BlogPemilik PropertiPanduan KPR/KPAIngin Dapat Kredit Renovasi Rumah? Ini Daftar Banknya
0
0

Ingin Dapat Kredit Renovasi Rumah? Ini Daftar Banknya

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ingin Dapat Kredit Renovasi Rumah? Ini Daftar Banknyatop-right-banner

Sekarang ini, banyak penawaran program dari lembaga perbankan dengan tujuan membantu masyarakat mempunyai rumah. Pendanaan berupa KPR menjadi solusi bagi masyarakat bisa mencicil hunian idaman. Lalu, adakah kredit renovasi rumah? Perbaikan alias renovasi rumah sudah pasti memerlukan dana yang tidak sedikit. Jika menabung tentu akan lama, sehingga pengajuan kredit terasa seperti angin segar untuk pihak yang membutuhkan. Simak artikel ini untuk mengetahui kredit renovasi rumah!

Kamu dapat memiliki rumah yang nyaman dan tanpa harus direnovasi terlebih dahulu di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Apabila kamu memutuskan untuk mengajukan KPR rumah, kamu dapat mengetahui estimasi rumah yang kamu inginkan di Kalkulator KPR.

Baca juga: 7 Cara Mengatur Cicilan KPR Agar Selalu On Time dan Finansial Terjaga!

3 Jenis Kredit Renovasi Rumah

Source : Pinterest

1. Kredit Multiguna

Jenis kredit renovasi rumah yang pertama adalah kredit multiguna. Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 05 Tahun 2015, kredit multiguna ini merupakan pinjaman untuk pengadaan barang atau jasa. Pinjaman ini digunakan untuk konsumsi atau pemakaian, bukan untuk keperluan usaha.

Pengajuan kredit jenis ini memerlukan modal berupa agunan. Apabila Pins mengajukan kredit untuk keperluan renovasi rumah, maka dapat menjaminkan sertifikat tanah. Ada juga yang ingin mendapatkan pinjaman lebih besar dengan cara mengombinasikan agunan, jadi menjaminkan BPKB dan sertifikat tanah.

2. Kredit Tanpa Agunan

Jenis kredit renovasi rumah yang kedua adalah kredit tanpa agunan. Seperti namanya, kredit satu ini akan memberikan kamu pinjaman tanpa harus memberikan agunan. Tetapi, karena tidak adanya agunan, Pins akan mendapat pinjaman yang tergolong kecil seperti Rp200 juta – Rp300 juta.

3. Kredit Renovasi

Jenis kredit renovasi rumah yang ketiga adalah kredit renovasi. Kredit renovasi menjadi program yang dimiliki beberapa Bank. Bank akan memberikan persyaratan berupa lampiran dokumen fotokopi Sertifikat Hak Milik/ Hak Guna Bangunan, fotokopi IMB, hingga rencana anggaran biaya (RAB) renovasi.

Baca juga: Efek Renovasi Rumah dengan Membobol Dinding

Syarat untuk Kredit Renovasi Rumah

Source : Pinterest

Dalam mengajukan pinjaman kredit renovasi rumah, tentu Pins harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai hal wajib yang harus dipenuhi. Walaupun persyaratan setiap Bank memiliki perbedaan, berikut ini persyaratan umum yang biasanya dipinta:

Persyaratan:

  • Pins adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Minimal berusia 18 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki total pengalaman kerja minimal dua tahun di perusahaan terakhir (Karyawan)
  • Memiliki total pengalaman kerja minimal dua tahun di bidang yang sama (Wiraswasta)
  • Maksimal berusia 65 tahun ketika kredit berakhir (Pengusaha)
  • Maksimal berusia 55 tahun ketika kredit berakhir (Karyawan)

Persyaratan Dokumen:

  • Fotokopi kartu keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi akta nikah/cerai/kematian pasangan
  • Fotokopi KTP suami/istri
  • Slip gaji asli sebulan terakhir
  • Fotokopi NPWP pemohon
  • Fotokopi tabungan atau rekening koran tiga bulan terakhir
  • Fotokopi PBB terakhir
  • Fotokopi IMB
  • Fotokopi akta jual beli rumah (AJB)
  • Fotokopi sertifikat rumah
  • RAB atau rencana anggaran biaya renovasi

Daftar Bank untuk Kredit Renovasi Rumah

Source : Freepik

Ketika menawarkan program untuk pembiayaan rumah kepada para nasabah, pihak bank umumnya tidak hanya berfokus pada KPR baik untuk membeli rumah baru maupun seken. Kerap kali, bank juga menawarkan kredit renovasi rumah kepada para nasabah. 

