BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiBeli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar?
0
0

Beli Rumah, Mending DP Besar atau Cicilan Besar?

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 31, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Membeli rumah butuh perhitungan yang super teliti, termasuk dalam menentukan bagaimana memulai proses pembayarannya. Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat ingin mengambil Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah, mending bayar DP besar atau cicilan besar?

Bagi Pins yang baru akan mewujudkan keinginannya untuk membeli rumah KPR, memilih bayar DP besar atau cicilan besar bukanlah hal yang mudah untuk diputuskan.Pasalnya, baik DP besar atau cicilan besar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lewat Pinhome kamu bisa menemukan aneka properti menguntungkan lengkap dengan informasi cicilannya. Tersedia informasi rumah bekas di Bogor misalnya The Icon Acropolis, rumah dijual di Jagakarsa hingga hunian di sekitaran fasilitas publik seperti SMA 28 Jakarta.

Kelebihan Kredit Rumah dengan DP Besar

Source : Pexels

Ada banyak keunggulan yang dimiliki saat memiliki kredit rumah dengan down payment besar. Penasaran apa saja keunggulannya?Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Cicilan Bulanan Lebih Kecil

Umumnya, bank mematok DP KPR senilai 5% hingga 30% dari harga total penjualan rumah. Namun jika menyanggupi, Pins bisa membayar DP hingga 50%. Dengan begitu Pins hanya akan membayar cicilan 50% dari harga rumah dan bisa mengambil masa angsuran lebih cepat.

Tak hanya itu saja, beban bunga bank yang akan Pins bayar juga akan berkurang. Pins juga bisa mengalokasikan sebagian penghasilan per bulan untuk hal lain, baik kebutuhan maupun keinginan.

Misalnya, sebagai dana darurat, dana sekolah anak, hingga membeli dekorasi rumah. Hal ini tentu akan menguntungkan Pins, karena sebagian besar penghasilan per bulan tidak hanya untuk keperluan melunasi pinjaman kredit rumah.

2. Cicilan Menjadi Cepat Lunas

Jika masih bingung memilih DP besar atau cicilan besar, coba pertimbangkan kapan Pins ingin bebas dari hutang? Pasalnya, memiliki beban hutang dalam jangka waktu yang lama pasti tidak enak, bukan? Dengan begitu, Pins bisa memilih DP KPR besar apabila ingin segera lunas.

Apabila Pins melunasi cicilan kredit rumah dengan cepat, tentunya Pins akan lega karena bisa terbebas dari hutang. Oleh karena itu, saat bingung menentukan memilih DP besar atau cicilan besar, coba pertimbangkan kemampuan Pins dalam menanggung beban hutang dalam jangka waktu tertentu.

3. Pengajuan KPR Lebih Mudah Disetujui

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam pengajuan KPR adalah banyaknya DP yang akan disetorkan. Semakin banyak DP yang akan Pins sediakan, maka pengajuan KPR pun akan cenderung untuk lebih mudah disetujui. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk memilih DP besar atau cicilan besar.

Misalnya, jika Pins ingin mengajukan kredit rumah seharga Rp500 juta, dan memberikan DP 30%. Maka, DP yang harus Pins sediakan adalah Rp150 juta dan Pins akan melakukan pengajuan pinjaman dana sebesar Rp350 juta.

Beda halnya apabila Pins ingin membeli rumah dengan harga yang sama dan hanya menyediakan DP sebesar 10%, atau dengan nominal Rp50 juta. Dengan begitu, Pins akan mengajukan pinjaman ke bank sebanyak Rp450 juta.

Jika Pins menyediakan DP KPR besar, Pins akan mengajukan pinjaman kredit yang lebih kecil. Namun jika Pins hanya menyediakan DP yang kecil, maka pinjaman kredit yang diajukan akan lebih besar dari pengajuan KPR. Inilah mengapa DP kecil akan cenderung lebih sulit disetujui saat pengajuan KPR.

Baca juga: Panduan dan Langkah Pengajuan Kredit Rumah

Kekurangan Kredit Rumah dengan DP Besar

Source : Pxhere

Sebagian orang mungkin lebih menyukai DP kecil atau bahkan beli rumah tanpa DP. Dengan DP yang kecil, jangka waktu pengumpulan uang semakin sedikit dan rumah lebih cepat dimiliki. Namun, ternyata sistem tersebut belum tentu menguntungkan lho, lalu apa kekurangan dalam memilih DP besar? Cek disini!

1. Semakin Lama Punya Rumah

Jika masih bingung menentukan pilih DP besar atau cicilan besar, cobalah pertimbangkan seberapa besar Pins sanggup menyediakan DP untuk kredit rumah. Pasalnya, memilih DP KPR besar memang memiliki keuntungan yang sudah dijelaskan di atas.

Namun dengan banyaknya DP yang harus Pins sediakan, maka Pins harus menabung lebih lama agar mendapatkan DP lebih banyak. Dengan begitu, penantian Pins dalam memiliki hunian pribadi pun tidak bisa diperoleh dalam waktu yang singkat.

Jadi, tidak perlu bingung soal pilihan DP besar atau cicilan besar. Apabila Pins ingin segera memiliki rumah dan belum memiliki dana yang cukup, Pins bisa mengambil pinjaman kredit rumah dengan DP ringan.

