BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPACatat! Begini Cara Cek Skor Kredit Kamu
0
0

Catat! Begini Cara Cek Skor Kredit Kamu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Feb 26, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
Catat! Begini Cara Cek Skor Kredit Kamutop-right-banner

Kamu punya rencana untuk mengajukan kredit alias pinjaman dalam waktu dekat? Sebelum melakukannya, sebaiknya kamu sudah cek skor kredit terlebih dahulu, Pins. Sebab, skor kredit menjadi salah satu aspek penting yang bisa membantu kamu menilai tingkat risiko kredit. 

Melalui skor kredit inilah, bank akan mengambil keputusan apakah kamu bisa mendapatkan pinjaman atau tidak. Lantas, bagaimana cara cek skor kredit untuk mengetahui status kredit saat ini? Sangat mudah, Pins. Bahkan, kamu bisa mengeceknya melalui ponsel secara daring. 

Untuk layanan Take Over KPR kini juga semakin mudah dengan aplikasi Pinhome. Kamu bisa melakukan take over untuk rumah di Pekalipan, perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City.

Apa Itu Skor Kredit?

Source : Freepik

Skor kredit merupakan deretan angka yang menggambarkan kondisi risiko kredit setiap pihak yang memiliki cicilan atau kreditur. Perhitungan angka ini berdasarkan semua informasi yang bank peroleh pada laporan kredit. Ini termasuk jumlah utang, histori kredit, dan pembayarannya. 

Angka kredit yang tinggi memiliki arti bahwa peminjam telah memiliki tanggung jawab untuk melunasi cicilan tepat waktu pada masa lalu. Alhasil, kamu sebagai kreditur akan memiliki posisi yang aman dan menjanjikan untuk mendapat pinjaman baru dari bank pada masa mendatang. 

Terkait dengan hal tersebut, Indonesia memberlakukan sebuah sistem yang sebenarnya tidak jauh berbeda, yang memiliki sebutan BI Checking. Ini merupakan informasi yang tersimpan dengan baik pada Sistem Informasi Debitur atau SID yang dapat diakses dengan mudah secara daring. 

Baca juga: Ini Dia Cara Melihat Dan Membersihkan BI Checking

Bagaimana Syarat Skor Kredit yang Baik?

Source : Freepik

Tentunya, supaya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah, kamu harus memiliki angka kredit yang baik. Guna memenuhi hal tersebut, kamu bisa mencoba melakukan beberapa cara mudah berikut ini

  • Pastikan untuk selalu membayar angsuran tepat pada waktunya. Sebab, histori pembayaran menjadi aspek krusial dalam skor kredit. Supaya cicilan tidak tertunda, kamu bisa memanfaatkan fitur autodebet pada rekening atau menggunakan pengingat pada ponsel.
  • Bayar lunas setiap bulan. Khusus untuk kamu yang mempunyai kartu kredit, sebaiknya bayarlah tagihan secara penuh atau lunas setiap bulannya. Hal ini akan membantu menurunkan frekuensi pemakaian kartu kredit. Jika belum tahu, perhitungan tingkat pemakaian kartu kredit berasal dari pembagian antara jumlah saldo kartu kredit dengan total batas kredit.
  • Sebisa mungkin, hindari untuk membuka banyak akun dalam waktu yang bersamaan. Pasalnya, setiap kali kamu mengajukan kredit atau pinjaman, baik itu berupa cicilan maupun kartu kredit, semuanya akan tercatat pada laporan kredit. Bahkan, apabila bank menolak pengajuan tersebut, datanya tetap akan muncul. Jadi, manfaatkan dengan bijak. 

Baca juga: BI Checking Kol 1 2 3 4 5 Artinya Apa? Simak Yuk!

Bagaimana Cara Cek Skor Kredit?

Source : Freepik

Cek skor kredit sebenarnya sangat mudah, Pins. Sesuai dengan POJK Nomor 18/POJK.03/2017 yang membahas mengenai Pelaporan dan Permintaan Informasi Debitur, cara cek skor kredit bisa melalui Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. Kamu bisa mengakses sistem ini secara daring dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Idebku Resmi OJK

Cara cek skor kredit lewat fitur OJK antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buat dan daftarkan akun lebih dulu. Kamu bisa daftar akun pada laman idebku.ojk.go.id
  • Klik tombol pendaftaran
  • Isi data diri termasuk nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, jenis debitur, kewarganegaraan, jenis identitas debitur dan nomor identitas
  • Klik tombol Selanjutnya
  • Unggah foto diri dengan kartu identitas dan lainnya.
  • Ceklis pada keterangan seluruh data yang disampaikan benar dan siap tunduk pada syarat serta ketentuan di OJK
  • Jika pendaftaran berhasil akan dikirimkan notifikasi ke email
  • Proses permohonan biasanya memakan waktu paling lambat satu hari

2. Skor Life

Unduh aplikasi Life di App Store maupun Play Store kemudian buat akun. Tahapan pembuatan akun kurang lebih sama dengan milik OJK. Ikuti tahapan pengisian data hingga akhir kemudian ajukan permohonan pengecekan kredit.

3. IDScore.id

Kamu bisa memanfaatkan website www.idscore.id selain menggunakan layanan OJK. Klik cek skor kredit untuk memulai pengecekan. Namun sebelum itu pastikan telah memiliki akun di laman ini.

4. Cekaja.com

Langkah pertama dimulai dengan mengakses laman cekaja.com. Klik cek skor kemudian isi form yang diminta. 

Apabila kamu sudah selesai mengisi semua informasi pada formulir, maka sistem akan membawamu untuk mengunggah semua dokumen. Hal menarik yang perlu kamu ketahui adalah dokumen tersebut ternyata tidak sama untuk setiap debitur. Beberapa dokumen inti yang sama yaitu kartu identitas, bukti kepengurusan untuk badan usaha, dan akta pendirian usaha. 

Semua dokumen tersebut haruslah punya resolusi yang baik, sehingga semua informasi yang tertulis bisa terbaca oleh sistem dengan jelas. 

Baca juga: Blacklist BI Checking Berapa Lama? Apakah Bisa Hilang?

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengajukan Pinjaman Baru

Source : Freepik

Sebenarnya, skor kredit dapat menunjukkan bagaimana pola konsumsi setiap orang. Ini terutama yang memiliki hubungan dengan layanan keuangan. Misalnya, pembelian kendaraan roda dua atau empat dengan KKB atau rumah dengan KPR. Jika kamu bisa mencicil tepat waktu dan tidak mengalami kredit macet, skor kredit pasti tidak terpengaruh. 

Selain itu, perhatikan juga bahwa aplikasi dan pemakaian kartu kredit turut memengaruhi skor kredit. Ini artinya, sebelum memutuskan untuk untuk mengambil atau mengajukan kredit baru, sebaiknya kamu cek skor kredit lebih dulu. Jadi, kamu dapat mengetahui bagaimana kemampuan kredit diri sendiri, apakah masih mampu untuk menerima kredit lain atau tidak. 

Selalu ingat bahwa semakin rendah angka kredit, maka semakin kecil potensi kamu untuk mendapatkan pinjaman baru. Salah satu aspek yang sebaiknya tidak kamu lupa dalam mengecek skor kredit adalah ketepatan dalam melakukan pelunasan cicilan bulanan. Apabila kamu membayar tepat waktu, skor kredit tidak akan mengalami penurunan.

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Lalang Green Land 2 dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download