Pihak bank akan memberikan pinjaman dana dengan jaminan aset berharga dari nasabah, salah satunya adalah sertifikat rumah. Tak berbeda seperti pengajuan kredit pemilikan rumah, kamu harus melalui proses appraisal terlebih dahulu sebelum akhirnya bank memberikan pinjaman. 

Tujuannya yaitu mengetahui apakah kamu memang layak untuk mendapatkan pinjaman renovasi rumah atau tidak. Selain itu, jaminan yang kamu sertakan, seperti sertifikat rumah juga ikut menentukan beberapa besar uang yang bank berikan sebagai pinjaman untukmu. 

Berikut daftar bank yang menawarkan program tersebut dan suku bunganya yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Program Renovasi Hunian Saya dari Bank BCA

Source : Freepik

Pilihan bank pertama yang menawarkan pinjaman renovasi rumah adalah Bank BCA melalui program Renovasi Hunian Saya. Kamu tidak wajib menjaminkan sertifikat rumah ketika hendak mengajukan pinjaman, kendaraan juga bisa menjadi opsi jaminan lainya. 

Selain itu, kamu juga dapat memilih jenis angsuran yang sesuai dengan kondisi finansial saat ini. Pilihannya yaitu Angsuran Tetap dan Angsuran Fleksibel. Jenis Angsuran Tetap menjadi pilihan apabila kamu memiliki pendapatan tetap setiap bulan. Sebab, bunganya adalah Fix dan Cap dengan kepastian selama kurang lebih 5 tahun. 

Sementara itu, jenis Angsuran Fleksibel bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu yang memiliki pemasukan bulanan yang tidak sama. 

Baca juga: Merenovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?

2. Program Kredit Agunan Rumah dari Bank BTN

Source : Freepik

Selain itu, kamu juga dapat mengajukan kredit renovasi rumah melalui program Kredit Agunan Rumah (KAR) dari Bank BTN. Program ini menawarkan fasilitas kredit kepada para nasabah untuk berbagai keperluan dengan jaminan berupa rumah ruko, rukan, apartemen, dan rumah tinggal

Bank BTN memberikan suku bunga tetap sebesar 12% selama 2 tahun dan 11,5% selama 1 tahun untuk program pinjaman ini. Namun, aspek lain yang menjadi keunggulan dari KAR adalah plafon kreditnya bebas dengan jangka waktu cicilan hingga 10 tahun. 

3. Kredit Renovasi Rumah dari Digibank by DBS

Source : Freepik

Supaya renovasi hunian berjalan lancar, kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman renovasi rumah melalui program Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Digibank by DBS. Program bertajuk Digibank KTA ini adalah pinjaman secara daring dari Digibank. 

Agar dapat mengajukan kredit renovasi rumah dari Digibank, pastikan saja kamu sudah memenuhi semua persyaratannya berikut ini. 

  • Berusia setidaknya 21 tahun dan maksimal 60 tahun ketika pelunasan.
  • Memiliki KTP elektronik dan NPWP.
  • Bekerja sebagai karyawan, profesional, atau wirausaha.
  • Tinggal di kawasan Jabodetabek, Semarang, Bandung, atau Surabaya.
  • Memiliki penghasilan bulanan setidaknya Rp3 juta. 

Jadi, pastikan kamu mempertimbangkan dengan baik semua hal sebelum mengajukan kredit renovasi rumah, Pins. Terutama kondisi keuangan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan sehingga tidak memberatkan kamu saat membayar angsuran bulanan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Grand Sharon Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download