2. Harga Rumah Semakin Mahal

Salah satu pertimbangan orang dalam membeli rumah KPR adalah faktor harga properti yang semakin tinggi setiap tahunnya. Hal ini lah yang menjadi alasan seseorang mau membayar beban bunga yang diberikan oleh bank.

Seperti yang kita ketahui, rumah merupakan salah satu aset investasi jangka panjang. Oleh karenanya, semakin lama kamu menabung maka akan semakin mahal juga harga rumah yang ditawarkan. Jadi, sebaiknya pertimbangkan juga hal ini ya Pins!

Baca juga: Tips Membeli Rumah Bekas yang Perlu Diperhatikan

Keunggulan Kredit Rumah dengan Cicilan Besar

Source : Pexels

Nah, sekarang Pins sudah mengetahui apa saja keuntungan dan kelebihan dalam memilih DP KPR besar. Selanjutnya Pins juga perlu mengetahui apa saja kelebihan memilih kredit dengan cicilan besar. Berikut ini keuntungan yang akan Pins peroleh:

1. Lebih Cepat Memiliki Rumah Sendiri

Jika Pins memilih cicilan besar, Pins bisa lebih cepat memiliki rumah sendiri. Hal ini karena Pins tidak perlu menabung lebih lama untuk menunggu memiliki DP yang besar. Pins bisa lebih cepat memiliki rumah karena Pins memilih kredit rumah dengan uang muka rendah.

Bahkan, Pins bisa langsung menempati rumah yang dibeli sambil menyicil angsurannya per bulan. Jadi, memilih kredit rumah dengan cicilan KPR besar bisa Pins jadikan solusi apabila ingin sesegera mungkin memiliki hunian pribadi.

2. Alternatif Jika Memiliki Dana Terbatas

Jika masih bingung untuk memilih DP besar atau cicilan besar, Pins bisa pertimbangkan apakah dana yang Pins miliki terbatas atau tidak. Apabila dana yang Pins miliki terbatas, maka Pins bisa memilih mengambil cicilan KPR besar dengan DP yang kecil.

Terlebih lagi, kini beberapa bank bahkan developer membolehkan calon pembeli menyediakan DP 10% bahkan tanpa DP atau DP 0%. Ini adalah peluang yang bisa dicoba untuk mewujudkan keinginan memiliki hunian pribadi meskipun memiliki dana terbatas.

Baca juga: 13 Warna Cat Interior Rumah Agar Rumah Terlihat Hangat

Kelemahan Kredit Rumah dengan Cicilan Besar

dp besar atau cicilan besar
Source : Shutterstock

Perlu diingat, kredit rumah berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan mempengaruhi cash flow bulanan. Jika Pins memilih untuk mengambil cicilan KPR besar, berikut ini adalah ulasan tentang kekurangannya yang akan dihadapi:

1. Cicilan Besar

Pilihan DP besar atau cicilan besar memang membingungkan, terlebih lagi bagi Pins yang baru pertama kali membeli rumah. Namun, jika Pins memilih untuk mengambil cicilan KPR besar, maka Pins seharusnya mengetahui jika resikonya.

Resiko yang akan dihadapi yaitu Pins harus mengalokasikan lebih besar pendapatan untuk membayar cicilan bulanan. Ini biasa terjadi jika Pins membayar DP yang kecil atau ringan, maka cicilan per bulan pun akan menjadi lebih besar.

2. Pelunasan Cicilan Lama

Memilih pilihan DP besar atau cicilan besar memang bukan perkara mudah, bukan? Namun, cobalah pertimbangkan soal tempo atau jangka waktu pembayaran peminjaman kredit rumah. Misalnya, jika Pins memilih untuk mengambil cicilan KPR besar, biasanya pelunasan cicilannya lebih lama.

Pasalnya, DP yang Pins bayarkan lebih kecil dari harga kredit rumah itu sendiri sehingga cicilan yang harus dibayarkan lebih besar. Kemudian, jika pelunasan cicilan lebih lama, maka nilai utang akan semakin bertambah karena adanya bunga pinjaman.

3. Pengajuan KPR Cenderung Lebih Lama

DP besar atau cicilan besar merupakan pilihan yang sulit, namun keduanya memiliki sisi positif dan juga negatif. Jika Pins memberikan DP kecil atau memilih cicilan KPR besar, maka jumlah pinjaman yang Pins ajukan pada bank biasanya semakin besar.

Dengan begitu, proses pengajuan KPR akan memakan waktu cenderung lebih lama dibandingkan dengan DP KPR besar. Pasalnya, bank akan melakukan pemeriksaan lebih detail dan memakan waktu yang lebih lama.

Jadi, apabila Pins ingin lebih mudah dalam proses dan pengajuan KPR, lebih baik tidak memilih cicilan KPR besar dan menyediakan uang muka KPR besar. Jika sudah mengetahui hal ini, sepertinya Pins tidak bingung lagi soal pilihan DP besar atau cicilan besar, bukan?

Dari ulasan di atas, kamu bisa mengetahui bahwa kredit rumah dengan DP besar atau cicilan besar memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Maka, sebelum memutuskan kedual hal tersebut, ketahui kondisi keuangan Pins terlebih dahulu, ya!

Baca juga: 

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Summarecon Crown Gading dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download