Pinhome

10 Jenis Tanaman Perdu untuk Menghias Halaman

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 19 August 2021 ∙ 7 menit membaca

Mewujudkan rumah impian dengan desain yang menarik dan suasana alami pastinya keinginan semua orang. Untuk memiliki rumah impian banyak cara yang dapat Pins lakukan seperti memberi hiasan pada rumah. Hiasan yang pas untuk rumah impian dapat Pins aplikasikan dengan memberi tanaman perdu hias. Dengan tanaman hias dapat memberikan kesan alami pada rumah Pins dengan pemandangan yang indah. Warna hijau dan warna alami lainnya sangat ampuh untuk mengobati penat Pins setelah aktivitas seharian yang melelahkan. 

Pinhome – Dalam menghias rumah supaya mendapatkan hasil yang diharapkan, Pins perlu merencanakan seperti apa konsep dan tema yang akan diaplikasikan pada setiap bagian rumah. Sebagai contoh, penataan ruang pada desain halaman belakang rumah Pins atau desain lanskap. 

Menata desain lanskap pada halaman belakang rumah sangat cocok menggunakan tanaman perdu. yang indah. Pastinya Pins penasaran seperti apa tanaman atau pohon perdu dan apa saja jenis tumbuhan perdu yang cocok untuk menghiasi halaman depan atau belakang rumah Pins. Mari simak informasi di bawah ini yang akan mengulas beberapa jenis pohon perdu untuk halaman rumah Pins. 

Kenali Dulu Tanaman Perdu

(Pinterest)

Sebelum lanjut lebih jauh mari Pins kenali dulu apa itu tanaman perdu sebagai salah satu penghias berkelas untuk rumah Pins. Dalam mengelola lanskap halaman rumah, perdu sudah tidak lagi asing di telinga para pecinta tumbuhan. Perdu memiliki karakteristik yang bercabang seperti pohon namun berukuran yang lebih kecil. Terlebih, batang pada perdu berada dekat dengan tanah. 

Oleh karena itu, perdu hanya mirip seperti pohon namun masih tergolong pada tanaman hias rumahan. Memiliki daun yang biasanya berukuran lebar menjadi salah satu alasan perdu menjadi pilihan yang oke untuk halaman rumah Pins. Meskipun begitu, masa hidup tanaman ini tidak lama karena mengacu pada musim cuaca. Perdu pada umumnya tumbuh subur pada cuaca yang cerah. 

Tanaman yang berposisi rendah dan tidak terlalu besar ini juga sering disebut juga dengan pohon. Namun, perdu lebih multifungsi dari pada pohon karena dapat ditanam pada banyak area dibandingkan pohon yang butuh ruang besar. Tanaman ini juga terbilang mudah dipindahkan jika Pins ingin mendesain ulang halaman rumah atau pindah rumah. 

Tanaman ini juga merupakan varietas yang tidak sulit pemeliharaannya. Untuk memulainya, Pins cukup menyediakan lahan yang yang tidak terlalu besar, pilihlah terlebih dahulu jenis perdu apa yang akan Pins padukan di halaman belakang, dan Pins juga dapat memadukan berbagai warna seperti ungu atau merah perdu. 

Jenis-Jenis Perdu yang Indah untuk Rumah 

Tumbuhan perdu memiliki banyak jenis yang dapat Pins pilih untuk menghias lanskap rumah agar indah. Dari jenis-jenis tersebut perdu berstruktur dan berdaun yang berbeda juga. Yuk, lihat beberapa jenis perdu di bawah ini!

Lili Paris

(Pinterest)

Tidak seperti namanya, Lili yang merupakan jenis pertama dari tumbuhan perdu ini tidak berasal dari kota Paris, namun dari Afrika Selatan lho. Bunga Lili ini memiliki karakteristik dengan bentuknya yang panjang melancip sampai ujung dengan warna hijau pada pinggiran daun. 

Gradien tengah pada daun bunga Lili ini biasanya berwarna pink dengan campuran putih. Jenis perdu yang satu ini tidak ribet untuk ditanam di rumah Pins karena cukup menggunakan media pot dan tanah. 

Kembang Sepatu

(Pinterest)

Jenis perdu selanjutnya yang indah untuk halaman rumah Pins adalah bunga kembang sepatu. Dengan karakteristik kelopak bunga yang besar dan warnanya yang indah menjadikan perdu yang satu ini sangat tepat menghiasi lanskap Pins. Perdu jenis ini tumbuh di iklim tropis dan juga iklim subtropis lho. Selain indah, bunga ini juga tidak mengeluarkan bau yang tidak enak, jadi sangat cocok untuk dipadu dengan jenis perdu lainnya. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Kekinian untuk Mempercantik Halaman Rumah

Rembosa Mini

(Pinterest)

Seperti yang tercantum pada namanya, jenis perdu yang satu ini berukuran kecil dibanding jenis yang lainnya. Dengan ciri-cirinya yang bersifat semak dan dengan sedikit bunga kecil bak bunga melati membuat tanaman ini indah untuk dijadikan tanaman hias rumah Pins. 

