BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAWaspada! Berikut 5 Ciri-ciri KPR Ditolak yang Wajib Dihindari
0
0

Waspada! Berikut 5 Ciri-ciri KPR Ditolak yang Wajib Dihindari

Dipublikasikan oleh Athiah Amida dan Diperbarui oleh Athiah Amida

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
ciri ciri kpr ditolaktop-right-banner

Menunggu keputusan dari pihak bank penyedia KPR, memang bisa membuat pemohon merasa cemas. Cemas dikarenakan khawatir permohonan pengajuan KPR ini tidak disetujui oleh bank. Sebenarnya bagaimanakah ciri ciri KPR ditolak?

Walaupun setiap bank bisa memiliki kebijakan yang berbeda-beda, tapi kurang lebih penolakan pengajuan KPR hampir sama. Inilah ciri-ciri KPR ditolak yang membuat kamu tidak dapat membeli rumah dengan sistem KPR

Baca juga: Beli Rumah KPR, Solusi Berhemat di Perantauan

Belum Memenuhi Masa Kerja

Source : Freepik

Dalam mengajukan KPR, ada persyaratan masa kerja yang harus dipenuhi. Umumnya, bank mensyaratkan bagi pemohon yang merupakan karyawan sudah bekerja paling tidak selama 1 tahun. Sementara itu, untuk pemilik usaha atau wiraswasta minimal selama 2 tahun. 

Walau sebenarnya bank lebih menyukai pemohon yang memiliki pekerjaan tetap, tapi tidak menutup kemungkinan bagi pegawai kontrak untuk dapat mengajukan KPR. Syaratnya asalkan memenuhi batasan masa kerja dari bank pemberi KPR.

Jika ternyata masa kerja kurang dari 1 tahun, hal ini memunculkan resiko KPR tidak disetujui. Untuk itu, sebaiknya bila memang masa kerja belum sampai 1 tahun, kamu bisa menunggu hingga syarat KPR ini terpenuhi.

Selain itu, bank juga akan meminta bukti slip gaji atau bukti penghasilan per bulannya. Hal ini berguna bagi pihak bank untuk menganalisis kemampuan kamu dalam mencicil hunian KPR pilhanmu. Bila dirasa kamu akan kesulitan dalam mencicil angsuran bulanan, pihak bank besar kemungkinan akan menolak pengajuan KPR.

Standar yang bank terapkan dalam mengetahui kemampuan membayar cicilan bulanan adalah senilai 30-40% dari gaji. Kamu bisa lebih dulu menghitung persentase ini dengan mengecek perkiraan cicilan KPR yang kamu pilih.

Memiliki Kualitas Kredit yang Tidak Baik

Source : Freepik

Salah satu hal yang dianalisis pihak bank dari permohonan KPR adalah kualitas kredit yang dimiliki. Meskipun sebelumnya kamu tidak pernah memiliki kredit pinjaman di bank bersangkutan, tetapi riwayat kredit kamu ini akan tersimpan di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). SLIK ini dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Skor kolektibilitas kredit terdiri dari skor 1-5. Skor kolektibilitas 1 menandakan debitur tidak pernah telat dalam membayar pokok dan bunga, serta tidak memiliki tunggakan. Sedangkan untuk Kol 2-5 menandakan debitur pernah menunggak dalam jangka waktu mulai dari 1-180 hari. Untuk skor kolektibilitas kredit 3-5 sudah pasti menjadi salah satu ciri ciri KPR ditolak. Sementara untuk skor kredit 2 masih dalam pertimbangan dari pihak bank.

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu memastikan kredit atau tagihan yang kita miliki selalu dibayar tepat waktu untuk menjaga kualitas kredit tetap baik.

Pernah Berada di Daftar Hitam Bank Indonesia

Source : Freepik

Dari SLIK yang dikelola OJK, Bank indonesia akan memasukkan debitur yang memiliki riwayat kredit buruk ke dalam daftar hitam BI. Daftar nama yang masuk ke dalam blacklist ini dikarenakan gagal bayar atau kredit macet. Bila nama kamu masuk dalam daftar hitam BI ini, sudah dipastikan termasuk dalam ciri ciri KPR ditolak.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak mengajukan KPR sampai nama pemohon terhapus dari blacklist BI. Setelah melunasi kewajiban dari pinjaman kredit sebelumnya, proses pemutihan dari daftar hitam bisa memakan waktu mulai dari 24 hingga 60 bulan. Dikarenakan durasi waktu yang cukup lama, sebaiknya pemohon tidak lalai dalam membayar tunggakan yang ada. 

Baca juga: Cara over kredit rumah KPR melalui Notaris

Hasil Wawancara Kurang Baik

Source : Freepik

Begitu pihak bank berhasil menganalisis dokumen dan data-data yang kamu berikan, selanjutnya akan masuk ke dalam tahap wawancara. Walaupun bukan penilain utama, tapi cara kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan petugas, bisa mempengaruhi keputusan KPR. 

Jika jawaban yang diberikan berputar-putar dan tidak jelas, hal ini bisa menimbulkan keraguan dari pihak bank. Terlebih jika informasi yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan atau data. Pastinya hal ini semakin memperbesar resiko penolakan KPR. 

Seringkali apa yang ditanyakan oleh pihak bank pada saat proses wawancara ini sudah diketahui oleh mereka. Cara mereka mengetahuinya adalah dengan mengecek SLIK hingga cash flow si pemohon. Sebab itu, sangat penting untuk memberikan jawaban yang jujur dan jelas saat proses wawancara.

Tidak Dihubungi Pihak Bank

Source : Freepik

Ciri yang paling jelas dari ciri ciri KPR ditolak adalah tidak adanya telepon atau email dari pihak bank. Waktu yang dibutuhkan bank untuk memproses permohonan KPR adalah 14 hari kerja. Namun, jika ada data yang butuh diverifikasi atau analisis lebih jauh maka bisa saja waktu yang dibutuhkan lebih lama lagi hingga 1 bulan. 

Selain itu, hal ini tergantung juga dari kerumitan dari KPR yang diajukan pemohon. Bila dalam durasi waktu tersebut tidak ada konfirmasi kembali dari pihak bank, hal ini menandakan permohonan KPR kamu tidak disetujui.

Baca juga: 11 List Rumah KPR Subsidi di Tangerang

Sekian penjelasan mengenai ciri-ciri KPR ditolak yang wajib dihindari. Saat pengajuan permohonan KPR tidak berjalan sesuai dengan rencana, bukan berarti akhir dari segalanya, Pins! Kamu bisa mengajukan lagi KPR di lain kesempatan. Selama ciri ciri KPR ditolak ini berhasil kamu hindari, besar kemungkinan pengajuan KPR kamu akan disetujui oleh pihak bank.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Puri Indah Ketintang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pexels

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download