BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA3 Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR
0
0

3 Contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Feb 2, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
contoh surat keterangan kerja untuk kprtop-right-banner

Membeli rumah tidak jarang menjadi hal menakutkan untuk kamu para milenial. Namun, Kamu tidak perlu khawatir, sekarang ada berbagai program pinjaman yang bisa kamu nikmati, salah satunya KPR atau Kredit Pemilikan Rumah khusus untuk para milenial. Beberapa syarat perlu Kamu penuhi salah satunya adalah mengetahui bagaimana membuat contoh Surat Keterangan Kerja untuk KPR.

Tentunya ada berbagai syarat lainnya yang diajukan oleh pihak Bank untuk calon nasabah yang ingin membeli rumah dengan KPR. Misalnya Pins ingin membeli rumah Griya Permata Cisoka yang merupakan perumahan di Kabupaten Tangerang maupun properti sekitar Transmart Pekalongan dan sebagainya.

Tentu ada beberapa langkah pengajuan KPR yang harus Pins persiapkan terlebih dahulu. Yuk intip caranya.

KPR untuk Para Milenial

contoh surat keterangan kerja untuk kpr
Source : Freepik

Biasanya, KPR regular mempunyai syarat uang muka yang tinggi, yaitu hampir 10% bagi rumah pertama. Sedangkan untuk KPR rumah milenial, Bank justru berlomba untuk menawarkan DP rendah.

Ada yang memberikan DP 1%, 0%, dan banyak juga Bank yang memberikan kebebasan nasabahnya dari kewajiban uang muka. Tenor cicilan untuk KPR milenial juga biasanya lebih panjang.

Hal ini pasti bisa meringankan jumlah uang yang wajib kamu keluarkan setiap bulan untuk cicilan rumah. Biasanya, pihak bank memberikan pilihan tenor 30 tahun bagi para generasi muda dengan program KPR milenial yang diusung. 

Menurut beberapa sumber, suku bunga KPR reguler yang ditawarkan dari pihak Bank bisa mencapai 9-10%. Hal ini tidak sama dengan KPR milenial.

Bank berani menawarkan suku bunga lebih ringan, mulai dari 6,5-6,75% yang berlaku dalam beberapa tahun pertama. Khususnya untuk rumah yang dibangun oleh developer yang sudah berkolaborasi dengan Bank tersebut.

Baca juga: Ukuran Cetak Foto Sesuai Standar dan Pas Foto

Bagian-bagian Surat Keterangan Kerja

Source : Pxhere

Penting mengetahui bagian apa saja yang ada di surat keterangan kerja sebelum Pins mengajukannya kepada perusahaan. Berikut ini beberapa bagian yang ada di surat keterangan kerja.

1. KOP Surat

Fungsi KOP surat adalah menunjukkan legalitas sekaligus status surat sebagai dokumen resmi. Umumnya berisikan nama perusahaan dan alamat perusahaan.

2. Nomor Surat

Instansi maupun perusahaan biasanya mencatat surat yang keluar lewat sistem penomoran. Tujuannya agar mudah dalam melacak surat tersebut dan tidak disalahgunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.

3. Perihal

Dalam surat ini biasanya langsung ada baris perihal yang berisikan tujuan surat tersebut. Umumnya hanya ditulis dalam beberapa kata saja.

4. Isi Surat

Bagian ini adalah identitas dari penulis surat. Didalamnya tercatat nama karyawan, alamat tinggal dan jabatan, riwayat pekerjaan karyawan dan sebagainya.

5. Bagian Akhir

Pada bagian akhir biasa ditutup dengan tujuan pembuatan dokumen tersebut sekaligus menutup isi surat yang diterangkan sebelumnya. Umumnya diakhiri dengan kata demikian, oleh karena itu dan sebagainya.

6. Tanda Tangan

Berisikan tanggal keluarnya surat dan tanda tangan orang yang berwenang mengeluarkan surat. Tak jarang juga menggunakan cap basah.

Baca juga: Begini Rincian Biaya Akad KPR Subsidi!

Contoh Surat Keterangan Kerja

Bila kamu adalah karyawan yang ingin melakukan KPR, maka umumnya Bank mewajibkan kamu untuk menyiapkan Surat Keterangan Kerja (SKK) bagi KPR. Pada artikel ini, ada 3 contoh Surat Keterangan Kerja yang bisa kamu gunakan ketika ingin mengajukan KPR di Bank. 

