Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Ternyata Beli Rumah Bisa Menggunakan KPR BPJS-TK, Lho! Begini Caranya

Finansial

Ternyata Beli Rumah Bisa Menggunakan KPR BPJS-TK, Lho! Begini Caranya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Kabar gembira buat Pins yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK). Sejak 2017, keanggotanmu bisa digunakan untuk mengajukan KPR! Apalagi, bunganya lebih kecil dibanding KPR komersil lainnya. Tertarik?

Pinhome — Wah, sekarang beli rumah jadi makin gampang, lho, Pins! Kalau sudah menjadi anggota BPJS-TK, ada program KPR yang bisa diambil dengan bunga hanya 7,75%! Ini lebih kecil daripada KPR biasa yang bunganya berkisar antara 9% per tahun. DP yang disyaratkan juga lebih kecil, yaitu 5% dari total harga jual rumah.

Secara umum, KPR BPJS-TK ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu KPR subsidi untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan KPR nonsubsidi untuk golongan di luar MBR. Syaratnya apa saja dan gimana cara daftarnya? Kepoin aja artikel ini sampai selesai!

Syarat mengajukan KPR BPJS-TK

Secara umum, Pins dapat mengajukan KPR BPJS-TK jika memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Terdaftar aktif sebagai peserta BPJS dengan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) selama minimal 1 tahun
  • Perusahaan tempat bekerja tertib administrasi dan iuran serta tidak berstatus Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) upah maupun tenaga kerja.
  • Belum memiliki properti sebelumnya
  • Memenuhi syarat dan ketentuan dari bank penyalur serta lolos verifikasi kredit dari OJK

Selain itu, harga properti yang diajukan sebagai obyek KPR tidak boleh lebih lebih dari 500 juta rupiah.

Cara mengajukan KPR BPJS-TK

Proses pengajuan KPR dengan menggunakan BPJS-TK juga sebenarnya cukup mudah, Pins.

  1. Datangi bank yang bekerja sama dengan BPJS-TK (bank penyalur) dan mulai proses pengajuan KPR seperti biasa, dilengkapi dengan salinan bukti keanggotaan BPJS-TK.
  2. Bank akan melakukan BI checking untuk mengetahui skor kredit kita.
  3. Setelah lolos verifikasi awal, bank akan meneruskan formulir pengajuan kredit ke BPJS untuk verifikasi keanggotaan.
  4. BPJS akan mengirimkan verifikasi keanggotaan serta formulir persetujuan
  5. KPR siap direalisasikan.

Memang di KPR BPJS-TK ini menggunakan dua kali verifikasi, Pins. Tapi jika disetujui, program ini akan sangat membantu kita mewujudkan impian untuk segera memiliki rumah sendiri, kan?

Baca juga: Teliti Dulu Kelengkapan Dokumen Saat Transaksi Properti

Oh ya, selain KPR, BPJS-TK juga memiliki program-program lain untuk membantu pembiayaan rumah kita. Ada Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), dan Kredit Konstruksi (KK). Perlu diingat, pengajuan KPR, PUMP, dan PRP juga hanya berlaku satu kali saja selama menjadi peserta.

=====

Ternyata menjadi anggota BPJS-TK banyak manfaatnya, ya! Jadi langsung pengin cepat-cepat cari rumah gak, tuh? Ya udah, buruan buka Pinhome! Kalau di Pinhome, kita bisa melakukan transaksi properti dengan lebih gampang. Pilih-pilih rumah, ngobrol dengan konsultan yang terpercaya, sampai cari notaris, kontraktor, bank, semuanya bisa lewat smartphone. Gak cuma itu, Pins juga bakal didampingi sampai akad kredit. Baik banget, kan?

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel