Pinhome

Uncategorized

Rumah Anda Selalu Banjir? Lakukan Beberapa Hal Ini

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Musim hujan sudah berlalu, selanjutnya musim kemarau akan datang. Indonesia sebagai negara beriklim tropis dengan dua musim yang datang silih berganti jelas tak bisa lepas begitu saja dari fenomena alam terkait dengan perubahan musim.

Dua fenomena alam yang bahkan bisa dibilang langganan untuk membawa dampak. Tiap-tiap musim jelas punya dampaknya sendiri-sendiri, kekeringan panjang bisa saja dihadapi terkait dengan pergantian musim ini.

Sementara itu, dikala musim hujan melanda, banjir terjadi dimana-mana, tak jarang bahkan meminta korban nyawa dan harta benda. Meski musim hujan telah berlalu, dan kemarau kini telah datang. Tidak ada salahnya kita membahas hal-hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi banjir yang acapkali datang disaat musim hujan.

rumah kebanjiran
rumah kebanjiran

Khusus bagi Anda yang rumahnya sering dilanda banjir, tips berikut mungkin berguna sebagai antisipasi banjir yang bisa saja datang di musim hujan berikutnya.

Posisi Rumah Perlu Mendapat Perhatian, Saluran Air Jelas Harus Lancar

Banyak faktor yang bisa menyebabkan rumah dilanda banjir, beberapa diantaranya ada dalam tips berikut sekaligus cara menanggulanginya.

1. Rubah Posisi Rumah Andaikata Terlalu Rendah

Meninggikan posisi rumah adalah salah satu cara yang paling banyak dilakukan orang untuk membebaskan hunian mereka dari resiko kebanjiran dikala musim hujan. Namun jelas biaya yang dibutuhkan juga tak sedikit, pasalnya penambahan material urukan bahkan mungkin konstruksi rumah dinilai adalah salah satu cara yang menelan banyak biaya.

2. Pastikan Saluran Air Lancar, Bersih Dan Bebas Penyumbatan

Saluran air yang bersih adalah salah satu prasyarat utama untuk menghindari banjir. Namun, kebersihan saluran air perlu perhatian banyak pihak utamanya bila menyangkut sungai irigasi atau kanal-kanal pembuangan.

3. Biopori, Cara Mudah Lancarkan Resapan

Belakangan biopori marak sebagai salah satu alternatif meningkatkan resapan di halaman atau pekarangan rumah. Biopori adalah lubang di tanah yang sengaja di buat dengan diameter kurang lebih 10 cm dan kedalaman setidaknya 100 cm. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan daya resap, sekaligus kesehatan tanah, yang salah satunya jelas ditujukan untuk mengatasi banjir, atau minimal genangan air setelah hujan deras.

Banjir memang bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani. Ini terbukti pada beberapa tahun silam saat Ibukota Jakarta dilanda banjir yang hampr-hampir melumpuhkan perekonomian warga.

Menganggulangi banjir harus dilakukan dengan jalan serentak dan kemauan bersama. Sebab banjir adalah salah satu musibah yang terjadi karena hubungan sebab akibat yang terjadi karena perilaku manusia untuk tidak sadar menjaga lingkungan.

Alih lahan contohnya, jelas adalah salah satu hal yang berpotensi mendatangkan banjir saat puncak musim hujan. Apapun memiliki hunian indah di kawasan bebas banjir adalah idaman banyak orang.

Tags :

Bagikan Artikel