1. Bagi Pegawai Swasta 

Saat ini banyak dari generasi milenial yang bekerja sebagai karyawan swasta. Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan swasta bisa melihat contoh Surat Keterangan Kerja untuk pengajuan KPR di bawah ini:

PT Makmur Abadi Sejahtera

Jalan Rotan No. 1234 Jakarta 

Telp. 021 7778887

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                  : Antoni Susilo Kobe

Tempat & Tanggal Lahir     : Jakarta, 19 April 1985

Jabatan                               : HR Manager PT Makmur Abadi Sejahtera

Alamat                                : Jalan Melati No.22 Jakarta Timur

Menerangkan bahwa

Nama                                  : Rizal Rahmat

Tempat & Tanggal Lahir     : Madiun, 2 November 1990

Jabatan                               : Supervisor

Alamat                                : Jalan Basuki Rahmat No.30 Jakarta Timur

Merupakan karyawan dengan posisi Supervisor dan telah bekerja sejak 6 Januari 2019 hingga saat ini. Saudara Rizal Rahmat telah menunjukkan hasil kerja yang baik. Surat ini dikeluarkan sebagai salah satu syarat saudara Rizal Rahmat untuk permohonan pengajuan kredit di bank.

Demikian surat keterangan kerja ini dibuat agar dapat digunakan dengan baik.

Jakarta, 20 Januari 2022

Antoni Susilo Kobe

HRD Manager PT Makmur Abadi Sejahtera

2. Bagi Pegawai Koperasi

Kamu yang bekerja sebagai karyawan koperasi juga bisa mengajukan KPR. Untuk contoh Surat Keterangan Kerja bagi karyawan koperasi, kamu bisa mengikuti contoh seperti di bawah ini:

SURAT KETERANGAN KERJA 

KOPERASI…………………

Cabang……….

No: …….

Dengan Hormat, Yang bertandatangan dibawah ini

Nama                      :

Jabatan                   :

Dengan ini menerangkan bahwa

Nama                      :

Jenis Kelamin          :

Jabatan                   :

Alamat                    :

Adalah karyawan yang bekerja di……. mulai ….. sampai saat ini. Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan semestinya. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

(kota), (tanggal)

(jabatan di koperasi)

(nama)

3. Bagi PNS

PNS atau Pegawai Negeri Sipil akan semakin mudah ketika ingin mengajukan KPR. Hal ini seiring dengan kerja sama antara Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Perum Perumnas. 

Kerjasama antara BP Tapera dengan Bank BTN dan Perumnas segera meresmikan Proyek Inisiasi Penyaluran Pembiayaan Tabungan Perumahan Rakyat. Untuk contoh Surat Keterangan Kerja bagi PNS, kamu bisa menjadikan contoh di bawah ini sebagai referensi:

KOP INSTANSI TEMPAT PNS BEKERJA

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 222/SKK-ADM/VIII/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama                                  :

NIP                                      :

Pangkat/Gol.Ruang             :

Jabatan                               :

Dengan ini menerangkan bahwa

Nama                                  :

NIP                                      :

Pangkat/Gol.ruang             :

Alamat                                :

Adalah benar seorang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan (nama instansi) terhitung mulai bertugas pada 1 Februari 2020 hingga saat ini. Pada saat surat ini kami buat, yang bersangkutan menjabat sebagai staff administrasi.

Demikian surat keterangan ini kami buat, agar dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 20 Agustus 2022

Nama Atasan

Jabatan

Baca juga: BI Checking Kol 1 2 3 4 5 Artinya Apa? Simak Yuk!

Cara Mengajukan Surat Keterangan Kerja untuk KPR

Source : Pxhere

Berikut adalah cara-cara mengajukan surat keterangan kerja untuk KPR:

  1. Minta surat keterangan kerja ke atasan: Ajukan permohonan kepada atasan untuk membuat surat keterangan kerja yang dibutuhkan untuk mengajukan KPR.
  2. Persiapkan dokumen pendukung: Siapkan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan rekening koran. Dokumen ini diperlukan untuk menunjukkan identitas dan profil keuangan kamu.
  3. Periksa kembali informasi yang akan dicantumkan: Pastikan informasi yang akan dicantumkan dalam surat keterangan kerja akurat dan lengkap, seperti lama bekerja, gaji, tunjangan, dan lain-lain.
  4. Tunggu surat keterangan kerja selesai dibuat: Biasanya proses pembuatan surat keterangan kerja memakan waktu beberapa hari. Pastikan Pins mengkonfirmasi kepada atasan Pins kapan surat keterangan kerja akan selesai dibuat.
  5. Ambil surat keterangan kerja: Setelah surat keterangan kerja selesai dibuat, ambil surat tersebut dan pastikan semua informasi yang tercantum di dalamnya benar dan sesuai.
  6. Ajukan KPR: Setelah Pins memiliki surat keterangan kerja, Pins dapat mengajukan KPR ke lembaga keuangan yang Pins pilih. Sertakan surat keterangan kerja bersama dengan dokumen pendukung lainnya untuk mendukung pengajuan KPR.

Rumah merupakan aset utama yang penting untuk dimiliki semua orang. Dengan memahami contoh surat keterangan kerja untuk KPR dan persyaratannya, kamu bisa lebih matang dalam mengambil keputusan. Membeli rumah dengan KPR merupakan komitmen jangka panjang. Semoga bermanfaat, Pins!

Baca juga: Cek Subsidi Pemerintah untuk KPR Bagi Kamu yang Punya Gaji Pas-Pasan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Basmala Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download