Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tips Agar Rumah Tidak Kebanjiran, Lakukan Beberapa Hal Ini!

Properti

Tips Agar Rumah Tidak Kebanjiran, Lakukan Beberapa Hal Ini!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tips agar rumah tidak kebanjiran sangat dibutuhkan oleh beberapa orang yang tinggal di daerah rawan banjir. Indonesia, sebagai negara beriklim tropis dengan dua musim yang datang silih berganti tidak lepas dari masalah banjir. Setiap musim jelas memiliki dampak tersendiri bagi beberapa rumah.

Sementara itu, dikala musim hujan melanda, banjir terjadi dimana-mana. Bahkan, tak jarang memakan korban nyawa dan harta. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita membahas halyang bisa dilakukan untuk menghadapi banjir yang selalu datang di musim hujan. Sebagai upaya untuk menyelamatkan keluarga dan harta benda dirumah. 

Baca Juga: 

tips agar rumah tidak kebanjiran

Khusus bagi Anda yang rumahnya sering dilanda banjir, tips agar rumah tidak kebanjiran berikut mungkin akan berguna sebagai antisipasi banjir yang bisa saja datang di musim hujan berikutnya:

1. Rubah Posisi Rumah Andaikata Terlalu Rendah

Meninggikan posisi rumah adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan orang untuk membebaskan hunian dari resiko kebanjiran. Namun jelas biaya yang dibutuhkan juga tak sedikit, pasalnya penambahan material urukan bahkan mungkin konstruksi rumah akan menghabiskan banyak biaya. Namun, cara ini juga cukup efektif untuk mengatasinya.

Baca Juga: 

2. Pastikan Saluran Air Lancar, Bersih Dan Bebas Penyumbatan

Tips agar rumah tidak kebanjiran yang selanjutnya adalah memastikan saluran dan resapan air. Saluran air yang bersih adalah salah satu syarat utama untuk menghindari banjir. Namun, kebersihan saluran air perlu perhatian banyak pihak yang membuang barang sisa ke sungai irigasi atau kanal-kanal pembuangan.

3. Tips Agar Rumah Tidak Kebanjiran Dengan Biopori

Belakangan ini cara biopori marak dilakukan sebagai salah satu alternatif meningkatkan resapan di halaman atau pekarangan rumah. Biopori adalah lubang di tanah yang sengaja di buat dengan diameter kurang lebih 10 cm dan kedalaman setidaknya 100 cm. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya resap, sekaligus kesehatan tanah, yang salah satunya jelas ditujukan untuk mengatasi banjir, atau minimal genangan air setelah hujan deras.

Banjir memang bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani. Menganggulangi banjir harus dilakukan dengan jalan serentak dan kemauan bersama. Sebab banjir adalah salah satu musibah yang terjadi karena perilaku manusia yang tidak sadar untuk menjaga lingkungannya. Langkah diatas bisa dijadikan solusi untuk memperbaiki rumah dikala banjir. 

Baca Juga: 


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Baca Juga: Tips Beli Rumah Agar Tidak Salah pilih

Tags :

Bagikan Artikel