Walaupun seperti melati, perdu jenis ini tidak memiliki aroma harum seperti melati. Perawatan untuk perdu ini terbilang mudah karena hanya cukup diberi pupuk dan disiram secara berkala. 

Bunga Soka

(Pinterest)

Tanaman hias yang satu ini mungkin sudah sangat familiar di mata Pins dengan warnanya yang merah terang. Dengan bentuk bunganya yang kecil dan berkumpul menjadi satu membuat bunga ini indah memanjakan mata. Kelebihan dari bunga soka adalah tahan terhadap paparan sinar matahari langsung. Oleh karena itu, perdu jenis ini cocok untuk diletakkan di halaman luar rumah Pins. 

Ekor Tupai

(Pinterest)

Jenis tumbuhan perdu selanjutnya ini memiliki bentuk yang lebih unik di antara yang lainnya. Layaknya ekor tupai, bunga ini mempunyai bentuk unik yang memanjang ke atas seperti ekor tupai. Dengan warnanya yang hijau terang, tekstur bunga yang tidak biasa menjadikan tanaman ini indah sebagai penghias rumah Pins. 

Sayangnya bunga ini punya kelemahan yaitu kerapuhannya, karena tidak memiliki batang yang kuat. Jika Pins dapat merawat bunga ekor tupai dengan baik, tumbuhan ini dapat tumbuh mencapai tinggi satu meter. 

Melati Putih

(Pinterest)

Sebagai tanaman melati yang seharusnya beraroma harum, jenis perdu kali ini tidak memiliki bau yang harus tersebut. Perdu melati putih ini pada umumnya ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis dan subtropis. 

Karena bentuknya yang indah, tentunya membuat usaha harus sepadan dengan hasil yang berarti merawat bunga yang satu ini membutuhkan sedikit lebih perhatian untuk mendapatkan hasil yang indah. 

Bunga Puspa Bangsa

(Pinterest)

Tanaman hias yang satu ini merupakan bunga yang terpilih sebagai Puspa Nasional Indonesia. Dari warnanya yang putih bersih melambangkan kesucian dan budi pekerti yang baik, sederhana, dan menawan. 

Tidak seperti yang lainnya, bunga puspa ini mempunyai bau harum yang juga melambangkan kelembutan dan kenyamanan. Dari segala kelebihan dan keindahan tersebut menjadikan bunga ini sebagai representasi dari karakter bangsa Indonesia. 

Sutra Bombay

(Pinterest)

Contoh tanaman perdu kali ini memiliki percampuran warna-warna yang cerah seperti hijau, kombinasi pink pada bunga dan batang, dan putih. Layaknya tumbuhan perdu lainnya. sutra bombay memiliki ukuran batang dan bunga yang kecil. 

Walaupun berukuran kecil, tanaman ini dapat tumbuh menjalar pada media tanaman yang dibuat. Tanaman ini juga cocok jika Pins ingin jadikan tanaman rambat dengan pot gantung, hal itu akan menambah visual indah pada halaman rumah. 

Bromelia

(Pinterest)

Memiliki warna yang beragam menjadikan jenis perdu yang satu ini sebagai tanaman hias yang unik untuk halaman Pins. Warna hijau dan merah muda dengan bentuknya yang menjulur panjang membuat tanaman ini sangat unik. Perdu bromelia biasanya juga dapat Pins temukan pada tempat wisata. Hal itu karena keunikan dari jenis perdu yang indah ini. 

Baca juga: Jadi Tren, Yuk Pelihara Tanaman Hias Indoor di Rumah!

Philodendron

(Pinterest)

Jenis perdu last but not least ini sangat berbeda dengan jenis yang lainnya. Dari bentuk dan strukturnya dapat Pins lihat dengan jelas, batang dan daun yang menjulang besar hingga menunduk karena berat. Memiliki warna hijau yang kuat membuat tumbuhan ini indah dan perkasa. Tanaman hias satu ini sangat cocok menjadi dominasi yang indah untuk halaman rumah Pins. 

itulah informasi mengenai tanaman perdu beserta ragam jenisnya yang indah untuk menghias halaman rumah Pins. Dengan mengenal lebih lanjut jenis-jenis perdu dapat menjadikan Pins lebih banyak pilihan untuk menghias rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia