. Perbedaan Ditinjau dari Sisi Bentuk dan Luas

perbedaan carport dan garasi
Source : iStock

Perbedaan yang keempat dari carport dan garasi mobil ditinjau dari sisi bentuk dan luasnya. Bentuk carport memiliki gaya semi terbuka karena penggunaan material yang membentuknya hanya menggunakan tiang-tiang dan atap. Carport tidak memiliki dinding yang melindungi mobil dari debu dan kotoran yang tertiup angin, jika hujan angin mobil Kamu akan terkena tampias airnya. Sedangkan, garasi mobil memiliki bentuk tertutup yang mengikuti desain rumah Kamu, pada umumnya bentuknya akan seperti ruangan biasa dengan dinding atau tembok di sekelilingnya dan tambahan pintu khusus yang menjadi ciri khas garasi mobil.

Untuk ditinjau dari sisi luas, biasanya carport memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan garasi mobil. Hal ini dikarenakan, fungsi pembuatan carport adalah untuk tempat menyimpan kendaraan mobil saja, berbeda dengan garasi mobil yang fungsinya digunakan sebagai tempat menyimpan kendaraan bermobil dan juga menyimpan barang-barang. Kamu dapat mengetahui ukuran standar garasi mobil yang ideal. Jika Kamu memiliki luas rumah yang tidak terlalu besar, maka carport adalah pilihan yang cocok.

Baca juga15 Model Pintu Garasi Minimalis, Bikin Rumah Jadi Modern

5. Perbedaan Ditinjau dari Sisi Keamanan

perbedaan carport dan garasi
Source : iStock

Perbedaan yang terakhir dari carport dan garasi mobil ditinjau dari sisi keamanannya. Seperti yang sudah Kamu ketahui dari penjelasan di atas, carport dibangun terbuka tanpa dinding dan tembok, hanya menggunakan atap sebagai pelindung hujan dan matahari. Sedangkan, garasi mobil merupakan tempat mobil berlindung secara tertutup di dalam bangunan. Dari hal tersebut dapat diambil kesimpulan, bahwa keamanan carport lebih besar resikonya karena memiliki bangunan yang terbuka dan tidak dapat dikunci. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang memiliki carport tidak memanfaatkannya sebagai tempat menyimpan barang, karena barang-barang tersebut dapat terlihat dengan jelas dari luar.

Jika Kamu ingin keamanan yang lebih tinggi, maka garasi mobil adalah pilihannya. Selain mobil Kamu terjaga dari debu, air hujan, dan matahari, mobil Kamu juga tersimpan aman di dalam bangunan tertutup yang dapat dilakukan penguncian berstandar keamanan. Lalu, hal ini juga yang mendasari kebanyakan orang menyimpan barang-barangnya di garasi mobil, karena barang-barang tersebut tidak dapat terlihat dari luar.

Itulah Pins beberapa perbedaan dari carport dan garasi mobil. Setelah Kamu mengetahui perbedaannya, Kamu dapat menentukan mana pemilihan yang tepat untuk dibangun di rumah Kamu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga20 Model Batu Alam untuk Garasi Mobil

Source Feature Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download