BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPACemas Menanti Keputusan KPR? Ini Dia 5 Ciri-Ciri KPR Disetujui 
0
0

Cemas Menanti Keputusan KPR? Ini Dia 5 Ciri-Ciri KPR Disetujui 

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 27, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mengingat harga properti dan tanah yang terus meningkat setiap tahunnya, sistem KPR merupakan solusi yang dapat ditempuh untuk segera memiliki hunian. Meski demikian, tidak semua pengajuan dari pemohon KPR rumah disetujui, lho. Apa saja ciri ciri KPR disetujui?

Kamu juga bisa menggunakan fitur Simulasi KPR untuk memahami lebih dalam terkait prosedur KPR. Lewat aplikasi Pinhome kamu juga bisa menemukan properti sekitar SMA 1 Sutomo, kontrakan di Batu hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence.

Faktor Penyebab KPR Ditolak

Source : Pexels

Ada beberapa alasan kenapa pengajuan KPR-mu ditolak oleh bank. Temukan beberapa faktor penyebabnya dalam ulasan yang ada di bawah ini!

1. Kondisi Keuangan Buruk

Ketika mengajukan KPR, pihak bank akan memeriksa kondisi keuanganmu. Caranya dengan memeriksa rekening bank dan aliran kas masuk maupun keluar.

Selain itu juga diperiksa aset lainnya yang dimiliki beserta investasi yang telah dilakukan. Apabila debitur sering over budget dan tidak memiliki sumber pendapatan yang tetap biasanya bank akan menolak pengajuan kredit yang diajukan.

2. Miliki Banyak Utang

Banyak utang sama halnya dengan banyak tunggakan dan resiko kredit macet semakin besar. Apalagi jika rasio hutang terhadap pendapatannya begitu besar maka potensi gagal bayar juga meningkat.

3. Riwayat Kredit Buruk

Skor kredit yang jelek menjadi salah satu alasan pengajuan kredit nasabah mendapatkan penolakan. Debitur bahkan bisa masuk daftar SLIK OJK sehingga sulit mengajukan kredit untuk berbagai kebutuhan.

4. Properti Bermasalah

Faktor eksternal memiliki potensi menggagalkan pengajuan KPR yang kamu lakukan. Misalnya bila properti yang diinginkan ternyata masih dalam sengketa. Periksa legalitas properti yang diinginkan seperti sertifikat rumah.

5. Berkas Administrasi Tidak Lengkap

Dalam mengajukan KPR harus menyiapkan dokumen yang diminta oleh kreditur. Misalnya saja identitas diri seperti KTP, KK, contoh slip gaji dan sejenisnya. Jika berkas administrasi tidak lengkap maka akan sulit bank melakukan verifikasi data sehingga pengajuanmu ditolak.

6. Gagal Dalam Proses Wawancara

Proses wawancara adalah salah satu tahapan krusial dan berpengaruh besar KPR-mu disetujui atau ditolak. Berikan jawaban yang jelas dan valid untuk menyakinkan pihak bank.

Baca juga: Ini Dia, Macam-macam Dokumen Syarat KPR Rumah

Ciri-Ciri KPR Disetujui 

Dengan mengetahui daftar ciri-ciri KPR disetujui di bawah ini, kamu bisa lebih memiliki gambaran mengenai faktor-faktor yang menjadi pertimbangan bank.

1. Mendapat Panggilan dari Bank

Source : Freepik

Umumnya, diperlukan sekitar 2 minggu atau 14 hari kerja bagi pihak bank untuk memberikan keputusan pengajuan KPR. Namun, tidak menutup kemungkinan keputusan ini bisa berjalan lebih lama lagi hingga memakan waktu 2 bulan. 

Salah satunya bisa dikarenakan pihak bank masih perlu waktu untuk menganalisis atau memverifikasi data-data pemohon. Saat kamu mendapatkan panggilan dari bank, ini merupakan ciri ciri KPR disetujui.

Pihak bank akan mengonfirmasi ulang terkait dokumen yang sudah dikirim, dan mengirimkan SP3K atau Surat Penegasan Persetujuan Penyediaan Kredit. Setelah itu, bank akan mengundang kamu sebagai pemohon untuk melakukan akad kredit yang merupakan tahap final pengajuan KPR.

Baca juga: Memilih Waktu Cicilan KPR Rumah yang Ideal

2. Memiliki Kualitas Kredit yang Baik

Source : Freepik

Tahukah kamu kalau riwayat kredit yang kamu lakukan di bank, maupun lembaga non bank akan tercatat di SLIK? SLIK adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan atau yang disebut BI Checking. Perubahan nama ini terjadi karena sejak awal tahun 2018, pengelolaan data riwayat kredit debitur dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bila skala Kolektibilitas (Kol)-mu berada di Kol 1, besar kemungkinan pengajuan KPR-mu mendapat lampu hijau dari bank. Bagaimana cara untuk mendapatkan Kol 1? Caranya adalah dengan memastikan semua cicilan yang kamu miliki tidak ada yang telat pembayarannya. Jika ada 1 saja yang memiliki kendala, bisa turut mempengaruhi proses pengajuan KPR.

Disamping itu, meski bisa saja kebijakan dari satu bank dengan bank lain berbeda. Tetapi, sebaiknya Pins menjaga agar tidak memiliki kredit lain dalam kurun waktu 3-6 bulan terakhir. Alasannya hal ini bisa turut mempengaruhi keputusan bank. Bank bisa menganggap keuangan kamu sedang tidak bagus sehingga mengambil banyak kredit.

3. Memerhatikan Masa Kerja dan Usia

Source : Freepik

Ada persyaratan terkait masa kerja yang harus dipenuhi oleh pemohon KPR. Bila pemohon merupakan pegawai, maka masa kerja yang harus dipenuhi minimal 1 tahun.

Sementara itu, bila pekerjaannya merupakan wiraswasta atau profesional, minimal sudah bekerja di bidang yang dipilih kurang lebih selama 2 tahun. Jika masa kerjamu ini sudah memenuhi syarat, maka bank akan menganggap kamu memiliki penghasilan yang cukup stabil.

Dengan penghasilan atau income yang stabil, resiko untuk keterlambatan dalam membayar pun semakin kecil. Oleh karena itu, masa kerja masuk ke dalam salah satu ciri-ciri KPR disetujui oleh bank.

Terkait dengan usia, memang sudah tertulis jelas mengenai batas usia untuk mengajukan KPR. Dari mulai 21 tahun hingga maksimal 55 tahun.

Meski bank menilai usia produktif untuk mengajukan KPR adalah di usia 20-an hingga 40 tahun. Tapi, tidak menutup kemungkinan permohonan KPR disetujui untuk pemohon usia 50-an. Cara yang dianjurkan adalah mengajukan tenor yang singkat, seperti 10 tahun.

4. Kondisi Keuangan dan Kemampuan Mencicil

Source : Freepik

Bank akan menganggap pemohon yang memiliki pekerjaan tetap, berpenghasilan stabil. Sehingga dapat membayar cicilan KPR per bulannya tanpa keterlambatan. Namun, ada perhitungan lain yang juga dilakukan bank dalam menentukan besaran penghasilan pemohon. 

Bank menetapkan standar sekitar 30-40% dari penghasilan bulanan, sebagai kemampuan dalam membayar cicilan bulanan KPR. Bila pasangan kamu pun bekerja, maka perhitungan penghasilannya bisa merupakan gabungan penghasilan istri dan suami.

Selain itu, pihak bank juga akan menganalisis tabunganmu. Bila persentase penghasilan bulanan kamu sesuai dengan standar bank dan memiliki kondisi keuangan yang baik, ini salah satu ciri ciri KPR disetujui.

5. Hasil Wawancara yang Baik

Source : Freepik

Bukan hanya interview kerja, wawancara dengan pihak bank juga perlu dilakukan dengan baik. Hal ini karena wawancara terkait pengajuan KPR juga masuk dalam penilaian bank.

Penilaian bank akan baik jika kamu berbicara dengan meyakinkan, dan memberikan jawaban yang jelas terkait kesanggupan dan kondisi keuangan. Tak ada salahnya untuk mencari tahu lebih dulu pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh bank.

Secara umum, pertanyaan dari bank seputar mata pencaharian kamu. Apakah kamu merupakan pegawai tetap atau kontrak? Pertanyaan lainnya, berapakah penghasilan kamu setiap bulannya?

Kemudian bank juga akan menanyakan pengeluaran setiap bulan, dan ada tidaknya kredit lain. Alasan bank menanyakan ini adalah untuk mengetahui kesiapan kamu.

Kejujuran merupakan poin penting yang ditekankan dalam sesi wawancara ini. Jika bank menemukan satu saja data yang tidak sesuai dengan yang kamu sampaikan atau submit, KPR-mu beresiko besar mendapat penolakan.

Itulah 5 ciri ciri KPR disetujui oleh bank yang bisa menjadi kabar baik bagi para pemohon KPR. Untuk Pins yang sedang mengajukan KPR, apakah kamu merasa sudah memenuhi semuanya? Bagi yang masih dalam tahap pengajuan dan menunggu wawancara, semoga informasi ini bisa menjadi referensi kamu dalam melakukan persiapan, ya Pins.

Baca juga: Langkah Mudah Membeli Rumah dengan KPR

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Bobojong Puri Angkasa dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download